Oleh: budisulis | 8 Mei, 2008

F1 Singapore

Untuk pertama kalinya balap Grand prix F1 diselenggarakan malam hari di Singapore. Negara ini memang pintar mencari “sensasi” yg bikin orang lain (terutama tetangganya) ketar-ketir. Lihatlah, begitu Singapore dinyatakan menjadi tuan rumah penyelenggara F1 dan satu-satunya yang dilaksanakan malam hari, F1 di Malaysia mulai mengalami kerugian! Bahkan mulai tahun depan Malaysia pun akan menyelenggarakan balap F1 di Sepang malam hari seperti di Singapore.

F1 Singapore akan dilaksanakan pada hari Minggu 28 Sepetember 2008. Wah pasti negara ini jadi ramai sekali. Bahkan diprediksi harga-harga, terutama hotel bintang akan mengalami kenaikan sekitar 30% (bahkan bisa lebih). F1 di Kuala Lumpur saja menjadikan harga-harga hotel di KL dan sekitarnya naik sampai 20%-an. Namun pasti ada berkahnya, buat saudara-saudara kita di Batam. Ya, dengan perjalanan hanya sekitar 1 jam menggunakan Ferry ke Harbourtfront, Batam akan menjadi alternatif tempat tinggal para turis selama F1 berlangsung. Bahkan rencananya, ferry Batam Singapore yang pada hari-hari biasa beroperasi hanya sampai tengah malam, pada saat F1 beralngsung akan beroperasi selama 24 jam. Wah kebayang harga hotel di Batam pasti akan naik juga. Demikian juga daerah Johor Bahru yang selama ini adem-ayem, akan kena dampaknya juga. Yang jelas, dengan adanya F1, diperkirakan jumlah turis ke Sin akan naik hingga 25% dibanding tahun lalu yang “cuma” sekitar 12 juta pengunjung.

Balap F1 di Singapore akan melewati jalan-jalan di sekitar Marina Bay sejauh 5,067 km dengan arah berlawanan jarum jam, ketiga diantara sirkuit F1 lainnya. Start dimulai dr Marina Waterfront dekat Singapore Flyer (Kincir Angin Raksasa) terus berbelok menuju Republic Boulevard dan Raffles Boulevard melewati hotel Raffles, Ritz Carlton Hotel, Oriental Hotel, Marina Mandarin. Selanjutnya berbelok di Memorial Park-Nicoll Highway dan berbelok lagi di Stamford Road menuju Padang (Lapangan di seberang Supreme Court) berbelok lagi di Singapore Cricket Club melewati Victoria Concert Hall melalui Anderson Bridge dan berbelok di Fullerton hotel menuju Esplanade Briddge. Berbelok tajam di Esplande Theatre (Yang seperti Durian itu) menyusuri Marina Bay. Yang asyiknya di jalan ini akan melewati panggung penonton melalui terowongan pendek di seberang Raffles Avenue. Setelah itu akan melewati Marina Promenade park menuju tempat start kembali.

Diperkirakan balapan akan memakan waktu sekitar 61 laps, dengan 14 tikungan arah kiri dan 10 tikungan arah kanan. Disediakan 11 panggung penonton dengan kapasitas total sekitar 100 ribu tempat duduk dan 25 ribu orang lagi berdiri.

Harga tiket bervariasi mulai dari yang termurah SGD 185 untuk lokasi di sekitar sirkuit (boleh dimana saja berdiri, kecuali di sekitar paddoc, Pit Building, Pit Grandstand, dan area sekitar putaran 1, 2 dan 3). Tarif berikutnya SGD 345 untuk grandstand di Lower Bay (terbatas) dan SGD 330 untuk di Upper Bay. SGD 580 untuk tempat duduk di panggung lapang Padang. SGD 1100 di Stamford Grandstand  dan SGD 1488 di Pit Grandstand dan Putaran 1,2 dan 3. Disediakan juga harga paket harian serta untuk rombongan. Lihat selengkapnya di: http://f1singaporetickets.com.

Get Ready……..Go!!!


Responses

  1. […] tuan rumah ajang kebut Grand Prix F1. Spesial karena kali ini diselenggarakan saat malam. Menurut info, balap F1 di Singapore akan melewati jalan-jalan di sekitar Marina Bay, Republic Boulevard dan […]

  2. Kalau enak, ya pasti di sekitar paddoc atau grand stand, tapi harga karcisnya muahal bgt. Kalau mau lihat aksi overtaking dg kecepatan hampir 300 km/jam di sekitar putaran 1 (T1). Dr Lucky Plaza sangat disarankan untuk naik MRT saja, krn pakai Taxi atau Bus pasti mucet. Naik dr Orchard MRT Stasion turun di stasion Marina Bay atau di Raffles Place untuk Bay Grandstand. Kalau untuk di Standar Grandstand (Padang) turunnya di City Hall.

  3. halo mas budi, september nanti saya & teman2 rencana ke singapore untuk nonton F1. kira2 kalo beli tiket nonton berdiri enaknya di sekitar mana ya? soalnya rencana lokasi menginap di apartemen lucky plaza. terus kalo dari lucky plaza menuju ke bay grandstand naik kendaraan apa? mohon infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: