Oleh: budisulis | 24 Mei, 2010

Itinerary Hong Kong (4 hari)

Berikut ini adalah contoh Itinerary untuk 4 hari di Hong Kong.

Hari I Hong Kong Island.
Naik Tram dari Causeway Bay menuju Wan Chai kemudian Central (Tram Tujuan Kennedy Town, Whitty Street atau Western Market). Dengan HK$ 2 per orang sekali naik, Tram akan membawa kita berkeliling melihat pemandangan khas kota Hong Kong yang sibuk.
Naik Bus No.6, 6A, 6X, 260 atau 262 (tujuan Stanley) dari Exchange Square Central atau Terminal Star Ferry Central, dan turun di Repulse Bay. Repulse Bay Centre terletak tepat di sebelah pemberhentian bus. Repulse Bay dibangun pada jaman kolonial dengan bangunan bergaya eropa yang sangat klasik dan anggun. Ditempat ini kita bisa menemui beberapa toko dan café untuk menikmati minum teh yang terkenal. Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan naik bus yang sama menuju Stanley.
Stanley Market merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal dengan pasar dan ratusan toko yang menjual aneka souvenir, lukisan, kerajinan Cina, sutra dan barang lainnya dengan harga yang murah. Lanjutkan dengan naik bus dari Stanley Market kembali ke Central. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit atau naik bus no 15C dari terminal Star Ferry menuju the Peak Tram Station dibelakang bangunan Bank of China. Naik Peak Tram menuju the Peak tempat pemandangan kepulauan Hong Kong yang menawan. Di tempat ini pula terletak Museum Madam Tussaud. Harga paket tiket the Peak Tram dan museum ini lebih murah dibanding membeli secara terpisah. Untuk sensasi dan pengalaman yang berbeda, kembali ke Central gunakan bus kota. Kunjungi Central Plaza atau coba naiki eskalator terpanjang di dunia di Mid Level Escalator.

Hari II Causeway Bay, Tsim Sha Tsui dan Mongkok
Hong Kong memiliki taman di dalam kota yang indah, seperti Hong Kong Park di Admiralty, Victoria Park di Causeway Bay atau Kowloon Park di Tsim Sha Tsui. Mulailah dari Hong Kong Park, taman terindah di Hong Kong. Setelah itu gunakan eskalator turun menuju Pacific Place untuk belanja atau sekadar jalan-jalan. Atau dapat juga pergi ke area Causeway Bay untuk makan siang di warung Indonesia atau mengunjungi beberapa mall yang terkenal seperti Sogo atau Time square.
Setelah itu naik ferry dari Wan Chai menuju Tsim Sha Tsui (TST), Kowloon. TST terkenal dengan daerah pertokoan dan museumnya. The Harbour City di sebelah terminal ferry Tsim Sha Tsui pier memiliki lebih dari 700 toko. Selain itu terdapat pula Space Museum, Cultural Centre, Museum of Art, Museum of History dan Science Museum. Ke Kowloon tidak lengkap bila tidak mengunjungi area Jordan (Temple Street, Night Market), Mongkok (Ladies Market, Flower Market, Fish Market). Kunjungi pula Sam Shui Po pusatnya produk elektronik termurah di Hong Kong. Sore hari kunjungi Clock Tower, Star Avenue dan Symphony of Light (mulai jam 8 malam).

Hari III Ocean Park.

Pagi hari mulai dengan kunjungan ke Golden Bauhinia Square di Wanchai. Keluar di stasion Wanchai Exit A5, ikuti petunjuk yang ada menuju tempat patung bunga Bauhinia, lambang kembalinya Hong Kong ke negara China. Setelah puas berfoto dan menikmati angin laut di taman ini. Gunakan Tram menuju stasion MTR Admiralty exit B, naik bus 629 menuju Oceap Park. , kembali ke stasion untuk menuju Ocean Park. Bermain sepuasnya seharian di taman yang memiliki dua area ini.

Hari IV Lantau Island

Walaupun ke Lantau Island dapat menggunakan MTR, namun disarankan naik ferry dari Central Pier 6 ke terminal Mui Wo di Lantau Island (sekitar 40-60 menit), kemudian naik bus no 2 dari Silvermine Bay (Mui Wo) menuju Ngong Ping (50 menit). Kunjungi patung Giant Budha dan Po Lin Monastery tempat dimana kita bisa makan siang ala vegetarian. Selanjutnya kunjungi Ngong Ping Village dan naik Skyrail (kereta kabel) sejauh 6 km (25 menit) menuju Tung Chung. Nikmati pemandangan pulau Lantau, Laut Cina Selatan dan naik turunnya pesawat di landasan airport HKIA.
Tiba di Tung Chung jangan lewatkan mampir di City Gate, factory outlet barang-barang bermerek internasional dengan diskon hingga 70% setiap hari. Kunjungi Disneyland di Lantau Island, naik MTR turun di stasion Sunny Bay dan berganti kereta menuju Disneyland. Saksikan pertunjukkan kembang api setiap hari mulai jam 8 malam, sebagai puncak pertunjukkan di resor ini.

Kunjungan tempat lain: Macau, Shenzhen atau ke pulau lain di sekitar Hong Kong.

Iklan

Responses

  1. Pak Budi, numpang tanya dong, kalau tiba di Hong Kong airport transport apa yang paling cepat & murah ke Causeway Bay, apakah dengan taxi atau dengan MTR karena kami akan datang ber 4. Saya takutnya naik taxi engga cukup dengan koper2 kami.

    Terima kasih untuk sarannya

  2. terima kasih pak budi, infonya sangat membantu

  3. #Dwi: Dari Disneyland tinggal naik MTR ke stasion Sunny Bay terus ambil MTR menuju stasion berikutnya, yaitu di Tung Chung, keluar stasion sudah sampai di Citygate Mall. Dari Citygate jalan kaki sekitar 100 meter ke tempat naik cable car menuju ngong ping village tempat patung budha.

  4. pak budi saya mau bertanya, kalo dari disneyland mau ke patung budha di lantau island dan citygate gmn caranya ya? thx B4

  5. #Felci: Sebaiknya naik taxi saja, kalau mau lebih murah naik taxinya dari central aja, selebihnya naik MTR.

  6. P. Budi, kita rencana akan ke Ocean Park sampai tutupnya Park sekitar jam 8 malam, sedangkan bus 629 hanya sampai sore. Bagaimana transportasi malam untuk ke hotel L’et Nina Convention, Kowloon?
    Dr L’et Nina Convention untuk melihat Symphony of the Light, transportasi apa yang harus diambil (untuk pp), dan perkiraan biayanya?
    Terima kasih Pak……

  7. #Nida: Makanan halal di Macau memang susah, dulu pernah ada rumah makan malaysia, tp skrg sdh tutup. Saya sendiri kl di sana makan bawaan dr rumah. Ada satu rumah makan Cina, namanya Niu Ji Halal Restaurant, tempatnya di: Block E Lai Choi Kok Bulding no 130, Taipa. Katanya pemiliknya muslim, tp saya sendiri belum pernah ke sana jadi gak bisa komen. Kalau mau aman sih makan aja di restoran vegetarian, banyak di sana.

  8. malam Pak Budi…
    saya mau tanya nih..,makanan halal di macau dimana sih? saya sdh search di berbagai blog travel and lainnya tapi minim sekali informasinya. Mohon bantuannya ya Pak Budi?

  9. #Fenny: Bisa apply VoA di Zhuhai, tp hanya berlaku 3 hari dan khusus di Zhuhai saja, keluarnya jg hrs dr situ.

  10. Pak Budi, mau tanya nih. Untuk masuk ke Zhuhai dari Macau, apakah bisa diperoleh visa on arrival di Zhuhai? (Seperti visa yang biasanya dimohon di Lowu apabila kita masuk ke Shenzhen)
    Terima Kasih ya Pak….

  11. #Dewi H: Ongkosnya sekitar 8 dollar. Victoria Peak ke Central? Naik bus 15.

  12. Pa sulis, dari central ke repulse bay naik bis 6 A..pp itu tarifnya berapa kira2..

    terus dari victoria naik bus apa..balik ke central…terima kasih

  13. #Reva: Kalau hoatel sih banyak ya, saya gak tahu budgetnya berapa. Kalau hostel memang sangat terbatas, coba aja lihat di http://www.wego.com

  14. #Yuliana: Ada kok

  15. Pak Budi…kami mohon info nya untuk penginapan yang murah & bersih di Macau…..

    Terima-kasih

  16. pak , dibuku panduan apakah ada keterangan utk transportasi ke tiap2 wisata. kita rencana mau ke SZ-HK. terimakasih

  17. #Lianny: Hostel/apartemen terdekat ke Disneyland ada di Mongkok. Kalau di sekitar atau dekat disneyland ada hotel disney atau novotel di city gate mall tung chung. Bolak balik naik kereta kan gak masalah, cepat kok.

  18. Kalo hostel ato apartment yang deket ama disneyland ada ga, pa?
    Soalnya saya tiba di hong kong malam hari dan rencananya besok paginya mau ke Disneyland, kalo sy nginep di daerah kowloon ato CWB, kan jadi bulak balik….
    thx…

  19. #Lianny: Hostel/apartemen yg strategis dengan harga lumayan, ada di blog ini kok. https://budisulis.wordpress.com/2010/05/07/daftar-penginapan-hong-kong/
    yang direkomendasikan di: Sun KOng HOstel dan Hong Kong Hostel di daerah Causeway Bay atau COmfort Lodge dan Noble Hostel di daerah Jordan (TST)

  20. Pak Budi, mau tanya…..
    Saya dan 3 orang teman saya (cewe semua), mau ke HK tgl 30 Juni – 3 Juli…
    Kami mau cari hostel / apartment. Saya minta rekomendasi hostel / penginapan yang bersih, AMAN dan lokasinya strategis. terima kasih banyak, Pa.

  21. Pak Budi, mau tanya…..
    Saya dan 3 orang teman saya (cewe semua), mau ke HK tgl 30 Juni – 3 Juli…
    Kami mau cari hostel / apartment. Saya minta rekomendasi hostel / penginapan yang bersih, AMAN dan lokasinya strategis.

  22. #Lili: Sebelumnya saya ingatkan bahwa untuk bisa masuk Shenzhen lewat airport harus punya visa yang diurus dari kedubes China di Jakarta, lain halnya kalau masuk dr Lowu bisa apply VoA di sana. Untuk hotel banyak sekali di Shenzhen, yg biasa ditempati orang kita di Days Inn hotel di dekat Dongmen Mall atau di Best Western di Lowu atau lainnya. Dari Shenzhen ke Macau bisa naik ferry dari pelabuhan Shekou bisa juga naik bus ke Zuhai (perbatasan Macau – Shenzhen) tp lebih lama. Dari Macau ke Hong Kong naik ferry cepat (Turbojet/Cotai jet) ke TST atau ke HK Island. Alternatif lain ke Hong Kong dulu naik kereta, baru dr HKG naik ferry ke Macau (pulangnya dr Macau naik ferry langsung ke HKG airport).

  23. Halo Pak Budi, salam kenal.
    Saya dan keluarga ( 2 anak 7&9 taon ) sudah beli tiket ke Shenzen pulangnya lewat Hongkong. Saya berencana 1 malam di Shenzen, 1 malam di Macau dan 4 malam di Hongkong. Saya ingin saran Bapak dimana hotel yg cocok di Shenzen krn kami sama sekali tidak bisa berbahasa China. Dari Shenzen ke Macau naik apa ya Pak? Trus dari Macau ke Hongkong juga naik apa yg enakan mengingat bawa anak2. Terima kasih banyak.

  24. #MAria: Kalau gak ketahuan dan gak malu, boleh aja…he..he.. Kalaupun disuruh turun, ya tinggal bayar 2 dollar. Murah meriah.

  25. Pak Budi mau tanya, kalau naik tram di central maksudnya untuk tour aja tidak turun dan kembali ke tempat semula boleh nggak pak?
    Terima kasih ya pak.

  26. #Santoso: Ferry ke Macau ada dua pelabuhan, satu di Sheung Wan (Hong Kong Island) dan satu lagi di China Ferry Termianl, Tsim Sha Tsui (Kowloon). Perjalanan sekitar 60-75 menit. Kalaupun mau nginap dekat airport, saya sarankan hotel Novotel Citygate di Tung Chung. Disamping ada mall, tempat wisata ngong ping juga ada bus langsung ke airport (S1) dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit dan tarif 3,5 HKD. Kalau mau praktis sebetulnya anda bisa juga naik ferry dari Macau langsung ke Hong Kong Airport (sekitar 1 jam perjalanan), coba lihat di: http://www.turbojetseaexpress.com.hk/eng/schedule/airport.asp. Tapi kayaknya terlalu mepet kalau berangkat pada hari yg sama.

  27. Terima kasih Pak Budi.
    Jika diperbolehkan saya mau bertanya lagi, ferry menuju Macau dari Victoria Harbour yah? HK-Macau brp jam ya?
    Untuk balik Indo, saya kejar pesawat pagi jam 10, apakah lebih baik malam sebelumnya tinggal di hotel daerah Lantau saja?

  28. #Santoso: Transportasi yang paling efisien ya naik ferry, lewat darat bisa tapi harus muter ke shenzhen & zuhai. Macau bebas visa untuk WNI. Tempat atraksi di Macau kebanyakan wisata alam spt reruntuhan benteng, katedral/kuil, bukit, taman dan square atau ruang publik. Wisata buatan yg lain spt Macau Tower, Miniatur Venesia dan Kasino.

  29. Pak Budi, mau bertanya donk..
    Jika dari Hong KOng mau berlanjut ke Macau, transportasi apakah yg disarankan?
    Dan tempat wisata apa saja yang ada di Macau? Macau masih termasuk wilayah tanpa perlu VISA bagi WNI kan yah?
    terima kasih Pak …

  30. #Dewi H: Di beberapa toko memang sudah habis, tp sy pernah lihat di toko buku Trimedia di Mall Ambasador masih ada beberapa exp. Sebetulnya itinerary dari manapun mulainya gak masalah, yang penting urutan rutenya gak bolak-balik, satu lintasan yang sama, sehingga waktunya bisa lebih efektif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: