Oleh: budisulis | 1 Desember, 2011

MUSEUM SENI ISLAMI KUALA LUMPUR

Pada saat melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Museum Seni Islami Kuala Lumpur atau atau Islamic Arts Museum yang terletak di sebelah komplek Masjid Negara dan dekat Taman Tasik Perdana. Museum Seni Islami ini dibangun pada tahun 1998, dan hingga saat ini museum ini merupakan museum seni Islami terbesar di Asia Tenggara. Bangunan museum berlantai 4, berdiri di atas lahan seluas 3 hektar. Bangunan museum didisain dengan ornamen dan hiasan yang mencerminkan kemegahan seni Islami yang telah berkembang sejak abad ke 7 Masehi.


Museum Seni Islami memiliki 12 jenis galeri dengan lebih dari 7000 artefak dan aneka koleksi bernuansa islami dari seluruh penjuru dunia. Galeri-galeri ini terletak di dua lantai utama yang tidak tersekat dinding ataupun pemisah, sehingga kita dengan mudah dapat berpindah dari satu galeri ke galeri lainnya. Galeri-galeri yang secara permanen memamerkan koleksi-koleksinya adalah galeri Arsitektur Islam, Galeri Qur’an dan Manuskrip, Galeri India, Galeri Cina dan Galeri Melayu yang semuanya terletak di lantai 3.
Sedangkan di lantai 4 terdapat galeri Kerajinan Gelas dan Keramik, Galeri Aneka Bahan Metal, Karya Ukir dan Seni Kayu, Galeri Aneka Senjata, Galeri Perhiasan dan Kriya Tekstil.
Galeri Arsitektur menampilkan miniatur dan maket bangunan-bangunan Islam yang bersejarah, terutama masjid-masjid yang terkenal di seluruh dunia, seperti Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, Kubah Batu di Jerussalem, Istana Taj Mahal di India, Masjid Agung Umayyah di Siria dan masih banyak lagi.

Koleksi Al Qur’an tertua yang dimiliki museum ini adalah buatan tulisan tangan pada abad ke-8 yang disimpan di tempat khusus. Koleksi-koleksi Al Qur’an yang dipamerkan di museum ini berasal dari berbagai negara seperti Iran, Turki, Siria dan Malaysia.

Di Museum ini juga ditampilkan aneka senjata yang digunakan pada masa kerajaan-kerajaan Islam jaman dulu, mulai dari abad pertengahan hingga jaman moderen, termasuk juga terdapat aneka senjata dari Nusantara seperti keris, badik dan panah.

Selain menampilkan berbagai aneka koleksi islami, museum ini juga dilengkapi dengan Perpustakaan anak-anak, Auditorium, Air Mancur dan Teras Pemandangan.
Museum Seni Islami Kuala Lumpur dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai jam 10 pagi hingga jam 6 sore. Setiap hari Senin museum tutup. Biaya masuk museum adalah RM12 untuk dewasa dan RM6 untuk anak-anak antara 6 hingga 12 tahun.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: