Oleh: budisulis | 1 Desember, 2011

TRANSPORTASI HEMAT DARI/KE BANDARA KUALA LUMPUR

Kuala Lumpur memiliki 2 bandara internasional, yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Low Cost Carrier Terminal (Terminal LCC). KLIA berjarak sekitar 50 km dari kota Kuala Lumpur, sedangkan Terminal LCC berjarak sekitar 60 km dari Kuala Lumpur. Bandara KLIA digunakan oleh hampir seluruh penerbangan domestik maupun internasional, sedangkan Terminal LCC hanya digunakan oleh tiga maskapai penerbangan bujet, yaitu Air Asia, Tiger Airways (Singapura) dan Cebu Pacific (Manila).

Transportasi dari bandara ke Kota Lumpur dan sebaliknya memiliki banyak pilihan, diantaranya:
1. Airport Coach KLIA
Yaitu angkutan bus yang menghubungkan bandara KLIA dengan stasion KL Sentral. Perjalanan menempuh waktu sekitar 1 jam dengan harga tiket sekali jalan RM10 per orang dewasa dan RM6 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli di Terminal bus KLIA Ground Floor, Blok C dan di Terminal kedatangan internasional KLIA (Lantai 3) atau di stasion KL Sentral. Bus KLIA beroperasi mulai dari pagi hingga malam.
2. Kereta KLIA Express dan KLIA Transit merupakan transportasi yang paling cepat dan nyaman menuju kota ataupun menuju bandara KLIA. KLIA Express beroperasi dari KLIA menuju stasion KL Sentral tanpa henti dengan tarif 35 ringgit per penumpang. Sedangkan KLIA Transit dengan rute yang sama berhenti di 3 stasion, sebelum tiba di KLIA atau Stasion KL Sentral. KLIA Express dan KLIA Transit beroperasi mulai dari jam 5 pagi hingga jam 12 malam. KLIA Express juga memberikan layanan Check-in termasuk bagasi di Stasion KL Sentral, khusus bagi penumpang Malaysian Airline, Emirates dan Cathay Pacific.
3. Minibus. Dengan kapasitas sekitar 7 tempat duduk, mobil minibus ini menerapkan tarif sekitar RM120-RM140 dari bandara ke kota atau sebaliknya. Penyewaan minibus terdapat di loket pintu keluar bandara atau bisa juga dipesan melalui telepon atau internet. Minibus beroperasi 24 jam atau tergantung perjanjian.

Transportasi Terminal LCC Kuala Lumpur
Seperti halnya bandara KLIA, terdapat beberapa alternatif transportasi dari Bandara Terminal LCC menuju kota Kuala Lumpur dan sebaliknya, yaitu:
1. Skybus AirAsia dan Aerobus. Kedua perusahaan bus ini menawarkan perjalanan langsung dari Bandara Terminal LCC menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya dengan harga yang murah. Skybus beroperasi setiap 30 menit sekali mulai dari jam 3 pagi (dari KL Sentral) hingga malam hari. Dengan waktu tempuh perjalanan selama 75 menit, Skybus menetapkan tarif sekali jalan bagi penumpang dewasa sebesar RM9 dan anak-anak (usia 3-12 tahun) sebesar RM4.
Sedangkan Aerobus menetapkan tarif dewasa sekali jalan adalah RM8 dan anak-anak RM4, untuk perjalanan pergi pulang tarif dewasa sebesar RM14 dan anak-anak RM8. Pembelian tiket kedua bus ini dapat dilakukan langsung di loket yang tersedia di pintu keluar bandara atau langsung di atas bus dan dapat juga melalui online.

2. Saat ini belum ada kereta langsung dari KL Sentral menuju Bandara Terminal LCC, penumpang dapat menggunakan KLIA Transit, yaitu kombinasi menggunakan KLIA Transit dan Bus. Bus akan mengantar penumpang dari Terminal LCC ke stasion kereta Salak Tinggi dan sebaliknya, kemudian disambung dengan kereta KLIA Transit menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya. Dengan harga RM12.50 per orang sekali jalan, transportasi ini layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan transportasi yang relatif murah dan lebih cepat dibanding menggunakan bus. Pembelian tiket dapat dilakukan di atas bus atau di Stasion KL Transit di KL Sentral

Iklan

Responses

  1. #Yoon: dr lcct naik skybus ke KL Sentral (10 ringgit), sambung naik kereta KTM ke stasion Shah Alam.

  2. halo pak budi,sy mau tny kl dr LCCT ke Johor bahru naek bus brp lama ya?sy smp di LCCT jam 6 sore.trs bus apa yg hrs sy tumpangi ke JB?

  3. halo pak ^^ saya mau nanya kalau dari LCC Terminal ke Stadium Malawati, Shah Alam , transportasi murah yang bisa di pake apa ya pak? kira2 estimasi biaya nya berapa?, terima kasih

  4. #Lili: yg hemat naik bus atau kalau lagi ada promo, naik airasia aja ke sing. Untuk bus lihat di easibook.com

  5. pak.. kalo mau ke singapura dr KL gmn caranya yg hemat?
    rencana mau langsung melanjut perjalanan ke singapura setibanya ke KL..
    saya sampe ke LCCT skitar jam 20.20 PM

  6. #Eri: waktunya cukup, harap perhatikan waktu tempuh dr kl ke lcct-nya. Tiger di terminal lcft jg, sm dg airasia.

  7. salam kenal, pak Budi… saya telah beli tiket airplane Tiger Airways tanggal 9 jam 3 sore dari Jakarta ke KL. Lalu tanggal 10 jam 5 sore breangkat dari KL ke Penang naik Air Asia. Lalu tanggal 12 jam 7 pagi dari Penang kembali ke KL naik Air Asia, lanjut langsung jam 11 pagi hari itu juga dari KL balik ke Jakarta naik Tiger Airways. Mohon masukan apakah perjalanan ini cukup waktu karena jadwal yang padat. apakah Air Asia lokasi bandaranya sama dengan Tiger Airways yang saya naiki?
    Saya menginap semalam tanggal 9 rencana di hotel Radius. Sedangkan di Penang saya mau berobat di Island Hospital.

  8. #Aida: Dekat, jalan kaki sktr 800 mtr

  9. mau tanya kalau tune hotel dari lcc apa kah dekat dan bisa dicapai dengan jalan kaki?

  10. #Fifi: lebih murah naik skybus/aerobus dr Lcct ke KL Sentral sambung bus atau LRT, atau sewa van dr kl sentral ke raja laut. Kl sewa dr lcct kena sktr 130 ringgit. Ke genting naik bus genting exprees dr KL sentral.

  11. Halo pak,mau tanya kalo saya berangkat 3 org dewasa dan 4 anak” dari LCT mau ke hotel quality(jalan raja laut) kira” naik apa yah, kalo sewa minibus kira” harga berapa yah? Lalu kesokan harinya saya mau ke genting highland, lebih enak naik apa ya, mohon petunjuknya pak

  12. #Irma: wah repot, ganti2 bus, naik kereta aja dr kl sentral.

  13. P.Budi,
    Kalau dari Bukit Bintang mau ke Batu Caves naik bus dari mana pak??

  14. pak budi tlg sy diberi rekomendasi rute liburan yg hemat,sy 6 hari di KL..jg yg nyaman bagi baby..tq

  15. #Lili: kalau jalan kejauhan, naik taxi sktr 10-15 ringgit

  16. kalau saya jalan dari KL Sentral, apakah jauh? murah ga kalau saya naik taxi saja?

    ________________________________

  17. #Irna: silakan lihat di http://www.easibook.com

  18. P.Budi,
    dari Kualalumpur (saya menginap di bukit bintang) kalau mau ke Johor Bahru (naik bus), saya musti naik dari stasiun mana yaa…
    trima kasih

  19. #Lili: bus sampai jam 12 malam masih ada. Bus cm smp stasion KL Sentral, sambung monorail ke bukit bintang.

  20. pak budi, sy mau tny.. kalo sya dtg ke LCC skitar jam 8.40PM, skybus/aerobus nya masih beroperasi ga ya?saya tinngl ddaerah bukit bintang, ada lewat ksna ga ya? lebih enak skybus/aerobus pak kalo saya pergi dg keluarga? thans pak jwbnnya

  21. #Tommy: coba lihat http://www.easibook.com, silakan pilih yg sesuai kondisi.

  22. pak budi..

    saya sampai di KL jam 8 malam..

    apa lebih bagus saya naik bus yg langsung ke singapur ato sing via JB?
    klo bagus via JB, apakah ada bus yg dari LCTT langsng ke JB
    trus klo ada, apa ada bus yg jalan ke singapura dr JB pada tengah malam?…

    thanks

  23. #Gracia: gak perlu ke KLIA, ke nova gak terlalu dekat sih.

  24. #Lily: dr LCCT naik skybus ke KL Sentral, sambung monorail, per org total sktr 13 ringgit. Kalo sewa van sktr 120 ringgit.

  25. *cukup

  26. Brrti g perlu k KLIA dl y pak..cuk jauh g dr pemberhentian k hotel nova?

  27. halo pak budi,kami bln depan berencana ke KL,total 6 orang( 3 dewasa,3 anak),dari lcct ke jln alor sebaiknya sy naik bus apa? atau sewa minibus/taxi?selisih brp?

  28. Terima kasih mas Budi :)…salam kenal

  29. #Gracia: dr LCCT ada bus Star Shuttle ke terminal Puduraya, sambung jalan kaki atau naik taxi

  30. #Senja: naik bus dulu ke KL Sentral sambung bus Rapid KL, nomor busnya gak hapal, coba cari di situsnya rapid KL


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: