Oleh: budisulis | 5 Januari, 2008

Imigrasi Singapore

IMIGRASI
Ada tiga jalur utama ke Singapura, yaitu melalui udara, darat (Jalan raya dan Kereta Api) dan laut (pelabuhan Ferry). Bagi warganegara Indonesia masuk Singapura tidak diperlukan visa, hanya perlu diperhatikan beberapa persyaratan seperti berikut ini:
1. Masa berlaku Paspor minimal 6 bulan, namun adakalanya hal ini diabaikan oleh pihak imigrasi. Saya sendiri pernah masuk Singapura dengan paspor yang hanya tinggal 2 bulan masa berlakunya. Namun tentunya untuk ketenangan perjalanan, sebaiknya masa berlaku ini dipenuhi atau minimal masih tersisa 4 bulan dari tanggal kedatangan.
2. Lamanya ijin tinggal untuk social visit yang diberikan pihak imigrasi adalah 30 hari untuk kedatangan lewat udara dan 14 hari untuk kedatangan lewat laut/darat. Namun sekali lagi hal ini sering juga dikecualikan. Pada kunjungan terakhir melalui Harbourfront, kami mendapat ijin tinggal selama 30 hari. Padahal pada kunjungan sebelumnya, hanya mendapat ijin tinggal selama 14 hari. Untuk itu sebaiknya kita melihat hal ini di cap imigrasi yang distempel di paspor kita, jangan sampai dianggap ‘over stay’ atau nanti berurusan dengan pihak berwenang.
3. Seringkali pada saat di imigrasi kita ditanya tujuan kunjungan, tempat menginap dan uang dollar yang dibawa masuk. Tidak ada batasan yang jelas, namun sebaiknya berikan jumlah yang sewajarnya saja. Perlu disiapkan juga tiket kembali, walau jarang ditanyakan, namun adakalanya diminta.
4. Singapura sangat ketat dalam menjaga penyebaran penyakit ke negaranya. Untuk itu lengkapi dengan dokumen atau persyaratan yang diminta jika ada kasus penyebaran penyakit/wabah tertentu. Jika ada pemeriksaan di bandara atau pelabuhan, sebaiknya bersikap wajar dan ikuti semua prosedur yang diminta.
5. Harap diingat bahwa antrian di imigrasi bisa sangat panjang dan makan waktu lama. Hanya bagi yang membawa anak kecil, biasanya diprioritaskan untuk diproses terlebih dahulu.


Responses

  1. Pak Budi sy mau tanya jika telah diblacklist apakah bisa masuk kembali kesingapore ….

  2. selamat malam pak budi.
    saya mau bertanya semoga bapak mau menolong saya.saya bekerja di malaysia sebagai tenaga lepas.dan selalu keluar masuk malaysia via batam dengan visa turis selama 30 hari.dan bisa masuk dengan membayar uang grenti kepada imigresen malaysia lewat kapten kapal.
    pertanyaan saya, saya berniat keluar dari malaysia ke batam via singapura.karena saya sekaligus ingin jalan jalan ke singapura.
    apakah kira kira bermasalah di imigrasi singapura nanti? mengingat cop pasport saya bolak balik masuk malaysia.
    atas jawabanya saya ucapkan terima kasih

  3. Siang pak Budi , boleh saya tanya pak ? bulan lalu saya bermasalah ketika kembali dari Singapore , masalahnya saya overstay 3 hari , dan karena saya terblokir by system oleh internet banking BCA , maka saya tidak bisa membayar uang pinalty yang hanya SGD 50. Maka saya pun digiring ke tempat scanning dan di foto , bahkan petugas wanita yang scanning finger prints saya bilang bahwa saya tidak diperbolehkan masuk Singapore lagi .
    Tapi di passpor saya sama sekali tidak ada tanda (X ) , seperti yang saya baca di blog2 lain mengenai banned masuk Singapore .
    Pertanyaan saya apa saya masih boleh masuk Singapore ? atau memang sudah di banned , kalau memang di banned sebaiknya berapa lama saya baru bisa kembali lagi , Terima kasih sebelumnya ya pak .

    Salam
    Maureen

  4. Pak budi maag saya mau tanya. Temen saya pertama kali ke singapura lewat jalur batam . Tapi dia di suruh perlihatkan ktp nya. Masalahnya ktp nya tgl lahir beda dengan yg di pasport. Akibat nya sy tidak boleh masuk singapura / black list. Trus kantornya suruh coba lewat jalur udara. Tapi sama juga dia di bawa ke ruang pemeriksaan. Nah yang saya mau tanyakan adalah. Apakah ada masa berlaku black list paspor dr indo ke singapura? Dan berapa lama masa berlaku tersebut? Apakah setelah lewat masa berlaku black list temen saya bisa ke singapura lagi? Mohon jawaban nya pak

  5. Pak budi saya mau tanya, saya pernah tidak dibolehkan masuk ke singapur, dan belakang pasport saya telah di cap “contoller of imigration” pertanyaan saya. Apa kah saya tidak boleh masuk selamanya? Atau sampai kapan saya tidak boleh masuk? Saya tidak boleh masuk kmren karena saya ketahuan kerja sebagai pembantu rumah tangga tp gak lama kok, cuma 7 hari saja. Apa seharus nya saya lakukan ya pak sekarang udah 7 bulan saya tidak masuk singapur.. mohon jawabannya pak trimah kasih.

  6. Pak Budi, catatan pengesahan paspor kalo cuma ditulis tangan sama petugas gapapa yah? Trus gitu tidak diparaf. Yang seharusnya “daughter of” malah ditulis “son of” itu gimana pak? Saya baru memperhatikan paspor ponakan saya, sementara besok sudah mau ke singapur

  7. Hallo pak budi,salam kenal,saya mo tanya pak,saya stiap bulan sekali dan kadang 2 bulan sekali mengunjungi pacar saya yg berwarganegara australia yg bekerja disalah satu bank di Singapore,saya berkunjung kadang 15 hari kadang 1 bulan dan setiap dateng selalu ngandang dulu di imigrasi dan slalu di tanya pertanyaan yg sama sebelum meloloskan saya masuk,pertnyaan saya adalah,ap ini akan bermasalah buat saya nantinya ap bila saya mnikah dg pacar saya nnatinya ?karna rencana kami akan menikah di Singapore bln mei 2016,
    Dan apakah ad batasan nya untuk mengunjungi Singapore?karna saya pernah denger dari temen katanya 1 tahun itu cma 90 hari saja,tidak boleh lebih, dan katnya klo terlalu sering tinggal di Singapore 1 bulan penuh imigrasi akan mem blacklist 2 thun tidak boleh mengunjungi Singapore,mohon infonya pak,trimakasih

  8. #Vini: maksudnya di tolak di singapore? Rasanya kl sdh pakai passport gak perlu menunjukkan KTP lg? Saya tdk mengerti, kenapa hrs menghubungi pihak sana, padahal itu kan internal kita.

  9. Pak..suami saya tgl 27 okt 2014 kmrin k spore melalu btam via laut dan ditolak imigrasinya karena ada perbedaan buln lahir d ktp dan passport skrg ktpnya telah di ganti sesuai passport.oleh pihak imigrasi spore saya d sarankan untuk menghubungi email yg d berikan..sebelum saya mnghubungi email nya adakah yg perlu saya persiapkan?data apa sajakah yg perlu saya isi?terimakasih pak

  10. #Wartem: maaf saya tidak tahu.

  11. maaf pak sy sbgai wni bekerja di singapor..dan sebelumnya sy sudah bekerja 5th..waktu sebelum lbaran kmarin..merencanakan untuk berhnti bekerja..karna sdah hbis masa krjanya….dan majikanya jauh2 hari sdah mendapatkan penggantinya..dan sdah menjalani hampir 5blan dengan wni baru…berhbung majikanya tidak cocok dengan wni baru .maka majikan sy minta sy untuk krja kembali…per masalhnya sy dulu tidak melalui PT.tp melalui temen..smua perjalanya sy di tanggung oleh majikanya sy…dan sy pun mendapatkan paspor 48halaman..pertanyaan sy pak gimana solusinya supaya sy aman dlam perjalan menuju singapor

  12. #Putra: Gak masalah kok.

  13. Tolong tanya Pak, saya waktu masuk Singapura diminta isi lama tinggal, karena saya blom tahu urusan saya bisa kelar berapa lama akhirnya saya tulis 4 hari. Apakah ada masalah jika saya tinggal lebih dari 4 hari setelah urusan saya selesai? Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

  14. #Fera: tidak ada, kalau masih ragu siapkan saja surat pernyataan dari orang tuanya dan copy paspor ortunya.

  15. pak, saya berencana membawa keponakan saya berumur 8tahun ke singapura tanpa orang tuanya, selain paspor apa perlu dokumen lainnya? Thanks.

  16. Maaf tujuan Singapore

  17. Pak saya mau Tanya, anak umur 6 tahun ikut kakek nenek Tanpa orang tua selain passport Surat apalagi yg perlu di bawa? Terima kasih

  18. Mohon infonya pak mengenai overstay di Singapur, apa yang harus dilakukan dan harus menghubungi pihak mana saja dan kalau bisa berapa biaya yang harus dikeluarkan. terimakasih atas infonya pak

  19. #Hani C: gak masalah kok, gak perlu bawa dokumen apapun kecuali paspor.

  20. Pak maaf saya mau Tanya. Akhir september ini saya mau Liburan ke singapur membawa keponakan saya yang berusia 14 tahun Tanpa orang tuanya. Apakah ada masalah di imigrasi singapur nanti? Jika hrs bw document, kemungkinan document apa saja yg hrs sy bw? Thanks

  21. #Ali: beberapa tahun yg lalu saya pernah masuk singapore lewat batam dan lanjut ke malaysia dg masa berlaku passport yg hanya tinggal 1 bulan. 3 thn yg lalu istri saya ditolak naik pesawat yg ke singapore krn masa berlaku passportnya kurang dr 6 bulan. Terus terang dg kejadian terakhir tsb sy tdk pernah lagi menggunakan passport yg masa berlakunya krg dr 6 bulan, pertama krn aturan umum internasional adalah spt itu, kedua saya tdk mau beresiko perjalanan sy jd berantakan krn berharap petugas imigrasi mengabaikan masa berlaku, spt yg pernah sy alami dulu, ketiga sy malas diinterogasi di imigrasi krn masa berlaku passport ini. Tapi kalau anda mau ambil resiko itu, krn punya alasan/argumentasi yg kuat, silakan saja, mudah2an lancar, apalagi anda memang kerja di US yg aturan imigrasinya jauh lebih ketat dibanding Sing dan Mal.

  22. numpang nanya pak, sy ali dr surabaya, sy skrg lg krja di amrika, jnuari akhir nnti sy mau ke johor bahru slma 1 mnggu lewat singapore, krna pswat sy transit di singpore, stelah beli tiket bru thu kl psport sy bln april expired, skrg sy lg bngung, mau cancel tiketnya atau tetap lnjut ke johor, mnurut bpk bgmn? trimaksih..

  23. #Nisa: gak apa2, paspor saya jg pernah punya tambahan nama utk umroh, tp gak masalah masuk singapore. Pakai aja nama yg tercantum di hal depan, yg ada fotonya.

  24. Pak budi, november nanti ibu saya akan pergi ke pekanbaru dan dri sna beliau berencana untuk mengunjungi tante di singapura tp paspor ibu saya itu paspor umroh yg tdpt pnmbhn nama mjdi 3 kata sdngkn nm ibu saya hnya memiliki nm 1 kata dan blm pnh dpakai krn jdwl umrohnya thn dpn. Dg kondisi demikian apakah ibu sy akan mengalami kesulitan menghadapi pihak imigrasi? Mhn infonya yupz pak

  25. #Sarah: sy gak pernah dengar aturan spt itu.

  26. pak maaf mau nanya apakah memang ada aturan dari imigrasi singapore jika kita masuk ke singapora untuk tujuan wisata 1 hari aja dengan jumlah 50 orang harus memakai jasa travel agent. soalnya saya ada rencana berangkat bersama teman2 dan rencananya tidak pakai jasa travel. tx before pak


Tinggalkan Balasan

Kategori

