Oleh: budisulis | 15 Mei, 2008

Melanjutkan Sekolah di Singapura (2)

Sistem pendidikan di Singapura memang beda tapi sebenarnya tidak terlalu rumit asal tahu tingkatannya.

Primary School = Sekolah Dasar —-> 6 tahun
Secondary School = SMP (sampai kelas 3) + SMA kelas 1

Nah di Sec School ini bisa hanya sampai Sec4 (yang Express/Special) atau sampai Sec5 (yang Normal). Yang Sec4 akan dapat “O”-Level, sementara yang Sec5 akan dapat “N”-Level.
Yang dapat “O”-Level bisa melanjutkan ke mana aja, sementara yang “N”-Level hanya bisa ke Poly saja —–> Grade “O”-Level lebih pintar dari Grade “N”-Level, sementara yang “N”-Level sendiri dibagi lagi “N”-Level Technical dan “N”-Level Academic. Yang “N”-Level Academic masih ada kesempatan mendapatkan “O”-Level setelah lulus “N”-Level Academic.


Kalo berbicara masalah ITE (Institute of Technical Education), itu sebenarnya adalah kumpulan anak2 yang kurang minat terhadap pelajaran (udah malas belajar), mereka hanya berminat terhadap hal2 teknis. Ini biasanya diambil dari jalur Secondary School …….. anak2 yang tidak mungkin masuk Express/Special Stream, di tahun ke-2 akan dilempar ke Normal Stream, nah anak2 yang ternyata juga tidak mampu mengatasi ( can not cope with ) pelajaran akan diberi kesempatan : Drop Out atau ke ITE.


Yang sedang pemerintah Singapura galakkan adalah kampanye bahwa lulusan ITE juga punya kesempatan ke Universitas lewat jalur Polytechnics ….. ini untuk memberanikan (encouraging) pelajar2 tersebut …… meski jalur yang ditempuh sangat2 panjang ….. ITE, trus ke Poly (3 tahun) baru ke Universitas.


Sekedar tambahan, mulai tahun 2008, jalur Special Stream dihapus …. perbedaan antara Special dan Express adalah tambahan pelajaran bahasa yang disebut “Higher Languange”, entah Higher Chinese, Higher Malay, Higher Tamil, dll. ……. Seorang pelajar yang telah mengambil “Higher” subject ini, akan terbebas beban yang sama di Junior College.


Sekarang selepas Secondary School, pilihan hanya ke Poly atau Junior College.
Perlu dicermati bahwa lulusan Poly di Singapore TIDAK setara dengan Diploma-3 di Indonesia, mereka hanyalah setara Diploma-1 di Indonesia ….. Seorang lulusan Poly di Singapura bisa melanjutkan ke Universitas, bila subjeknya menunjang, mereka bisa langsung ke tahun ke-2 di Universitas. Sedangkan Junior College (Maktab Rendah) adalah setara dengan SMA kelas 2 + 3 di Indonesia ……. meski beberapa bahan pelajaran hampir sama dengan mahasiswa tahun-1 seperti untuk Matematika, Kimia, Fisika, Biologi.


Pun, lulusan Junior College (”A”-Level) bila nilainya tidak begitu bagus, diberi kesempatan untuk “re-take” baik sebagai school candidate maupun private candidate …. bila sebagai school candidate (sama dengan tidak lulus kalo di Indonesia, sebab harus sekolah lagi) …… atau memilih Poly sebagai jalur alternatif menuju Universitas …. ini diperkenankan di Singapura case-by-case.
Juga pelajar Junior College yang ingin pindah jalur ke Poly juga diperkenankan, dan harus mengulang dari tahun ke-1, ada yang langsung tahun ke-2, tapi case-by-case juga.

 

So, kalo sudah lulus SMA di Indonesia, mau melanjutkan sekolah di Singapura (Negeri), seperti agak terlambat ……… akan lebih baik bila saat masih kelas 2 SMA mencari informasi dan melakukan kontak dengan pihak Universitas di Singapura (masuk sebagai pribadi), atau mengikuti test2 yang sering dilakukan oleh NUS, SMU, NTU di sekolah2 di Indonesia ……. banyak kok pelajar Indonesia yang meski belum lulus Ujian Nasional sudah dapat tempat di Universitas di Singapore lewat jalur beasiswa.

Disarankan, bila memang mau melanjutkan sekolah di Singapura (banyak keuntungan yang diterima apalagi mau melanjutkan ke Inggris, Amrik, Eropa), akan lebih baik waktu masih SMP kelas 3 atau SMA kelas 1, rajin2 cari info …… kalo diterima biasanya akan turun kelas satu tahun, biar bisa lebih menyesuaikan dengan iklim belajar di Singapura.

 

Memang ada private Universitas seperti UniSIM / SIM, MDIS, Informatics, Stansfield College, dll …… tapi setahu saya hanya SIM/UniSIM yang direcognized oleh pemerintah Singapura (tolong dikoreksi kalo MDIS juga direcognized).
So, kalo lulus SMA trus masuk Poly di Singapura, lebih baik gak usah dech …. mending sekolah di Indonesia dulu di Universitas Negeri atau Swasta yang bonafide, trus cari info apakah bisa transfer ke Universitas di Singapore ….
Nah, pelajar Singapura dari Poly dan Junior College, untuk masuk ke Universitas, tiap tahun akan diadakan Joint-Admission, mereka mendaftar secara on-line dan dilihat dari nilai serta keadilan ……… adil dalam arti bahwa tidak semua pelajar dari satu sekolah akan masuk dalam Jurusan yang sama (yang dipilih oleh pelajar), sehingga bila quota mereka sudah terpenuhi, secara automatis tidak masuk, dan menunggu tahap kedua Joint-Admission ini.
Udah ah …. kerja dulu.
Itulah pintar2-nya pemerintah S’pore ……. lha wong yang masuk Poly itu lulusan Secondary School yang notabenenya hanya setara kelas 1 SMA. Memang betul banyak pelajar lulusan SMA Indonesia yang masuk ke Poly, pun lulusan sekolah Indonesia Singapura banyak yang ke Poly …. dan ini berlaku umum …… pelajar Indo yang mau ngelanjutin ke Singapura harus turun kelas, minimal turun 1 kelas, kalo apes bisa turun 2 kelas.

 

Betul seperti yang ditulis, lulusan Poly harus start dari awal, akan tetapi ada perkecualian (meski tidak semua) bisa langsung tahun ke-2 bila dan hanya bila itu merupakan kelanjutan proses belajarnya, sebab ada teman yang dari Electrical Engineering di SP, bisa langsung tahun ke-2 di NTU, …. ya case-by-case …. So, kalo udah lulus SMA di Indonesia, pilihannya masuk swasta di Singapura aja ….. makanya kalo sudah lulus SMA di Indo, agak terlambat kalo mau ngelanjutin di Singapura, kecuali mau turun kelas lagi .

BEASISWA

Salah satu beasiswa yang rutin disalurkan oleh Pemerintahan adalah beasiswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan Singapura yang ditujukan bagi pelajar-pelajar berprestasi dari negara-negara ASEAN untuk meneruskan pendidikan di Secondary Schools (Setingkat SLTP) dan Junior College (setingkat SMU) ternama di Singapura, untuk pada akhirnya mengikuti Ujian GCE “A” Level (General Certificate of Education (Advantage) Level Examination) atau setara. Beasiswa ini ditawarkan dengan tujuan memberikan kesempatan bagi generasi muda ASEAN untuk mengembangkan dan memenuhi potensi mereka sepenuhnya.

Para penerima beasiswa akan memulai sekolah di Singapura pada tingkat Secondary 3 (SLTP tingkat 3) dan akan mengikuti ujian GCE “O” Level (atau setara) pada akhir tahun Secondary 4, dan apabila memenuhi syarat, para penerima beasiswa juga akan mengikuti ujian GCE “A” Level (atau setara) pada akhir Pre University 2 (SMU setingkat 2)

Para pelajar yang lulus ujian GCE “A” Level dengan nilai yang tinggi akan diberikan beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan mereka di National University of Singapore (NUS) atau Nanyang Technology University (NTU).

Beasiswa ini meliputi:

  1. Uang sejumlah S$2200 (untuk untuk pelajar yang duduk di Secondary School) / S$2400 (untuk pelajar yang duduk di Pre University) pertahun serta tempat tinggal di asrama.
  2. Uang sejumlah S$400 dalam masa penyesuaian diri (bagi pelajar Secondary )
  3. Dibebaskan dari pembayaran uang sekolah di Singapura dan Sumbangan Pendidikan (Education Fund)
  4. Dibebaskan dari uang ujian GCE “O” Level dan Level GCE “A” Level (hanya sekali)
  5. Tiket penerbangan kelas ekonomi untuk perjalanan ke Singapura (awal tahun pertama) dan perjalanan pulang ke Indonesia (akhir kontrak)
  6. Subsidi untuk fasilitas kesehatan dan mendapatkan asuransi kecelakaaan
  7. Kursus Intensif Bahasa Inggris selama bulan November dan Desember

 

Untuk informasi ttg Konsultan Pendidikan Singapore di Indonesia, silakan lihat daftarnya di:

http://www.singaporeedu.gov.sg/id/htm/stu/stu0305.htm

    (Penulis: Ansar)

     

     

    Iklan

    Responses

    1. #M Finsya: maksudnya regulasinya, aturannya? masih. Kalau pendaftaran si kayaknya dah lewat

    2. Permisi pak budi , saya mau tanya…Apakah regulasi untuk pendaftaran kelas 2 SMA masih berlaku tahun ini..?

    3. #Leny: sorry, gak tahu

    4. Pak sekolah perhotelan apa di singapura yang peluang kerjanya besar uuntuk kerja di singapura dan ausrtralia

    5. pak budi mohon arahannya saya pengen sekali sekolah disingapore kursus atau hal lainnya akan sa ikuti dulu untuk belajar lebi hehe

    6. ya kalua baca yang diatas ya sudah terlambat sekali untuk melanjutkan postgraduate disan hehe english maish berantakan toefel juga belum memnuhi syrat nah maunya ambil perbankan management atau dalam hal bisnis nahhh tapi say lulusan s1 farmasi tapi nda apa2lah saya harus turun tingkat dan belajar dari awal

    7. #Bayu A: Silakan kontak ke alamat yang tercantum di blog.

    8. saya mau tanya lagi nih pak.bagaimana jika hasil UNnya jelek tetapi hasil TOEFLnya tinggi

    9. maaf pak saya mau tanya.sekarang saya kelas 1 SMA mau naik kelas 2.itukan tesnya di singapura.kira kira menghabiskan biaya berapa ya selama mengikuti tes dan berapa hari.

    10. Salam kenal…sy ingin bertanya, mudahn berkenan ya menjwbnya:
      1.Bila di Indo sdh kls 3 SMP, bila ingin melanjutkan SMA disana apakah mundur/kembali ke SMP disana dulu, pdhal kan SMPnya di Indo?atau cuma test saja.
      2.Bila ingin kuliah disana apakah juga hrs mundur setahun, pdhal SMAnya di Indo.
      Tks atas sharingnya, mudahan berkenan utk menjawab, mohon dikiirim ke email sy saja, krn jarang buka blog.Tks

    11. #Willy: Sistem pendidikan Singapore memang aga beda dg di kita. Untuk menyelesaikan sekolah menengah harus melalui ujian level O, baru bisa masuk ke Junior College. Jika kamu pindah pada saat kelas 2 ke sana, maka untuk bisa lanjut ke jenjang berikutnya, harus ujian level O tsb. Bagi yg dapat nilai bagus bisa langsung ke Junior college yg lamanya 2 tahun. Kalau gak punya nilai minimum maka harus ke jenjang lain (3thn) dulu dan ujian level N utk bisa ke jenjang berikutnya.

    12. pak budi, saya skrg kls 2 sma. sya rncnanya mw mlnjutkan ke singapore stlh lulus kls 2 ini. sya ingin brtnya, kn pndidikan d sna smpai 1 sma sdangkan sya kls 2 sma, nah nnti jika sya mlnjutkn d sna bgaimana ? apakah sya msuk junior college atau lgsng kuliah ?

      sya mhon bgt djwb pak krna sya sgt btuh informasi ini..
      trima ksih bnyk sblum’a

    13. #Ricky: aturan sekolah di sana gak serumit yg terlihat, terutama utk mhsw internasional. Persyaratan utama utk sekolah disana adalah lulus tes (berbeda utk setiap sekolah), dan yang utama adalah kemampuan bahasa Inggris harus bisa mengikuti pelajaran di sana. Kalau nggak, akan ada kursus tambahan atau pendalaman kemampuan bahasa ini.
      Untuk konsultan pendidikan di Lampung coba cari di internet, dan tanya langsung utk proses detailnya.

    14. pak budi,, saya bru kls 2 sma..
      sya berencana mlanjutkan ke singapore,, tpi saya bingung dengan aturan2 sekolah d sna.. sya tnggal d bengkulu, agen pendidikan d bengkulu ap ya pak ?

      tante sya prnh blg msuk ke foundation school dlu.. bsa tlg djelaskan foundation shool it gmna pak?

      tlg bgt djwan pak, soal’a saya bner” btuh info ini..
      mksih bnyk sebelum’a..

      rickysutopo@yahoo.com

    15. #Fadli: Banyak yg harus dipersiapkan, sebaiknya bapak tanyakan ke education consultant aja biar lebih banyak info, sekalian diurusin sampai cari sekolahnya. Banyak kok, maaf sy gak bisa sebut namanya.

    16. Menarik … kebetulan Saya lagi mencari info mengingat anak Saya tahun depan akan lulus SMP & berencana mau melanjutkan ke Singapore.

      Mohon pencerahannya & kemana Kami harus melakukan langkah selanjutnya.

      Trims
      Fadli
      fadli@badaklng.co.id

    17. #Alverina: Pendidikan kita agak beda dg di Singapore. Kalau kamu lulus SMA disini terus daftar kuliah di sana, tetap harus masuk pra University. Jd mending dr sekarang melanjutkan SMA di sana biar mudah ke universitynya. Gak dapat ijazah SMA disini? kan dpt ijazah di sana, lagian kan emang mau terus kuliah di sana.

    18. Pak Budi, saya mau nanya nih. Skg saya baru masuk SMA 2. Dan ingin kuliah sing private school antara tahun depan atau setelah lulus SMA. Mnurut bapak, bagusnya setelah lulus SMA baru kuliah disana atau tahun depan baru kuliah?
      Tapi kalo saya tahun depan kuliah, sy gk dpt ijazah SMA. Gimana ini pak? Sy bingung bgt. Mohon bantuannya.
      Thx

    19. #Ning Ely: Coba aja hubungi konsultan pendidikan yang ada di kota anda, contohnya lihat di: http://www.anzeducationcentre.com/ atau http://globaloneworld.com/

    20. pak budi,saya dari bali ada rencana mau menyekolakan anak saya smp ke singapura,anak saya skrng kelas V SD,kira2 apa aja yg perlu saya persiapkan un,melanjutkan sekolah disana,kira2 sekolah mana yang direkomen untuk.anak2 indonesia setingkat SMP buat sekola disana,kira2 berapa biayanya yg harus disiapkan,mohon dibantu pak..makasi banyak atas infonya..

    21. #Lingling: Masih sempat, mata pelajaran hampir sama dengan di sini.

    22. halo pak budi, thanks tuk tulisannya.

      saya skg kelas 2 SMA dan pengen lanjut sekolah di Singapura setelah lulus kelas 2 SMA ini. Kira2 masih sempat gak ya? Terus tes masuknya itu biasanya kapan ya?
      Mata pelajaran di sana apa az sih?apakah ada biologi, kimia, matematika kayak di Indonesia?

      Terima kasih.

    23. #Afif: Aturan di Singapore sangat ketat untuk bekerja, banyak persyaratan. Saya kuatir anda gak bisa kuliah sambil bekerja di sana, walupun itu kerja part time sekalipun. Kalau ketahuan kerja ilegal, anda akan di denda atau dihukum. Tidak spt di Australia atau di Amerika, di Singapore kerja magang di universitas tempat belajar tidak diperbolehkan.

    24. bpk perkenalkan nama saya afif, saya ingin melanjutkan kuliah d singapura sambil bekerja, apakah saya bisa bekerja di singapura dan meneruskan kuliah saya? terus prosesnya bagaimana…tolong bpk info mengenai hal tersebut. terimakasih

    25. #Jessica: Pelajaran di sana hampir sama dengan di sini, hanya cara dan metodanya memang berbeda. Jika tidak tinggal dengan keluarga, kan ada asrama atau tempat kos yang ada penjaganya. Kehidupan di sana gak sebebas di barat, malah untuk beberapa hal termasuk ketat/disiplin. Coba hubungi beberapa agen pendidikan di kita.

    26. pak, saya kelas SMP 2. Saya dan teman saya ingin melanjutkan sekolah di Singapura. yang saya pertanyakan:
      ~ apa di sana pelajaranny akan lebih susah dibanndingkan Indonesia??
      ~ jika tdk tinggal dengan keluarga, tinggal di mana??
      ~ apakah di sana orang-orang nya bebas seperti orang-orang barat?? karena kalau ya, saya tidak akan diijinkan oleh ortu sebab masih dianggap kecil (padahal saya sudah besar) hehe
      saya mohon dengan sangat agar di balas sehingga saya mampu menentukan akan melanjutkan ke sana atau tidak..
      terima kasih banyaaakk… 😀

    27. Pak budi ,anak saya klas 2 sma, dia pengen tamat sma pengen ke universitas SMU sg, jurusan yg dia mau IT atau management perbankan, tlg pak syarat2 yg harus di siapkan, Ielts, toefl atau SAT ketiga nya atau salah satu saja ? Dan yg di butuhkan nilai rapor atau UAN ? Skrg putra saya lagi permantap ielts dulu. Ma ksh p budi. H. Fadhly oemar bdg

    28. Pak Budi, saya anak kelas 1 SMA yang rencananya mau melnjtkn ke singapura pd kelas 2 nanti. saya mau bertanya apa saja yang hrs dipersiapkan? dan apa pelajaran di sekolah singapura itu lebih susah dari sekoah di Indonesia? itu saja pertanyaan dari saya. mohon di jawab ya Pak. terima kasih.

    29. @pak budi dan @anonymous
      anak saya skrg sekolah di intl schl (yg affordable krn baru) kelas 10 dan akan ambil A level di kls 12 nanti.
      1) Tujuan saya adlh menyekolahkannya ke uni di US atau Ausie. Apakah sdh tepat langkah saya? terus terang , smkn banyak saya search, tampaknya A level tdk merupakan garansi, krn di US hrs ambil SAT dulu, sedangkan di Ausie saya dengar harus foundation. Itu yg saya bingung, jk A level sdh cerified intnl, mengapa hrs foundation lagi ? atau SAT lagi ?

      2) apakah Uni di US atau Ausie mengutamakan kekuatan math di SAT atau Foundation? (spt UMPTN di Indo, shg anak IPA pasti lbh besar peluangnya dibanding anak IPS, dan menurut saya tdk fair ya).

      tks sebelumnya

    30. waah
      mau berbagi sedikit cerita ya
      waah
      ternyata aku lolos seleksi awal beasiswa asean
      tgl 10 besok tes
      jujur aku kaget
      tapi sekarang bingung,
      soalnya di email nya tertulis
      “You are required to submit photocopies of supporting documents such as identity card, birth certificate or passport, result slips and certificates/ testimonials to us”
      yang aku bingungin, maksudnya “testimonial” di situ apa ya?
      apa komentar orang2 dekat tentang aku?
      ato apa?

      trus persiapan tes nya apa aja ya?
      apa sulit banget? soalnya juga berbahasa inggris ya?

      mohon di tanggapi ya?
      thanks banget kalo mau jawab lewat email..

      thanks b4

      Izza


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    Kategori

    %d blogger menyukai ini: