Oleh: budisulis | 9 November, 2012

Hemat Biaya Makanan Halal di LN, ini Tipsnya

Bagi umat muslim, mencari makanan halal di negeri non muslim butuh upaya-upaya yang kreatif, tentunya tanpa menghilangkan kaidah kehalalan itu sendiri. Selain tidak banyak tersedia, rasa dan jenis makanan yang tidak cocok dengan lidah kita, harganyapun kalau ada, lebih mahal dibanding makanan non halal. Ingat, bukan hanya daging babi yang diharamkan, tetapi semua binatang yang biasa kita makan tetapi disembelih tanpa tata cara islami, atau mengandung bahan yang tidak halal, maka bisa dikategorikan makanan haram. Banyak umat muslim yang beranggapan asal bukan daging babi, walaupun tanpa keterangan halal, bisa dimakan dengan bebas. Padahal bisa saja tercampur atau mengandung bahan makanan/minuman yang diharamkan. Seperti ayam goreng atau makanan cepat saji lain, yang di Indonesia halal, belum tentu sama di negeri lain, bisa jadi proses penyembelihannya bukan dg cara islami. Hati-hati, jangan mudah memakan sesuatu tanpa ada jaminan halal, seperti logo sertifikasi halal atau jaminan lainnya!
Lalu bagaimana kita bisa makan dengan tenang, dan tentunya tetap hemat? Cara paling praktis, tentunya mencari tempat makan halal, tapi ya itu, rasa dan harganya kadang tidak cocok. Terus kalau tidak ada tempat makan halal bagaimana? Cari tempat makan vegetarian. Kalau masih tidak ada atau tidak cocok? Nah kalau masih seperti ini, ada dua cara yang bisa dilakukan.
Cara pertama adalah membekali dari tanah air bahan makanan atau makanan jadi yang siap santap. Seperti mie instan dan makanan kering. Bawa juga kompor listrik portable yang bisa digunakan untuk memasak nasi, merebus, memanaskan bahkan untuk menggoreng. Selama belasan tahun bepergian, saya selalu membawa kompor kecil ini kemana saja. Sangat bermanfaat dan juga menghemat pengeluaran.
Cara kedua adalah memanfaatkan toko serba ada yang menjual makanan-makanan halal, seperti di 7 Eleven (Singapore, Seoul) atau di warung Indonesia yang sudah dikemas dan tinggal dimakan atau dipanaskan terlebih dahulu.

image

Di Singapore, toko ini menjual aneka makanan halal seperti mie instan, nasi + lauk dan makanan lain seperti roti atau kue. Ditempat ini juga disediakan peralatan masak seperti microwave oven, air panas untuk merebus mie juga tempat makan berupa kursi dan meja (lihat gambar).
image

image

Kita tinggal memilih jenis makanan yang diinginkan, membayar terus memanaskan atau menghangatkan makanan yang dibeli tadi, tanpa ada biaya tambahan lagi. Cara kedua ini selain lebih praktis juga hemat, karena bahan makanan yang djual lebih murah dibanding membeli di tempat makan. Seperti nasi ayam atau nasi teriyaki dijual dengan harga SGD$ 3.8, lebih murah dibanding di rumah makan yang harganya 6 dollar. Mie rebus hanya 2 dollar, di tempat makan 4.5 dollar.
image

Di Seoul agak susah mencari makanan halal diluar wilayah Itaeowon. Namun jangan kuatir, ada nasi matang dalam kotak yang dijual di 7 Eleven, dan tinggal memanaskan di microwave oven (lihat gambar). Lauknya dengan bahan makanan yang dibawa dari tanah air atau membeli makanan halal di tempat halal tentunya. Beberapa toko buka 24 jam, sehingga kapanpun kita membutuhkan makanan, tinggal datang ke tempat ini.

image

Di Singapore tempat makan halal yang menyediakan aneka makanan Indonesia dengan harga lebih murah dibanding tempat lain (juga rasanya enak dan banyak), yaitu rumah makan Nora Indonesian Food, lokasinya tepat di lantai basement Midpoint Orchard, seberang mall 313 Somerset atau di belakang tempat pemberhentian bus Midpoint Orchard. Tempat makannya bersih, luas dan minum air putih gratis.
image

Untuk kesana, dari stasion MRT Somerset keluar menuju jalan Orchard, menyeberang belok kanan sedikit terus turun ke lantai bawah Midpoint mall. Jika naik bus turun di Midpoint Orchard, sesudah Singapore Visitor Centre dan sebelum Centrepoint mall.


Responses

  1. Asiiiikk…di tunggu ya maaas
    Thx

  2. #meonk: wah udah lama banget gak mampir, jawabannya di email yah.

  3. mas budi..apa kabaarr?..mas minta itinerary utk ke bangkok donk..Insha Allah maret mau kesana…

  4. sore pak, kalo dari changi ke festive hotel 4orang murah naik taxi or mrt? makasih…

  5. Tetap aja, jalan-jalan ga lengkap kalo ga bawa mie kebangsaan kita: Indomie. Hehehe…

  6. Terima kasih, Informasinya SANGAT bermanfaat dan MEMBANTU, semoga SUKSES selalu

    http://supplierfrozenfood.com/, 082136568222

  7. #Yvzur: Silakan, bagi yang mau info tambahan ke link: http://www.wisatakeren.com

  8. Boleh tukeran link pak? my blog http://www.wisatakeren.com

  9. #Vanmut: Lihat di: http://www.easibook.com/

  10. Pagi pak budi, saya mau tanya bus paling murah dr singapur – malaysia apa y? Terimakasih. Mohon balasannya.

  11. #Reva Sabrina: Gambarnya, beberapa sudah tuh di upload.

  12. pak Budi kalo mau liat gambar2nya sesuai tulisan diatas dimana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: