Oleh: budisulis | 26 Desember, 2011

“MAMAK”, RESTORAN KHAS MALAYSIA BUKA 24 JAM

Mamak awalnya hanya sebuah tempat makan di udara terbuka yang dijalankan oleh seorang muslim keturunan India (Tamil Muslim), biasanya di trotoar, pinggir jalan atau tempat-tempat parkir. Mamak sendiri artinya adalah Paman dalam bahasa Tamil, sebuah panggilan umum kepada orang yang lebih tua. Namun sekarang ini Mamak lebih dikenal sebagai tempat makan atau tempat jualan yang dikelola oleh Tamil Muslim dan hanya menyajikan makanan halal serta buka 24 jam sehari sepanjang tahun, kecuali Idul Fitri dan Idul Adha.
Mamak menjadi tempat favorit untuk berkumpul sambil menikmati hidangan khas Malaysia (India) karena harga makanan dan minuman yang dijual sangat murah dan terjangkau semua orang. Orang-orang dengan berbagai macam profesi berkumpul di Mamak sambil nonton pertandingan sepak bola bersama-sama ditemani secangkir teh tarik atau susu panas dan sepiring roti canai hingga pagi hari.

Saat ini Mamak sudah mulai menyesuaian dengan perkembangan jaman, seperti tersedianya TV LCD atau Proyektor LCD dengan layanan TV satelit dan juga jaringan WiFi gratis untuk berselancar di dunia maya dengan leluasa. Walaupun begitu ciri-ciri khas Mamak sebagai tempat terbuka tetap dipertahankan, diantaranya dengan menyediakan kursi dan meja di halaman terbuka dan aneka makanan khas Mamak dengan harga yang tetap murah meriah.
Mamak sempat dikritik sebagai tempat makan yang tidak sehat, karena menyajikan makanan yang berlemak dan minuman yang bergula. Namun jumlah pengunjung Mamak tetap tidak berkurang, bahkan cenderung semakin naik seiiring dengan makin populernya tempat ini sebagai tempat berkumpul yang tidak mengenal sekat-sekat sosial.
Makanan dan minuman yang disajikan di Mamak pada umumnya berbagai aneka nasi, seperti nasi lemak, nasi goreng, nasi briyani, juga mie dan roti, seperti mie goreng, roti canai, roti telur dan telur rebus. Sedangkan minuman utama yang disajikan adalah Teh Tarik dan susu coklat.


Responses

  1. itu yang dekat nu sentral katanya udah tutup ??? … pindah kemana ya ??? ..

  2. #Dinni: Warung Mamak yang di foto lokasinya di KL Sentral, tepat di bawah stasion Monorail KL Sentral. Di bukit bintang ada beberapa, tp nyatu sama konter lainnya. Selamat mencoba.

  3. pak yang bapak foto ini yg di jln apa, rasanya familiar deh sering liat pas ke KL tapi lupa dimana saja. di bukit bintang ad anggak sih pak ? worth to try, minggu depan saya mampir KL sebelum ke HK

  4. #Nia: Di dekat pintu keluar stasion LRT Masjid Jamek ada restoran mirip Mamak, hanya sy gak yakin apakah itu real mamak spt biasanya, krn skrg ini banyak restoran mirip mamak hanya gak buka 24 jam dan letaknya jg di ruko.

  5. pak sulis maaf mo nanya lagi di daerah mesjid jamek ada ngak restoran mamak ini,terletak di jalan apakah,makasih.

  6. #Nur Fajar: Mamak ada di hampir semua sudut kota. Di Petaling, sptnya ada, tp gak di jalan petalingnya, di pasar seni.

  7. Mamak ini ada di jlan apa ya pak kalau di malaysia??
    daerah petaling street ad ga yaa??
    krn sya rencanax mw nginap di chinatown ..

  8. #Delia: Mamak kalau di Singapore namanya restoran biasa aja, hanya buka 24 jam. Contohnya di Bugis area (Bencoolen street, seberang Ibis hotel) atau paling banyak di sekitar Mustafa Centre.

  9. apakah restoran mamak juga ada di singapore? kalo ada didaerah mana? sekitar orchard road ada gak ya? harapa info. trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: