Oleh: budisulis | 5 Desember, 2010

Mulai 1 Januari 2011 Bebas Fiskal Luar Negeri

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, M Iqbal Alamsyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, semula bebas fiskal keluar negeri hanya diberlakukan bagi mereka yang memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Mulai 1 Januari 2011, Ditjen Pajak memberlakukan bebas fiskal luar negeri bagi wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 tahun.

Bebas fiskal keluar negeri secara penuh itu merupakan pelaksanaan atas Pasal 25 ayat 8a UU Nomor 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Sebelumnya pada periode 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010, pembebasan fiskal luar negeri terbatas hanya pada beberapa kriteria tertentu, di antaranya bagi wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang memiliki NPWP.

“Dengan pemberlakukan bebas fiskal luar negeri ini, maka terhitung 1 Januari 2011, semua masyarakat yang hendak bepergian keluar negeri tidak perlu lagi membayar fiskal luar negeri,” kata Iqbal.

Menurut dia, pembebasan fiskal keluar negeri secara penuh ini, merupakan wujud kepedulian pmerintah dalam memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat yang hendak keluar negeri. Dapat saja mereka pergi keluar negeri dalam rangka berobat atau melanjutkan studi.

Hingga saat ini, tarif fiskal keluar negeri adalah Rp2,5 juta untuk setiap orang sekali bertolak keluar negeri dengan menggunakan pesawat udara atau Rp1 juta untuk setiap orang sekali bertolak keluar negeri menggunakan angkutan laut.

Sumber: Antara


Responses

  1. #Andi: Australia utk WNI gak bebas visa.

  2. Bagaimana dengan Australia. Apakah bebas fiskal juga. Untuk meyakinkan saya. Rencana berangkat nanti minggu tanggal 19 Oktober 2014. Mohon jawabannya.

  3. pak, tolong tny katanya di imigrasi diminta untuk menunjukkan npwp, jika tidak punya bagaimana ya? apakah tidak boleh berangkat atau ada biaya tersendiri? Terima kasih

  4. #Anonymous: Asean bebas visa, Hongkong dan Macau juga bebas visa untuk WNI. Jadi tinggal bawa tiket dan paspor saja.

  5. Negara mana saja yg bebas visa?
    Kalau saya mau ke singapore, malaysia, thailand apa perlu mengurus visa? Apa cuma bawa tiket dan paspor saja?

  6. #Tina: Fiskal sdh tdk ada, bayar airport tax sj.

  7. Saya ada permit kerja di m’sia,dlm waktu dkt ni sy mau balik indonesia.
    Nnt bila sy masuk m’sia lg apa harus byr piskal?

  8. syukurlah klo sudah bebas fiskal tanpa kecuali….krna prnh pny pengalaman tak mengenakan wkt urus fiskal untuk k’2 org tua yg mau pergi ke korea.

  9. Terima kasih atas infonya Pak. Jika suatu waktu ada perubahan informasi/kebijakan lagi mengenai hal ini, mohon update infonya ya Pak.

  10. #Umi: Sekarang gak perlu NPWP atau surat keterangan apapun utk ke luar negeri, cm paspor, tiket dan visa (negara tertentu).

  11. Aq sklrga ga pnya NPWP kra2 perlu minta surat ktrangan ato apa ke kantor pajak engga yaa.rencna feb nanti mo ke KL. mhn jwbny ya.makasih

  12. #Dongsaeng: Dulu aja WN umur 21 ke bawah gak pakai fiskal, apalagi sekarang semua umur sudah bebas.

  13. aku kan berumur 20 thn, trus agustus 2011 nanti mw ke luar negeri.. artinyah aku dah g’ perlu bayar fiskal kan?? makasih

  14. #Eka: Maksudnya sudah menikah, bebas fiskal? Semua warga negara tanpa pengecualian, bebas fiskal.

  15. bagaimana dengan yang sudah menikah?

  16. Bagaimana kl yang sudah menikah?

  17. #Dessy: Gak perlu antrian di konter fiskal lagi, langsung aja ke imigrasi untuk cap paspor.

  18. truz gimana prosedurnya? tetap ada antrian di counter fiskal cuma buat minta stempel free pass atau gimana?

  19. #Panji: Betul, saya baca sendiri surat edaran Direktorat Jenderal Pajak Nomor SE-141/PJ/2010 tanggal 17 Desember 2010 yg ada di bandara (Maaf sy lupa foto). Jadi silakan ke luar negeri tanpa perlu bayar fiskal atau ngurus bebas fiskal lagi.

  20. beneran kang?? mohon info lanjutannya dong. . .

  21. Sesuai informasi yang saya terima langsung dari petugas Pajak di Bandara, tidak ada syarat bebas fiskal sperti tahun kemarin. Setiap orang yang mau ke luar negeri setelah check-in di counter maskapai masing-masing, langsung masuk imigrasi untuk di cap paspor, tanpa perlu ngurus bebas fiskal lagi.

  22. #Icha: Sesuai berita yg diterima bebas fiskal tanpa persyaratan NPWP lg, teknisnya sy belum tahu persis krn belum dapat, maaf.

  23. bneran ini ga usah pake npwp lg mskipun npwp ortu ilang ? Klo ini ga berlaku gmn ? Sdangkan npwp ortu ilang . Mohon balasannya trims .

  24. #Abie: Ya gak, lah,. Kalau belum 21 tahun gak usah bayar fiskal. Tapi thn depan semua bebas fiskal, tanpa syarat.

  25. jadi kalau belum berumur 21 tahun trus gx punya NPWP kita tetep bayar fiskal ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: