Oleh: budisulis | 15 Agustus, 2012

Mengurus Visa Korea Mudah dan Tidak Ribet

Sahabat Budget –Traveler, sudah lama juga saya tidak menulis di blog ini, ya? Mohon maaf karena kesibukan pekerjaan, sehingga sekarang ini saya baru akan memulai tulisan-tulisan seri Budget Traveling berikutnya, yaitu ke Budget Traveling: SEOUL.
Ya SEOUL, ibu kota negara Korea Selatan yang terkenal dengan berbagai produknya, mulai dari Otomotif, Elektronik, Film, Makanan, Minuman, Obat-obatan, Olahraga, Fashion dan masih banyak lagi. Mungkin ada yang bertanya kenapa Seoul? Bukankah di toko buku sekarang ini sudah banyak buku-buku perjalanan tentang Seoul dan Korea Selatan?
Betul, ternyata penerbitan buku Budget Traveling: Singapore seri awal (yang best seller sampai saat ini) memberikan dampak yang luar biasa dalam menumbuhkan buku-buku seri perjalanan sejenis, hingga sekarang ini sudah banyak kota dan negara yang ditulis dengan gaya dan format yang mirip buku seri Budget Traveling, termasuk kota Seoul dan negara Korea Selatan. Namun saya berpendapat, semakin banyak buku seri perjalanan yang ditulis, semakin bagus untuk menambah wawasan kita. Dan walaupun buku tentang Seoul atau Korea Selatan sudah banyak, tetapi saya yakin buku Budget Traveling: Seoul akan memberikan informasi yang berbeda dan pastinya akan lebih lengkap!

Baiklah untuk seri pembuka tulisan baru di blog ini, saya akan menceritakan tentang mudahnya mengurus visa ke Korea, yang saya alami beberapa waktu yang lalu.
Mengurus visa wisata ke Korea tidak sesulit dan serumit yang banyak diceritakan di beberapa web. Persyaratan cukup mengikuti apa yang tertera di web Kedutaan Besar Korea, yitu: http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp
Persyaratan umum visa Korea adalah (teks yang tertulis miring adalah tambahan dari saya):
A. Aplikasi Dokumen
1. Persyaratan Umum
• Formulir Aplikasi Permohonan Visa (download di): http://www.mofat.go.kr/english/visa/images/res/visakorean.pdf
• Foto Berwarna 1 lembar (4×6 cm), langsung ditempel pada formulir aplikasi
• Paspor asli dan fotokopi (halaman identitas dan visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
• Biaya Pembuatan Visa
o Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 285.000,-
o Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 475.000,-
o Multiple Visa (Berlaku untuk 3 tahun) : Rp. 760.000,-
o Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 570.000,-
o Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

B. Pendaftaran dan Pengambilan Visa
• Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~12.00
• Pengambilan Visa : 13.30~16.30
• Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja ( Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan, atau jika pejabat yang menandatangani visa sedang berhalangan – kemarin visa saya selesai 10 hari, karena pejabatnya sedang pulang ke Korea.
• Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam.

C. Persyaratan Dokumen Kelengkapan Pembuatan Visa
(Visa Korea dibagi menjadi beberapa jenis, namun yang saya cantumkan disini ini adalah visa Wisata perorangan dan keluarga).
• Fotocopi Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan (Jika Wisata bersama keluarga)
• Surat Asli Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja – Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan (Perorangan dan Kepala Keluarga)
• Surat Asli Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
• Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
• Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
• Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
• Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank (Tidak ada minimal saldo)
• Surat keterangan dan copy kartu membership golf
• Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
• Surat keterangan pemegang program jamsostek
• Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.
• Untuk menambah informasi sertakan print-out tiket elektronik penerbangan ke Seoul (PP) dan copy voucher tempat kita menginap di Seoul.
• Pada pengajuan ini saya memberikan: 1. Form aplikasi dan foto, copy kartu keluarga (karena saya pergi sekeluarga), surat keterangan kerja dari kantor (asli), paspor asli dan copy paspor yg ada cap imigrasinya, surat asli keterangan pelajar anak saya dari sekolahnya, copy PBB, copy slip gaji, e-ticket pesawat ke Seoul dan voucher hostel Seoul. Saya tidak menyertakan copy buku tabungan atau surat referensi bank dan juga tanpa Asuransi Perjalanan!

Keterangan:
• Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
• Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
• Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
• Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

Alamat Kedutaan Besar Korea:
The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat.
Proses Pengajuan:
1. Setelah mengisi formulir aplikasi visa, jangan lupa untuk menempelkan pas foto berwarna seukuran kotak yang tersedia di formulir (kurang lebih ukuran 4×6).
2. Lengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan.
3. Gedung kedutaan terletak di The Plaza, untuk mencapai tempat pengurusan visa di lt. 30 kita harus mendaftar di konter security lantai dasar untuk memperoleh kartu pass. Kartu ini digunakan untuk melewati gate ke lift dan ingat sebelum masuk lift kartu ini harus di tap di pembaca khusus yang terletak di pojok sebelah kiri. Jika tidak, kita tidak bisa mencapai lantai 30, tempat pengurusan visa.
4. Setelah sampai di lantai 30, ambil nomor antrian di pintu masuk. Tunggu hingga nomor antrian kita dipanggil ke loket penerimaan berkas pengurusan visa.
5. Jika dokumen dan paspor lengkap, kita akan diberikan nota penerimaan berkas sekaligus bukti pembayaran pengurusan visa. Setelah itu pulang.
6. Perhatikan tanggal untuk pengambilan paspor yang sudah selesai diproses.
7. Sesuai dengan tanggal yang diberikan, paspor yang sudah diberi visa pun akhirnya selesai diproses. Alhamdulillah lancar, walaupun memakan waktu cukup lama.

Jadi jangan takut untuk mengurus sendiri, selain lebih murah dan tidak ribet seperti kalau dengan travel yang kadang harus mensyaratkan copy buku tabungan dengan saldo sekian puluh juta rupiah.

Iklan

Responses

  1. oh jadi kalo soal kerja kita harus menghubungi ke dubes langsung kalo soal jadi trinee d agensi di korea juga kita harus ke dubes’a ?

  2. #Mardhiatul K: biasanya utk pengajuan beasiswa, surat rekomendasi itu surat dukungan dr profesor universitas tempat kita akan sekolah, bukan visa!

  3. Pak saya ingin bertanya mengenai persyaratan beasiswa ke korea, tertera harus mendapatkan surat rekomendasi dan harus disertakan dalam pengiriman berkas, apakah surat rekomendasi tersebut itu yang dinamakan visa atau bagaiamana? mohon petunjuknya.

  4. #Anjani: maaf kalau untuk kerja, silakan hubungi kedubesnya langsung.

  5. oh iya pak kalo tujuan ke korea itu untuk kerja gimana cara’a saya masih bingung

  6. #agus cokro: kan bisa milih persyaratan lain, selain rekening bank

  7. saya agus mas…saya mau wisata k korea.tapi saya gak punya rekening bank sebagai persyaratan rekening bank..apa boleh saya lampirkan saja bukti kuangan keluarga mas..??

  8. salam kenal…pak misalnya kita mau apply visa dan wisata dgn istri,istri bekerja,..sdgkan saya usaha sendiri di pasar tradisional..bagaimana bagusnya…sdgkan saya tdk punya sponsor perusahaan disini.dalam hal spt dan npwp?apakah cukup jika istri saja yg menyertakan spt.sdgkan rek koran pakai punya saya

  9. kalau tidak menyertakan e ticket bisa ga? karna saya mau beli tiket kalau sudah approve visa.Thank you

  10. Oh iya mas 1 lagi. Maaf tadi terlewat.
    Jika seperti penjelasan mas tadi, berarti jika saya akan melampiran fotokopi buku tabungan, saya pakai rekening tabungan saya sendiri? Atau bisa saja pakai yg ortu?

  11. Jadi status di pasport dan KTP tidak masalah yaa klo masih mahasiswa klo nyatanya sekarang saya sudah bekerja? Soalnya saya takut seperti pas pembuatan pasport, katanya status di KTP yg menentukan status di pasport jd tidak usah pakai surat rekomendasi dr kantor.

  12. #dina: kl udah kerja ya masukin surat keterangan dr tempat kerja aja

  13. #midya: kalo udah gak jd mahasiswa lg, berarti gak perlu surat keterangan sekolah, dan kl blm kerja berarti gak perlu surat keterangan dr tempat kerja.

  14. Mas, saya mau bertanya. Bagaimana persyaratan untuk saya yg sekarang baru bekerja, tetapi di pasport dan KTP status saya masih mahasiswa? Saya bingung mas.
    Terima kasih. Mohon dibantu 🙂

  15. Halo, saya mau bertanya,. Saya akan ke Korea bersama keluarga, namun posisi saya adalah mahasiswa yang sudah lulus namun belum bekerja. Apa yang harus disiapkan untuk apply visa ya? Terima kasih.

  16. #rinichoy: kl utk wisata syaratnya sama, kalau diluar itu ada tambahan. Coba lihat di persyaratan.

  17. suami saya dr korea rencana plg indona bln 6 ini &saya mau ikut kekorea , aoa syaratnya sama atau apa lg yg perlu dibawa klo mau urus visa

  18. #indi: gak ah, ngurusnya lewat travel? Kalau ya, travel itu yg minta.

  19. #vina: pengalaman orang lain dg saldo sedikit, dibawah 2 jt gak apa apa

  20. #kmchaujin: wah kalo itu gak tahu jg ya? Coba dulu dg persyaratan yg ada

  21. Pak klo sya ga krja klo sya ga sklh,tpi di ktp paspor kk krjaan sya wiraswta,, trus ktrngn ya aku harus gmna

  22. Sya mo ngrusin visa ke korea,, ktp saya wiraswasta smua wirawsta,, tpi sya krja drmh sndri buka rntaln plystaiton,, aku hrus gmn kta orng klo ktp sya wiraswsta,harus mnta ijn krja,, tpi sya harus gmna pak,smua prsyrtan lenkpk,

  23. om, klo kita sudah bekerja boleh pakai rekening tabungan ortu? diatas tertulis tidak ada minimum saldo, tapi klo saldo kita sedikit apakah bisa di approve visanya? terima kasih.

  24. Om kata temen ku kalo status karyawan syaratnya tabungan harus ada 35jt an ? Apa iya kmrn dy baru buat visa untuk ke korea

  25. […] am taken the above information from “https://budisulis.wordpress.com/2012/08/15/mengurus-visa-korea-mudah-dan-tidak-ribet/”. Based on my experience, I try to fulfill all the requirement and document needed, such as tax […]

  26. #widitha: untuk beberapa negara mungkin spt itu, tp pd umumnya si kita beli tiket dulu, sekalian bisa kita lampirkan di permohonan utk memperkuat persetujuan visa kt. Apalagi airline kan banyak memberikan program promo yg belum tentu ada setiap saat.

  27. saya baca di beberapa buku panduan wisata dan blog banyak yg menyarankan untuk bikin visa dulu baru beli tiket pesawat, untuk mengantisipasi visa kalo2 tidak keluar, apa benar begitu pak? terimakasih 🙂

  28. #ardiani: bisa saja.

  29. gak menyertakan copy buku tabungan n surat referensi bank??? diterima visanya pak??

  30. #andra: bisa pakai punya ortu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: