Oleh: budisulis | 15 November, 2017

Rencanakan Traveling Kamu dengan Cerdas dan Mudah

Hai sahabat traveler, maaf sudah terlalu lama sekali saya tidak mengisi blog ini dengan artikel-artikel terbaru. Kesibukan pekerjaan dan seabreg aktivitas selama ini membuat saya terlena dan lupa untuk meneruskan apa yang telah dirintis selama ini. Walaupun begitu, ditengah segala kegiatan yang menyita waktu dan pikiran tersebut, satu hal yang tidak pernah saya lewatkan adalah… Traveling! Ya walaupun saya sudah lama tidak membuat artikel terkait traveling atau merevisi buku-buku seri Budget Traveling, tetapi kegiatan traveling sendiri jalan terus, meskipun akhirnya kadang cuma sekali dalam setahun.

Traveling bagi saya sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa diabaikan begitu saja, istilahnya traveling sudah menjadi life style. Rasanya kalau tidak melakukan traveling, seperti ada yang kurang, walaupun akhirnya kadang cuma jalan-jalan ke negara jiran yang bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam dari kota Bandung, dan bahkan sudah berkali-kali dikunjungi, namun uniknya setiap melakukan traveling selalu ada pengalaman dan sensasi yang berbeda. Traveling bagi saya seperti menjadi proses Detox, yang menghilangkan segala racun kepenatan di tempat kerja, keruwetan pikiran dan segala permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan traveling seolah-olah semuanya seperti hilang atau terlupakan, walaupun pada saat kembali masalah-masalah itu tentunya masih tetap ada, tapi saya seperti memiliki energi baru untuk menghadapi itu semua, lebih bersemangat untuk menyelesaikan semua permasalahan dan punya gairah untuk merencanakan traveling selanjutnya…haha!

Mungkin kamu berpikir, wah kalau begitu uangnya harus banyak dong jalan-jalan terus, ke luar negeri lagi. Betulkah begitu? Ya tidak begitu juga sih. Yang jelas kamu harus punya dana untuk membeli tiket pesawat, penginapan, transport lokal, tiket ke tempat atraksi dan makan-minum selama perjalanan di negara yang kamu kunjungi, tapi semua itu bisa diatur, istilahnya kamu bisa menyusun rencana perjalanan jauh hari  sebelum tiba hari-H, sehingga biaya pun bisa direncanakan secara bertahap (kamu harus menabung tentunya) dan tentu ada strategi-strategi yang harus kamu gunakan untuk mewujudkan itu semua.

Dulu saya selalu melakukan traveling sesuai dengan jadwal cuti kerja atau liburan sekolah dan liburan nasional, sehingga jauh-jauh hari saya membeli tiket dan memesan hotel sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, walaupun kadang akhirnya biayanya jadi mahal juga, karena airline dan hotel sering menaikkan harga pada saat-saat seperti itu. Nah agar kamu bisa menghemat biaya traveling, cara traveling saya seperti itu perlu dirubah, sekarang justru jadwal kamulah yang harus menyesuaikan dengan jadwal pada saat harga tiket pesawat dan hotel  termurah! Jadi dimana ada tiket murah ya kamu pergi ke tempat yang dituju. Memang seringkali jadwal tiket pesawat dan hotel termurah tersebut jatuh di luar hari-hari besar/liburan, tapi kadangkala ada juga airline menawarkan harga tiket promo di waktu yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Mungkin sebagian kamu tidak setuju dengan cara seperti ini, tapi tidak ada salahnya kamu coba untuk mendapatkan alternatif traveling dengan bujet yang sesuai, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang berlebihan, utamanya bila bujet kamu terbatas.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan, hindari traveling pada saat peak season atau waktu liburan nasional, karena harga pesawat dan hotel pada saat-saat ini pasti lebih mahal dibanding waktu biasanya. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, komponen biaya untuk melakukan traveling ke luar negeri terdiri dari biaya: Tiket pesawat, penginapan, transportasi lokal (seperti bus, kereta, taxi), konsumsi, tiket tempat atraksi, biaya komunikasi dan belanja. Di luar komponen biaya terakhir, secara umum prosentase biaya-biaya tersebut adalah sebagai berikut (saya ambil contoh perjalanan ke KL selama 3 hari 2 malam dari Jakarta/Bandung).

  • Tiket                           42%
  • Hotel                          21%
  • Transport lokal            8%
  • Makan                        10%
  • Atraksi                        13%
  • Komunikasi                 6%

Terlihat bahwa biaya untuk tiket pesawat bisa menghabiskan hampir setengah biaya traveling kamu dan ditambah dengan biaya hotel porsinya bahkan menjadi  63% dari budget total kamu! Ini artinya, andaikan kamu menggunakan prinsip Pareto, dengan mengurangi biaya tiket pesawat (sebagai komponen biaya terbesar) kamu bisa menurunkan biaya traveling total secara signifikan. Tetapi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya mencari tiket  yang hemat tersebut, terutama dengan banyaknya airline, rute, jadwal dan harga tiket penerbangan yang sangat cepat berubah dibanding harga hotel yang relatif lebih stabil? Apalagi dengan semakin banyaknya situs pemesanan tiket dan hotel yang menjanjikan berbagai fasilitas dan tawaran harga yang menarik, pastinya kamu akan dipusingkan dengan membanding-bandingkan harga dari berbagai situs tersebut bukan? Nah makanya hal berikutnya yang harus kamu perhatikan, ini yang paling penting,  kamu harus tepat memilih situs penyedia tiket yang paling hemat. Memang ada ya?

Setelah sekian lama saya menggunakan berbagai situs yang ada, baik lokal maupun luar, menilai, membandingkan dan berkali-kali memesan tiket melalui situs tersebut, akhirnya saya menjatuhkan pilihan utama saya pada Traveloka sebagai situs penyedia tiket penerbangan dan hotel yang paling tepat. Kenapa harus Traveloka? Terus terang, saya memiliki beberapa alasan kenapa pada akhirnya selalu menggunakan Traveloka, begitu pula seharusnya kamu, yaitu:

  1. Jujur, artinya Traveloka transparan dalam menampilkan semua biaya termasuk pajak-pajak, sehingga harga yang ditampilkan adalah harga akhir yang harus dibayar, tanpa ada tambahan biaya yang disembunyikan. Hal ini tentunya menimbulkan kepastian pada perencanaan traveling kamu.
  2. Traveloka menampilkan harga termurah pada setiap tanggal yang disajikan dalam format kalendar bulanan( Best Price Finder). Hal ini pastinya memudahkan kamu untuk memilih di tanggal-tanggal dengan harga tiket yang termurah, sehingga kamu leluasa menentukan harga tiket yang sesuai dengan bujet dan jadwal yang diinginkan.
  3. Traveloka menyajikan fasilitas peringatan harga (Price Alert), dimana jika ada perubahan harga tiket di rute yang kamu rencanakan, sistem akan memberikan peringatan dan mengirim notifikasi melalui aplikasi atau ke email kamu.
  4. Traveloka memberikan fasilitas pembatalan pembelian tiket secara otomatis dan praktis tanpa perlu menghubungi operator, dengan garansi pengembalian dalam 30 hari (30 days refund guarantee) dan juga fasilitas perubahan jadwal secara mudah (Easy Reschedule).
  5. Setiap penerbangan yang sudah kamu pesan akan selalu diingatkan jadwalnya melalui aplikasi atau notifikasi di smartphone kamu sehari sebelum jadwal penerbangan (Flight Reminder).
  6. Setiap melakukan transaksi pembelian tiket atau voucher hotel kamu akan mendapatkan poin yang dapat digunakan atau ditukarkan sebagai potongan harga pada pembelian di Traveloka berikutnya.
  7. Traveloka juga selalu memiliki program promo baik untuk pembelian tiket ataupun hotel dan rekreasi. Nah dengan adanya program promo ini kamu bisa menjadwalkan traveling sesuai dengan jadwal promo yang tengah diadakan.

Masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan di situs resmi Traveloka atau aplikasi smartphone kamu. Dan dengan segala keunggulan tersebut, kamu pasti jatuh hati dengan Traveloka. Cobalah sendiri, seperti halnya saya dan beribu-ribu orang lain sudah membuktikannya sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Happy Traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: