Oleh: budisulis | 6 Mei, 2008

Tempat Menarik di Singapore

Ini ada beberapa tempat menarik di Singapore, ada yg gratis ada juga yg bayar.

Kampung Arab (Arab Street/Kampong Glam)

Terletak di North Bridge Road. Di daerah ini terletak Mesjid Sultan (Sultan Mosque) dan Malay Heritage Centre. Cara  ke sana: MRT stasion Bugis.

 

China Town

Terletak di area yang dibatasi dengan jalan Upper Pickering Street, Cantonment Road, New Bridge Road dan South Bridge Road. Tempat menarik: Kuil Thian Hock Keng,  Pura Sri Mariamman, Smith Street Wet Market, Food Street. Cara ke sana: MRT stasion Chinatown atau Outram Park.

Little India

Terletak sepanjang Serangoon Road. Tempat menarik: Masjid Abdul Gafoor, Kuil dan Pura. Cara ke sana: MRT stasion Little India dan Farrer Park.

Katong

Terletak di East Coast Road dan joo Chiat Road, tempat jajanan makanan yang menarik dari berbagai penjuru. Cara ke sana: MRT stasion Paya Lebar atau Eunos.

 

City Hall dan Padang

Terletak di antara Connaught Drive dan St. Andrew’s Road. Lapangan luas tempat bersejarah berdirinya negara Singapore. Cara ke sana: MRT terdekat stasion City Hall.

 

Raffles Hotel

Selain terkenal sebagai hotel pertama di Singapore, di hotel ini terdapat Museum yang menampilkan sejarah mulai dari terbentuknya hotel Raffles hingga karya-karya perancang busana internasional.

Cara ke sana: MRT terdekat stasion City Hall.

 

Raffles Landing Site

Tempat pendaratan pertama Gubernur Singapore Sir Stamford Raffles. Di area ini yang menghadap Sungai Singapore, terdapat patung replika Raffles yang berwarna putih. Patung asli yang terbuat dari perunggu berwarna hitam terletak di Victoria Concert Hall, sekitar 500 meter dari tempat ini. Tempat menarik di sekitar ini: Clarke Quay, Masjid Omar Kampong Malaka, Kuil Tan Si Chong Su, Esplanade, Patung Merlion, Berlayar di Sungai Singapore dan Asian Civilisations Museum ata Empress Place.

Cara Ke sana: MRT terdekat Raffles Place atau Clarke Quay.

 

Bideford Junction Crosswalk

Terletak di daerah Orchard, antara Paragon, Park Hotel at Orchard, Meritus Mandarin Hotel dan Ngee Ann City. Setiap hari mulai pk 19.30, setiap 30 menit lalu lintas di Bideford Junction akan berhenti selama satu menit. Selama waktu ini, daerah itu disirami oleh empat skenario tata cahaya yang mempesona, yaitu: “Singapura Kota Taman”, “Berjalan Di Air”, “Aurora (Cahaya Kutub Utara)” dan “Langit Malam Berbintang”. Cara ke sana: Stasion MRT Orchard.

Haw Par Villa

Terletak di Pasir Panjang Road, taman berisi patung dan diorama tentang kebudayaan cina. Lihat juga patung Budha Tersenyum (Laughing Budha), the Goddest of Mercy (Dewa Kasih Sayang) dan Ten Courts of Hell.

Cara ke sana: MRT stasion terdekat HarbourFront diteruskan dengan naik bus.

 

Carlsberg Sky Tower

Terletak di sebelah stasiun kereta gantung ke pulau Sentosa. Carlsberg Sky Tower memberikan pemandangan ke seluruh kota Singapura, Sentosa, Southern Islands bahkan Malaysia dan Batam dari ketinggian 130 meter. Tiket masuk S$10/ dewasa dan S$6  (Anak 12 tahun ke bawah).

 

DHL Balloon

Terletak di Tan Quee Lan Street, Bugis. Balon ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Balon ini dapat membawa 29 penumpang dan terbang sampai ke ketinggian 150 m (40 lantai), untuk menyingkap sebuah pemandangan kota yang mempesona seluas 360 derajat. Selama 7 – 10 menit, kita akan terbang melihat seluruh pelosok kota. Jam Buka Senin s/d Minggu: 11.00 s/d 21:30. Tiket masuk: Dewasa SGD23, anak-anak SGD13 (3 – 12 th), Anak-anak di bawah 3 tahun SGD2.

Cara ke sana: Naik MRT dan turun di stasiun Bugis (EW12) lalu berjalan ke tanah lapang di samping 7th Storey Hotel.

 

 G-Max Reverse Bungy

Bungy pertama di Singapura. Jam buka Senin s/d Kamis: 3 siang s/d 1 pagi. Tiket masuk $40 per orang.

Lokasi di Clarke Quay, River Valley Road. Cara ke sana: Naiklah MRT lalu turun di stasiun Clarke Quay, keluar di Eu Tong Sen Street lalu belok kiri dan menyeberangi Coleman Bridge.

 

Downtown East (Daerah Timur Pusat Kota)

Taman wisata Escape Theme Park (seperti Dufan Ancol) dan Wild Wild Wet (WWW-seperti Gelanggang Samudera-Tempat Bermain Air). Tarif masuk Escape Theme Park: Dewasa SGD 16.50, anak-anak (usia 3 sampai 12 tahun) SGD 8.30. Naik wahana tak terbatas. WWW: Dewasa SGD 12.90, anak-anak (usia 3 sampai 12 tahun) SGD 8.80. Lokasi di: Pasir Ris Close. Cara ke Sana: Naik MRT ke Pasir Ris Station (EW1) lalu naik bis SBS nomor 354 dari tempat pergantian bis (bus interchange) atau berjalan selama 5 menit untuk mencapai NTUC Lifestyle World.

 

Singapore City Gallery

Ruang pamer arsitektur negara Singapore dalam bentuk miniatur. Ada sekitar 50 pameran yang dapat dicoba dan terminal layar-sentuh, galeri ini menjanjikan sebuah pengalaman yang seru dan membuka wawasan kita tentang pertumbuhan Singapore. 

Jam Buka: 9.00 – 17.00 (Senin s/d Sabtu), Hari Minggu dan hari libur umum tutup. Tiket Masuk: Gratis.

Lokasi : The URA Centre, Maxwell Road. Cara ke Sana: Naiklah MRT turun di Tanjong Pagar Station (EW 15).

 

Singapore Discovery Centre

Ruang hiburan, atraksi dan informasi yang terdiri dari 5 galeri utama dengan 8 tema yang berbeda. Kita dapat memasuki masa lalu, masa kini dan masa depan Singapura, berkelana dalam waktu ke saat-saat penting dalam negara dan mengalami peristiwa demi peristiwa secara langsung.  

Yang paling menarik adalah “studio desain” interaktif,  Visionarium merupakan sebuah bola dunia raksasa yang memiliki layar selubung 360 derajat di dalamnya. Dalam setiap sesi, sekitar 120 orang dapat mengambil pilihan kreatif untuk mengubah Singapura menjadi salah kota terbaik di dunia untuk tinggal, bekerja dan bersenang-senang.

Tiket bervariasi mulai dari 6 SGD sampai 45 SGD, tergantung wahana/permainan.

Jam Buk: pk. 9.00 – 18.00 dari Selasa sampai Minggu, dan pk. 9.00 – 20.00 saat Sabtu. Hari Senin tutup, kecuali saat libur sekolah dan libur umum.

Lokasi:   Upper Jurong Road Singapore. Cara ke Sana: Naik Bis SBS no. 193 & 182 dari Stasiun MRT Boon Lay .

 

Singapore Flyer (Kincir Angin)

Terletak di Marina Bay, dengan diameter roda hingga ketinggian 165 meter. Kita dapat menyaksikan pemandangan Singapura, seperti  Marina Bay, Gedung Esplanade, Pulau Batam, dll.

Jam buka setiap hari dari pk. 8:30 s/d 22:30. Lokasi di Raffles Avenue. Cara ke sana: Naik MRT ke Stasion City Hall, jalan kaki ke arah Marina Bay.

 

Singapore Science Centre

Singapore Science Centre memiliki sekitar 850 lebih wahana interaktif yang menggambarkan keajaiban dan keindahan ilmu pengetahuan. Selain itu ada juga Kinetic Garden yaitu taman iptek interaktif luar-ruang pertama di Asia. Selain galeri pertunjukan utama, Omni-Theatre merupakan biskop dan dilengkapi Virtual Voyages Simulation Theatre dengan 18 kursi, tempat para penonton mengalami fenomena iptek secara visual sekaligus fisik, dengan sebuah kisah petualangan selama 15 menit. 

 

Jam Buka : Setiap hari dan hari libur sekolah, kecuali Senin. Antara jam 10.00 pagi sampai 18.00 sore.

Tiket Masuk: Dewasa SGD 6, anak-anak (di bawah 16 tahun) SGD 3, lansia SGD 3.60. Pertunjukan Film Omnimax: Dewasa SGD 10, anak-anak (3 sampai 12 tahun) SGD 5, lansia SGD 7. Film IMAX DMR: SGD 12 per orang (hari kerja), SGD 15 per orang (akhir pekan/hari libur umum).

 

Lokasi: Science Centre Road, Jurong East. Cara ke sana: Naik MRT ke Jurong East Station (EW24/NS1) lalu naik bis SBS nomor 335.

 

Ski 360°

 Ski kabel (atau main ski tapi pakai kabel) adalah ski air yang ditarik oleh sebuah kabel di atas. Kecepatan laju kabel tersebut sama sekitar 58 kilometer perjam (sama seperti kecepatan speed boat).

Jam buka: Senin – Jumat: 10.00 s/d 22.00. Sabtu, Minggu, Hari Libur: 9.00 s/d 22.00.

Lokasi: East Coast Parkway Singapore. Cara ke sana: Dengan Bis: 401 dari Bedok Interchange.  

 

Song of The Sea.

Berlokasi di laut pulau Santosa, pertunjukan ini menampilkan permainan api, laser, jet air, ledakan lidah api dan pencitraan komputer dilengkapi dengan lagu-lagu.

Jam Buka: Setiap malam, 19:40 dan 20:40.

Tiket Masuk: SGD 6 (dewasa / anak-anak).

Lokasi: Beach Station. P. Santosa

 

Tempat Lain:

·         The Largest Fountain at Suntec City

·         The Chijmes

·         Marina Bay

·         Bugis Village

 

 

MUSEUM:

 

Asian Civillisations Museum

Letak: Empress Place. Cara ke sana: MRT: Raffles Place.

Biaya Masuk: SGD 8 (Dewasa), SGD 4 (anak)

 

Budha Tooth Relic Temple

Letak: South Bridge Road. Cara ke sana: MRT stasion Chinatown.

Biaya Masuk: Gratis

 

Chinatown Heritage Center

Letak: Pagoda Street. Cara ke sana: MRT stasion Chinatown.

Biaya Masuk: SGD 9,80 (Dewasa), SGD 6,30 (Anak)

 

Hua Song

Letak: Haw Par Villa, Pasir Panjang Road. Cara ke sana: MRT Harbourtfront + Bus.

Biaya Masuk: SGD 8,60 (Dewasa) dan SGD 5,35 (Anak)

 

MINT Museum for Toys

Letak: Seah Street. Cara ke sana: MRT City Hall

Biaya Masuk: SGD 10 (Dewasa), SGD 5 (Anak dan Lansia), untuk paket keluarga harga lebih murah.

 

National Museum of singapore

Letak: Stamford Road. Cara ke sana: MRT terdekat stasion Dhoby Ghaut, atau Bus Kota.

Biaya Masuk: SGD 10 (Dewasa), SGD 5 (Anak dan Lansia)

 

NUS Museum

Letak: National University of Singapore, Kent Bridge Crescent. Cara ke sana: MRT terdekat Clementi.

Biaya Masuk: Gratis.

 

Nei Xue Tang

Letak: Cantonment Road. Cara ke sana: MRT terdekat Otram Park.

Biaya Masuk: SGD 5 (Dewasa) dan SGD 3 (anak).

 

Singapore Art Museum

Letak: Bras Basah Road, cara ke sana: MRT City Hall atau Dhoby Ghaut.

Biaya Masuk: SGD 8 (dewasa) dan SGD 4 (anak & Lansia)

 

Singapore philatelic Museum

Letak: Coleman Street. Cara ke sana: MRT stasion City Hall.

Biaya Masuk: SGD 5 (Dewasa) dan SGD 4 (anak)

 

Sun Yat Seng Nanyang Memorial Hall

Letak: Tai Gin Road (off Ah Hood Road). Cara ke sana: MRT stasion Toa Payoh.

Biaya Masuk: SGD 3 (Dewasa) dan SGD 2 (Anak dan Lansia)

 

Changi Chapel Museum

Letak: Upper Changi Road North. Cara ke sana: MRT stasion Tanah Merah atau Tampines.

Biaya Masuk: Gratis.

 

Malay Heritage Center

Letak: Jalan Sultan Gate. Cara ke sana: MRT stasion Bugis.

Biaya Masuk: SGD 3 (Dewasa) dan SGD 2 (anak)

 

Fort Siloso, World War II Heritage Sites.

Letak: Pulau Santosa. Cara ke sana: Santosa Bus dari harbourfront atau Cable Car. Transfer dengan Kereta Monorail.

Biaya Masuk: SGD 8 (Dewasa) dan SGD 5 (anak)

 

Johore Battery, World War II Heritage Sites

Letak: Cusford Road (off Upper Changi Road North). Cara ke sana: MRT stasion Tanah Merah atau Tampines.

Biaya Masuk: Gratis.

 

Kranji War Memorial, World War II Heritage Sites

Letak: Woodlands Road. Cara ke sana: MRT stasion Kranji atau Bus 170.

Biaya Masuk: Gratis.

 

Labrador Scret Tunnel, World War II Heritage Sites

Letak: Labrador Park. Cara ke sana: MRT Harbourfront disambung Bus.

Biaya masuk: SGD 8,60 (Dewasa) dan SGD 5,35 (anak)

 

Memories at Old Ford Factory, World War II Heritage Sites

Letak: Upper Bukit Timah Road. Cara ke sana: MRT stasion Bukit Batok disambung Bus 173.

Biaya Masuk: SGD 3 (dewasa) dan SGD 2,50 (anak dan Lansia)

 

Opium Hill, World War II Heritage Sites

Letak: Pepys Road. Cara ke sana: Buona Vista atau Redhill.

Biaya Masuk: SGD 2 (dewasa) dan SGD 1 (anak dan lansia)

 

The Battle Box, World War II Heritage Sites

Letak: Canning Rise. Cara ke sana: MRT stasion Dhoby Ghaut.

Biaya masuk: SGD 8 (dewasa) dan SGD 5 (anak).

 

 budi_styo@yahoo.com


Tanggapan

  1. pak mau tanya donk, klo dari paya lebar mau ke tanjong pagar itu berapa menit yach naik MRT??

  2. #Mama Liza: Have a nice weekend.

  3. Info yg menarik ya. Amat berguna utk saya ke Singapura this weekend..

  4. #Mama Liza: Silakan.

  5. Minta izin share info menarik ni di blog saya…

  6. #LoRen: SDC dan SSC bedanya di wahananya, kalau SSC lebih banyak terkait dengan sains dan aplikasinya. Untuk anak2 lebih bagus ke SSC.

  7. Halo Pak Budi,

    bedanya Singapore Discovery Centre (SDC) dan Singapore Science Centre (SSC) apa?
    mnrt Bpk lbh worth it mana?
    saya sbnrnya berencana ke SSC,
    krn mao ambil paket dgn Snow Citynya.
    cm sayang juga krn di snow city tdk diperbolehkan membawa kamera.

  8. #Dian W: Boleh lewat email, lewat blog juga pasti dijawab. Lihat aja balasan saya di blog ini, kayaknya gak ada yg lebih dr seminggu. email/YM: budi_styo@yahoo.com

  9. Dear Bp. Budi,

    saya mau tanya banyak nich minta e-mailnya Bp. Budi donk kalau nulis di blog dijawabnya lama tdk….. soalnya pernah saya tanya-tanya di blog lain trus jawabannya 1 tahun kemudian capekkkk dech…. boleh ya saya minta alamat e-mailnya Bp. Budi atau YM nya…. saya mau tanya-tanya travelling nich…..thanks so much….

  10. #Aya: Supaya lbh puas, untuk bepergian dengan Bus atau MRT di Singapore silakan lihat di: http://gothere.sg/directions
    Ducktour silakan lihat di: http://www.ducktours.com.sg/
    Dari Suntec ke Sentosa enaknya naik bus aja, jalannya dikit.

  11. Mas Budi, mau tanya dong:
    – Klo dari Raffles City ke Suntec Mall mau naik bis , naik bis apa yah?ato klo jalan berapa menit? (soalnya saya bawa anak 2.5 th)
    – Saya ingin naik Duck Tour dari Suntec Mall, tiketnya bisa dibeli dimana yah?harga tiketnya berapa (dewasa & anak 2.5 th)
    – Klo dari Suntec Mall mau ke Sentosa , enaknya naik apa yah?

    Mohon dibantu yah…terima kasih.

  12. #Deny: Terimakasih atas perhatiannya.

  13. Salut dan gembira rasanya ketemu webnya Bp.

    Sekian lama kami ini mencari penulis / publisher untuk web-web yang telah menjadi top ten untuk kontennya

    Nah melalui tanggapan ini kami ingin bisa Bp membantu kami jadi publisher di web makanan or web properti or web kontraktor yang kami miliki. Kami membutuhkan SDM untuk hal ini. Bukan maksud untuk mengecilkan profesi or posisi Bp di psh manapun or kariri apapun, sekiranya bisa diterima dengan hati yang besar penawaran ini

    Terima kasih lho atas info2 yang diberikan disini, kami happy sekali, kebetulan lebaran ini mau ke singapura

    Thanks sekali

    Deny Hendrawan
    021 70709291

  14. #MIta: Naik cable car dari Mt. Faber sama dr Harbourfront PP. Biasanya orang lebih banyak naik dari HF atau Mt. Faber ke Sentosa, jarang sebaliknya. Tp bisa aja sih. Pertunjukkan Song of the Sea harus pakai jas hujan? Ah nggak, kecuali kalau lg hujan…he..he..

  15. Pak Budi mo tanya, kl mo naik cable car dari mana aja ya?
    rencananya, dr harbour front ke sentosa pake sentosa express, trus nanti baliknya baru pake cable car. kira2 bisa ga naik dr imbiah??
    trus, di prtunjukan songs of the sea, ktnya musti beli semacam jas hujan gitu ya?
    thanx ya pak budi…

  16. #Wawan: Trims sudah baca bukunya. Untuk daftar apartemen dan perkiraan harga sdh di email.

  17. Sore Pak Budi, saya kemarin beli buku Budget Traveling singapore…kemudian saya tertarik dengan daftar apartemenya, klo boleh tau berapa ya klo saya ingin menyewa apartemen2 tersebut? mudah2an bisa bantu, Terimakasih

  18. #Roy: Hotel yg mana ya? Coba lihat di http://www.wego.com untuk rate dan reservasinya

  19. pak budi…mau nanya dong….kalau hotel di kampung arab…itu permalamnya berapa chargenya…thx

  20. #IMelda: Untuk Bus dr Larkin Johor Baru ke KL tersedia hampir 24 jam, sampai jam 12 malam masih tersedia bus ke KL. Tapi jgn terlalu malam, ya. Masuk Sentosa bayar, kalau pk paket naik bus Orange Sentosa atau Sentosa Express (MRT) harganya $3/org termasuk tiket masuk.

  21. oya, 1 lg. kalo msk area Sentosa Island bayar kan? per orang brp ya? thanks ya..
    (*_^)..

  22. om,bud.. mo tanya dikit ga nyambung blh? gini, rencana aku ma temen2 dr Sing mo ke KL by bus, tp biar murah mo yg nyambung Sing-Johor-KL. udah dpt infonya, tp mo nanya, kira2 om tau ga keberangkatan terakhir jam brp ya? aku cari2 info itu lum dpt. thanks ya..

  23. #Imelda: Your welcome!

  24. #Qyori: So, what are you waiting for? 🙂

  25. kereN!!!!! peNgeN baNget ke sINgaPOre……….
    tHanks baNGet NtuK infOnya paK ^_~

  26. coooolllll….
    info yahud. gw mo ksana ma temen2 gw. thanks bgt buwat infonya..

  27. #Norman: coba lihat di: http://www.cable-ski.com/about.html

  28. nice info… tapi saya lg cari pengelola cable ski yg dibatam…. mohon info kalo ada….. treimakasih banyak.

  29. Trims atas kunjungannya. Semoga infonya membantu. Jangan ragu kalau ada yg ingin ditanyakan, silakan email atau ke YM.
    Salam

  30. Blog-nya keren banget, amat sangat informatif n sangat membantu. Maksih banyak ya..
    Btw, met kenal ya..


Tinggalkan komentar

Kategori