Oleh: budisulis | 7 Mei, 2014

Bandara LCCT Kuala Lumpur Ditutup

Terhitung bulan Mei 2014, bandara LCCT yang selama ini menjadi tujuan maskapai penerbangan bujet ke Kuala Lumpur, seperti Air Asia, Tiger Air, Cebu dan lainnya, akan dialih fungsikan menjadi terminal cargo. Lalu dimana AirAsia dan maskapai bujet lainnya mendarat? Jangan kuatir, pemerintah Malaysia telah mengoperasikan Bandara KLIA2  mulai tanggal 2 Mei 2014 sebagai pengganti LCCT. Hanya  saat ini memang belum semua beralih ke terminal baru ini, AirAsia sendiri baru mendarat di KLIA2 mulai tanggal 9 Mei 2014, jam 00.00.

Terminal KLIA2 ditujukan khusus untuk maskapai berbiaya bujet, dan diramalkan akan menjadi terminal bujet terbesar di dunia. KLIA2 memiliki kapasitas 45 juta penumpang per tahun dengan fasilitas yang lebih baik dan nyaman dibanding terminal LCCT. Bahkan kita tidak perlu naik turun pesawat lewat tangga lagi seperti di LCCT dulu, sebagai gantinya disediakan garbarata sebanyak 80 unit untuk melayani 60 ruang tunggu. KLIA2 memiliki luas lahan lebih dari 250 ribu meter persegi, dan 32 ribu meter persegi ditujukan untuk area bisnis dengan lebih dari 200 retail. KLIA2 tidak kalah megahnya dengan terminal KLIA,  KLIA2 jaraknya kurang dari 2 km dengan terminal KLIA, namun untuk landasan pacunya tetap menggunakan landasan pacu yang selama ini digunakan terminal KLIA.

klia2-design-slide-003

Pada masa transisi sebelum tanggal 9 Mei 2014, beberapa maskapai bujet tetap mendarat di LCCT dan bagi yang ingin menuju terminal KLIA2, disediakan bus shutle gratis dari LCCT ke KLIA2 hingga tanggal 15 Mei 2014, setelah itu LCCT akan ditutup untuk umum.  Bus shutle ini akan beroperasi setiap 10-15 menit berangkat dari tempat bus biasa menunggu di terminal LCCT menuju terminal KLIA2 Lantai 1.

Bus-bus yang biasa melayani terminal LCCT menuju KL Sentral dan tempat lainnya, Seperti Skybus dan Aerobus  juga akan dipindahkan mulai tanggal 9 Mei 2014 ke terminal KLIA2. Dengan beroperasinya KLIA2, maka pilihan transportasi menuju kota KL akan semakin beragam, termasuk penggunaan kereta KLIA Expres dan KLIA Transit.

Ada tips yang bisa digunakan untuk menghemat biaya kereta dari KLIA2 menuju KL Sentral atau sebaliknya, namun ini hanya jika kita punya waktu banyak sebelum keberangkatan pesawat kita. Pertama pilih kereta KLIA Transit bukan KLIA Expres, terminalnya berbeda dan waktu tempuhnya juga beda. Kereta KLIA expres tidak berhenti di stasion antara, hanya di stasion tujuan saja, sedangkan KLIA Transit berhenti di stasion Bandar Tasik Selatan, Cyberjaya/Putra Jaya dan Salak Tinggi. Biaya dari KLIA2 ke KL sentral dan sebaliknya baik bagi KLIA Expres maupun KLIA Transit adalah 35 ringgit/penumpang. Sedangkan jika menggunakan KLIA Transit dan berhenti di stasion-stasion tersebut, biaya berbeda-beda. Nah perbedaan inilah yang dapat kita manfaatkan untuk menghemat biaya perjalanan kita. Lihatlah tabel tarif KLIA Transit di bawah ini.

kliatransit_rev

Tarif dengan warna hitam adalah tarif dewasa, dan yang berwarna biru adalah tarif untuk anak usia 2-12 tahun.

Jika kita berangkat dari KL Sentral menuju KLIA2 belilah tiket menuju stasion Putrajaya & Cyberjaya, yaitu RM 9,50. Sampai di stasion Cyberjaya keluarlah melalui pintu exit dengan memasukan tiket ke dalam mesin tersedia. Setelah keluar (tidak perlu keluar ke jalan, cukup sampai loket tiket), kemudian belilah tiket di stasion tersebut menuju KLIA2 sebesar RM 6,20, setelah itu masuk melalui pintu masuk dan naiklah hingga turun di stasion KLIA2. Total biaya yang dikeluarkan hanya RM 15, 70, hemat RM 19 per orangnya! Cara yang sama juga bisa untuk sebaliknya, yaitu dari KLIA2 menuju KL Sentral, beli tiket KLIA Transit hanya sampai stasion Cyberjaya kemudian masuk lagi membeli tiket menuju KL Sentral. Harga yang sama diperoleh untuk turun/naik di stasion Salak Tinggi, hanya saya sarankan di stasion Cyberjaya karena stasionnya lebih mudah dan jalan kakinya tidak begitu jauh. Memang cara ini akan sedikit merepotkan dan memakan waktu yang lebih lama, tapi untuk menghemat biaya kenapa tidak? Lumayan kan? Kalau bepergian dengan rombongan, semua kopor yang dibawa tinggal saja di stasion di dekat tempat tunggu, dijaga sama 1 orang yang baru akan keluar dan masuk stasion setelah rombongan pertama keluar dan membeli tiket selanjutnya.

Untuk info terbaru tentang terminal KLIA2 silakan lihat di: http://www.klia2.info

Selamat jalan-jalan.


Responses

  1. Sorry saya mau tanya saya biasanya ke Malaysia naik Lion Air/Malindo terminalnya di KLIA2 mulai 15 Maret pindah ke KLIA.
    Yg ingin saya tanyakan KLIA itu di terminal yg internasional yg besar banget.
    Tolong di jawab karna bulan 7 lebaran saya ke Malaysia pergi nail Lion Air pulang naik Malindo

  2. pak budi saya pergi ke malysia kan landing di klia 1 teman2 saya di klia2. jadi saya yang menemui teman2 saya. bisa kah dari klia 1 ke klia 2? kalau bisa naik apa? dan berapa harganya pak?
    terimakasihhh…

  3. Saya berencana mau ke singapura tetapi transit via KLIA2. Penerbangan dr Medan by Air Asia pukul 8 pagi. Dan ETA di KLIA2 jam 10 pagi. Jika saya mengambil penerbangan Tiger Air ke Singapura pukul 12.10 siang, apakah terkejar? Karena setahu saya KLIA2 sangat luas dan saya harus check in ulang utk dapat melanjutkan penerbangan menggunakan Tiger Air. Trimakasih

  4. mau bertanya lagi pak budi,
    kalau saya mau nginap di JB sentral, naik bus turunnya di Tun Aminah atau Yong Peng yang paling dekat?
    terima kasih..

  5. […] Bandara lcct kuala lumpur ditutup | budisulis' travelblog […]

  6. Hi Pak Budi, skybus dinihari dr KL Sentral ke KLIA2 apakah ada? tiket pesawat air asia ke semarang pkl 07.00,atau ada alternatif terbaik krn kami bawa anak kecil.. terimakasih

  7. #Metta W: Tinggak keluar terminal ada konter Aerobus

  8. pak, saya pertama x ke malaysia. mau tanya beli tiket ke genting di KLIA 2 dimana ya? lantai berapa? thank you

  9. saya ingin ke malayasia dengan rute..medan kuala lumpur tgl 6 maret 2015 jam 6,20 malamnya ingin ke singapure agar pagi sampai disana lalu sore trus ke batam mhn bantuannya

  10. #Lie Suyanto: dr KLIA2 ke KLIA tinggal naik kereta, 10 menit. Waktu 3 jam cukup utk check in di KLIA, asal tdk kemana-mana dl.

  11. Siang Pak Budi,

    Mohon infonya jika anak ingin ke Thailand, berangkat dari Bandung via Air Asia pk 11.50 mendarat pk 14.55 di terminal KLIA2…….kemudian lanjut lagi dengan Malaysian Air (MH) ke Thailand pk 18.05 – 19.15 kira-kira waktu dari KLIA2 ke KLIA mulai urus imigrasi dan bagasi sampai boarding cukup tidak ya dengan waktu sekitar 3 jam ? karena untuk check in pesawat ke luar negeri biasa diperlukan waktu 2 jam….

    Saya tunggu infonya, terima kasih…..(Lie Suyanto, Bandung)

  12. #Dimas: paling lambat jam 6 sore

  13. #Adrian: sebagian sdh saaya tulis di: https://budisulis.wordpress.com/2011/12/01/transportasi-hemat-darike-bandara-kuala-lumpur/

  14. pak Budi saya mau bertanya nih, kalau pesawat saya flight dari KL ke Indonesia jam 9 malam, sebaiknya saya kereta api jam berapa dari KL Sentral kalau saya mengikuti tips bapak menggunakan KLIA Transit ke Putrajaya lalu lanjut ke KLIA2 ? Mohon Bantuannyaa Pak Soalnyaa saya ke Kuala Lumpur pagi harinyaa dan malam nya sudah balik ke indonesia lagi.. Terima Kasih🙂

  15. pak budi tgl 20 oktbr 2014 sy ada rencana mau ke kuala lumpur .rencana,mau nginep di bukit bintang.mohon tipsnya pak dari kla2 ke BB agar hemat dan praktis mengingan sy bawa balita & anak.tks

  16. #Eka K: dari BTS ke KLIA2 perjalanan naik bus sekitar 1 jam. Sudah coba lihat di http://www.easybook.com/ atau di: http://www.busonlineticket.com/ Siapa tahu masih bisa dapat bus ke KLIA/KLIA2?

  17. Kalau dari BTS ke KLIA2 berapa lama masa tempuhnya pak? Ini mau pesan bis dari Melaka ke KLI2. Yang direct sudah penuh, sisa bis Delima ke BTS saja. Ini mau arrange perjalanan biar pas atur waktunya. Mohon pencerahannya pak. Terima kasih banyak

  18. terimakasih pak infonya, wah dapat cara hemat untuk pp klia2-kl sentral nih…nuhun pak

  19. #Chaity: Suami dan anak anda naik KLIA Express/Transit dr KLIA2 ke KLIA, anda tinggal tunggu di stasion KLIA, kemudian bareng-bareng ke KL Sentral. KLIA Express sekarang rutenya ditambah sampai KLIA2 dg tarif RM2/org. Kalau dari KLIA2 atau KLIA ke KL Sentral tarifnya tetap RM 35/org.

  20. Pak Budi, mohon pencerahannya karena saya baru akan ke luar negeri untuk pertama kali nanti akhir September 2014. Saya, suami dan anak batita akan berangkat ke Malaysia dengan dua penerbangan berbeda. Saya mendarat di KLIA sedangkan suami dan anak di KLIA 2 dengan waktu kedatangan tidak jauh berbeda. Apakah bapak bisa menyarankan transportasi untuk kami bertiga bersama-sama menuju KL Sentral? Karena saya kurang yakin apakah saya bisa join dengan mereka di skybus atau aero bus atau sebaliknya mereka join saya di airport coach KLIA? Terima kasih banyak atas saran bapak….

  21. Pak mushollin, kebetulan saya tdk pulkam dan akan bertebaran di KL. Kalau perlu bantuan antar jemput airport, hotel dan keliling KL boleh kontak saya di +60149306824.

  22. Pak Budi, mohon bantuannya diberikan itenary yg pas buat kami sekeluarga (saya, istri dan 2 orang anak; 11th dan 7 th), baru perta melakukan perjalanan ke Malaysia, tiket peswat kami Air Asia tgl. 30 Juli 2014, jam brgkat dri Surabaya jam 9 pagi tiba di KLIA2 jadwal jam 12 lebih, dan insyaAllah balik nya tanggal 4 Agustus 2014 jam 8 malam.
    Mohon bantuannya diberikan solusi tempat wisata mana aja yg sebaiknya bisa kami kunjungi, atas bantuan dan supportnya kami sampaikan terima kasih.
    Salam,
    Mushollin

  23. Baik Pak Budi Sulis, terima kasih banyak infonya, untuk ongkos taxi dari KL sentral menuju hotel Citrus kira kira harga berapa?

    Thanks

  24. #Mushollin: dari KLIA2 naik Skybus AirAsia ke KL Sentral, dari KL Sentral bisa naik KTM Komuter turun di stasion Putra sambung jalan kaki sekutra 15 menit ke Citrus hotel. Kalau gak mau repot naik taxi aja dr KL Sentral.

  25. #Handy: silakan lihat di: http://www.easibook.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: