Oleh: budisulis | 4 Januari, 2011

Kebijakan Pajak Baru 2011

Pemerintah mengeluarkan kebijakan pajak baru berkenaan dengan bepergian atau kembali dari luar negeri, yaitu:

1. Bebas Biaya Fiskal
Mulai 1 Januari 2011, pemerintah membebaskan biaya fiskal bagi seluruh warga Indonesia yang berpergian ke luar negeri, termasuk bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. Ketentuan baru ditegaskan oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak pada 17 Desember 2010.

Kebijakan ini dimulai tepat pukul 00.00 pada 1 Januari 2011 berdasarkan pada jam yang tertera saat boarding pass.
Sebelumnya, pada periode 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010, bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 tahun yang bertolak ke luar negeri wajib membayar fiskal. Fiskal itu sebesar Rp2,5 juta bagi penumpang yang menggunakan pesawat udara dan Rp1 juta bagi pengguna angkutan laut.

2. Bea Masuk Oleh-Oleh
Mulai 1 Januari 2011, pemerintah memperbarui aturan soal penerapan bea masuk atas barang-barang bawaan atau oleh-oleh dari luar negeri. Dalam aturan tersebut, bea masuk dikenakan bagi barang impor dengan nilai di atas US$250 per orang atau US$1000 (Rp9 juta) per keluarga. Ketentuan ini termuat dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman yang diterbitkan pada 29 Oktober 2010.

Selain pengenaan bea masuk bagi barang impor, ketentuan juga berlaku bagi barang-barang bawaan khusus, seperti minuman beralkohol dan rokok. Untuk produk minuman beralkohol dibatasi hanya 1 liter. Sedangkan, rokok hanya diizinkan sebanyak 200 batang rokok.
Jika membawa rokok lebih dari 200 batang, maka akan disita dan dimusnahkan oleh petugas Bea Cukai. Sedangkan, jika penumpang membeli laptop, misalnya dari Singapura seharga US$1000, maka wajib membayar bea masuk sesuai tarif. Dari harga itu yang tidak dikenai bea masuk sebesar US$250, sedangkan sisanya US$750 dikenai bea masuk.

Tapi orang Indonesia sih, saya yakin pasti punya banyak akal untuk menyikapi aturan ini…

Iklan

Responses

  1. jadi misal saya bawa 1 slop.. lalu 1 slop itu plastiknya saya sobek semua begitu bukan?

  2. jadi misal saya bawa 1 slop.. lalu 1 slop itu plastiknya saya sobek semua begitu ya pak?

  3. #Handi: biasanya untuk menunjukkan bahwa rokok itu buat dikonsumsi sendiri, bukan buat dijual ya terpaksa dibuka bungkusnya.

  4. hmm saya masi agak kurang jelas nih pak.. maksudnya bungkusnya di buka semua `1 slop itu saya buka bungkusnya? atau saya cmn bawa 1 bungkus aja trus saya buka buang 1?

  5. #Handi: 1 Slop bisa kena, kecuali kalau untuk dikonsumsi sendiri, buktinya rokoknya sdh dibuka bungkusnya.
    #Nugrahapindra: Lha kalau belinya banyak (sampai satu dus) pasti kena, itupun kalau ketahuan, tp kalau satu dua, walaupun harganya mahal, mungkin gak kena.

  6. Pak, klo beli barang semacam shampoo atau obat rambut itu kena biaya masuk gak?

  7. Pak berarti kalau saya bawa rokok 1 slop ke singapura itu tidak apa apa ya?

  8. #albert: Setahu saya cuma kena ongkos kirim aja

  9. salam…
    saya mau tanya kalau saya transfer sejumlah uang ke luar negeri dikenakan pajak gak? kemarin pernah dgr kata teman kena 10% pajak.
    thanks.

  10. #Bob: Aturannya memang seperti Itu, bahwa setiap barang yang dibeli di luar negeri akan dikenakan pajak pada saat masuk Indonesia. Hanya pd pelaksanaannya kadang tidak spt itu, krn susah juga untuk melihat satu-satu barang yg dibawa para penumpang. Selama ini saya belum pernah kena periksa barang yg sy beli di luar negeri, mungkin karena barang saya masukkan bagasi dan memang ada trik biar kopor sy gak diperiksa di pintu keluar. Maaf jawaban sy spt itu. Trims.

  11. Hi,

    Saya WNI yang tiggal di Australia. yang saya ingin tanyakan untuk peraturan baru ini adalah:
    Teman saya memberi saya hadiah untuk ibu saya yang tiggal di Indonesia .. mungkin nilainya sekitar $200 dan saya juga membawa oleh oleh mukin nilai nya sekitar $250.

    Apakah barang hadiah tersebut kena pajak??? karena hadiah tidak tercantum di Peraturan Menteri KU 188/PMK.04/2010

    Terima kasih untuk sebelumnya dan saya tunggu jawaban bapak.

  12. kalo gw beli 2 selop rokok tapi 1 nya gw beli di duty free, trus yang beli diluar duty free gw taro di koper trus masuk bagasi pesawat, masih kena ga?

  13. #Dee: Dalam jumlah besar (saya kurang pasti, kl gak salah > 2 sloop) akan dianggap sebagai barang ekspor dan kena pajak. Hanya masalahnya di negara yg dituju justru akan terkena pembatasan, apalagi spt Singapore yg ekstra ketat membatas jumlah rokok yg masuk, gak boleh lebih dr 2 bungkus rokok, itupun krn dikonsumsi sendiri.

  14. Kalo saya mau kirim rokok Indonesia ke luar negeri kena pajak ga? Ada batasan jumlah berapa akan kena pajak atau berapa batang bebas pajak? Atau ada batasan jumlah maksimal?
    Ini akan dikirim ke perorangan, untuk gift.
    Thanks.

  15. #Henny: Memang sekarang ini gak seketat spt dulu lagi, mungkin dirasa sdh lebih aman?

  16. Bebas bas…”No Fiskal ” tapi Pak ternyata ga seketat yang dibayangkan Saya bawa minuman “Mineral Water” di Backpack saya baru pulang yanggal 22 kemaren di Bandara Changi aman-aman wae tuh pak…

  17. #Ama Geronimo: Ya gak dong, bebas full sekarang.

  18. pak ini beneran bebas fiskal ya,,nda berubah di taun 2011 ini?..

  19. #Nenny: USD 250 adalah batasan jumlah pembelian seluruh barang per orang (Begitu yg saya baca dr form isian bea cukai). Lebih dari USD 250 harus bayar bea masuk, yg besarnya ditentukan oleh pihak Bea cukai. Jadi bukan karena jumlah barangnya, tp nilai pembeliannya. Mudah2an info ini benar spt yg dimaksud Bea Cukai.

  20. USD250 itu utk jumlah seluruh barang atau per barang?
    misal saya beli alkohol 1L, tapi harganya di atas USD250, kena bea masuk nggak? kalau saya beli alkohol 2L, kelebihan 1L nya akan dimusnahkan kayak rokok yg berlebihan atau bagaimana? trims 🙂

  21. #Ceptyncep: Betul, di bawah 250 USD gak kena pajak masuk. Kalau kirim barang aturannya gak spt itu. Silakan info di blog ini dikutip/dimasukkan ke blogroll.

  22. bapak, infonya menarik2… boleh aku masukkan blogroll ya webnya??

  23. hehehe… info menarik nih…
    semoga ga salah tangkep nih, jadi kalau barang yang kita bawa kurang dari 250 USD ga kena pajak masuk ya??
    kalau kirim barang apa juga aturannya sama??

  24. hehehehe,…ada yg bs lewat online ajah g yaw?

  25. #Sarah S: Coba hubungi kantor pos Indonesia yg buka cabang di City Plaza Geylang road dekat Paya lebar MRT station. Banyak kok yg ngirim barang dr situ, krn City Plaza pusat kulakan produk fashion singapore.

  26. hi,hi…
    mo nanya nieh…
    klo aq mo import barang dari singapore/china brupa produk fashion untuk dijual kembali di indonesia itu prosedurnya gimana yah? dan brapa biaya yg dikenakan oleh pemerintah indonesia? ada yg tau? share dunk… thx

  27. #Billy: Pajak masuk dikenakan thd harga yang kita peroleh di tempat kita membeli. Kalau dapat diskon 70% tetapi harga tetap lebih dr 250 USD, tetap kena pajak. Untuk saran buku, terimakasih masukannya akan diperhatikan.

  28. huhu ….

    berarti waktu kita beli laptop pas diskon besar-besaran 70% ga kena pajak donk?
    oyah buku traveligya aku da saran neh.
    petanya di sendirikan coz yang dibuku kurang jelas.

    n disertai juga kebijakan sperti lo kita bawa uang singapore k indonesia maksimal berapa?
    kirim uangnya gimana lo via pos.

  29. #Billy: Hukumnya kalau beli barang seharga USD 250/org atau USD 1000/keluarga di luar negeri, maka akan kena charge bea masuk. Kalau bawa brg dr sini ke Sing terus masuk lagi, asal bisa tunjukkan bahwa belinya di Indo mestinya gak kena bea dong. Fiskal sudah dihapus sama sekali.

  30. aku kurang jelas lo kita beli barang elektronik kena pajak(laptop) itu hukumnya gimana?

    n lo kita bawa barang dari indo ke singapore n mau di bawa balik lagi kena pajak nda?

    tentang pajak fiskal beneran sudah ga da lagi o kita pake pesawat?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: