Oleh: budisulis | 7 Mei, 2010

Budget Traveling: Hong Kong

Hong Kong terkenal karena keunikan budaya dan kehidupannya. Dengan luas hanya sekitar 1.000 km2 dan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa, Hong Kong menjadi salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Ketersediaan lahan yang sangat terbatas, membuat pemerintah Hong Kong sangat efisien dalam memanfaatkan lahan, sehingga akhirnya Hong Kong menampilkan pemandangan kota metropolitan yang sangat khas dan menarik, tidak heran Hong Kong mampu menarik banyak turis berdatangan ke negara kepulauan ini setiap tahunnya.
Hong Kong diserahkan kepada Cina oleh pemerintah Inggris pada tahun 1997, setelah hampir 100 tahun Inggris memerintah di sana. Perpaduan budaya Barat dan Timur mewarnai kehidupan masayarakat Hong Kong dalam segala aspek, hal ini tidak mengherankan karena masyarakat masih memelihara budaya dan tradisi cina yang mereka anut. Hong Kong, kota kepulauan yang berjarak 4,5 jam perjalanan udara dari Jakarta ini memang memiliki banyak keunikan yang khas dan daya tarik yang luar biasa, sehingga untuk menikmatinya diperlukan persiapan yang baik.
Buku ini, sesuai dengan judulnya, dibuat sebagai panduan praktis untuk melakukan perjalanan ke Hong Kong dengan nyaman, aman dan dengan biaya yang terencana, sesuai budget. Buku ini membahas secara detail, mulai dari perencanaan awal, persiapan dokumen, pemilihan rute, pemilihan tempat menginap yang murah, persiapan perjalanan hingga transportasi dan perjalanan dari dan ke bandara, kunjungan ke tempat wisata, tempat belanja, ibadah dan tempat-tempat makanan halal yang tersebar di seluruh Hong Kong. Juga akan dibahas sekilas tentang kota-kota disekitarnya, seperti Macau dan Shenzhen. Buku seri Budget Traveling: Hong Kong merupakan seri kedua tentang perjalanan dengan biaya budget setelah buku pertama Budget Traveling: Singapore telah cetak ulang 4 kali.


Responses

  1. pak budi, saya ada rencana jjl ke hongkong tgl 27 january-1 february 2014. saat booking tiket, saya tdk tahu jika tgl 31 january tahun dpn bertepatan dgn imlek. yg ibgin sy tanyakan, apakah tempat belanja dan wisata di hongkong libur saat imlek? krn sy baca2 dr internet ada yg mengatakan hongkong sepi saat imlek, banyak tpt wisata tutup saat imlek. tp ada jg yg mengatakan hongkong tetap ramai saat imlek.
    mohon infonya pak. terimakasih sebelumnya

  2. #Christal M: untuk praktisnya naik taxi aja, tp ongkosnya jd doble. Kl taman ada kowloon park, atau bawa ke avenue of star.

  3. info nya sngat membantu sekali..saya tahun lalu ke hk untuk pertandingan di PolyU.. saya kali ini maw ksana lagi dngan mama dan cc saya dan juga anaknya yang masih 7 bulan(kembar) saya sedang bingung karena tidak biasanya saya jalan2 membawa bayi..saya ini termasuk backpacker sejati, hanya merasakan yang mewah kalau sedang dengan ortu..(maklum mahasiswi)
    saya bingung apa saya dari bandara ke hotel lebih baik naik taxi saja ya?
    karena saya mungkin membawa 2 koper yg 25kg dan 21stroler kembar..dan tas bawaan baby.krn saya tiba di hk jam 2 pagi(kalo tidak salah ingat)
    (awalnya berencana jalan sendiri, tetapi ternyata mama ingin ikut juga)saya jadi bingung dengan mengatur jalan2 saya.. dengan memikirkan situasi dimana saya harus membawa barang2 bayi dan belanja..mungkin jadi sdkt mengurangi belanja..maklum di hk harga sangat murah sekali(cthy h&m dan f21 di hk lbh murah drpd di sin,malay n thai) g beda ama aussie

    taman2 yang ok apa saja ya pak?selain victoria..
    ada saran saya harus membawa mama dan cc saya beserta dua keponakan saya yang masih 7 bulan itu kemana pak?

    xie xie ni

  4. #David: Sama-sama. Nantikan buku baru di akhir tahun ini.

  5. Terima kasih, Pak Budi. Bukunya sungguh membantu saya kemarin saat saya berkunjung ke Hongkong-Macau-Shenzhen 28 Juni -4 Juli 2012 lalu. Ditunggu buku-buku perjalanan lainnya. Terima kasih.

  6. pak budi, saya mau tanya. saya berencana ke hongkong bulan juli.
    saya tertarik dengan cosmo mongkok hotel. saya ingin memesan langsung via situs hotel. apakah situs tersebut resmi, terjamin dan aman?
    mohon saran dari bapak. terima kasih.

  7. #Maminaglen: Biaya visa on arrival Shenzhen 160 yuan. Ya itu saya juga belum bisa memastikan karena susah mencari info di sana, ada yang bilang masih bisa, ada juga yg bilang gak bisa harus dr Jakarta. Saya sendiri baru mau ke sana Maret nanti, jadi paling setelah itu sy dapat kepastian info-nya.

  8. Pak Budi,

    tadi lupa bilang, mkd nya voa dr lowu station, klo naik kreta dr hk.
    trims ya pak..

  9. pak Budi,
    mau tanya untuk visa on arrival di shen zhen ini berapa ya biaya nya? masih bisa apply gak ya? krn ada bbrp info yg bilang skrg udah gak bisa apply voa ini, jd hrs apply visa mainland dr jakarta.
    trims info nya

  10. #Randicare: Ebook tidak dibuat, anda lihat blog ini saja, infonya hampir sama dengan buku.

  11. Wah, artikel dalam blog pak budi sangat berguna. Saya tertarik untuk beli buku Budget Travelling Hongkong. Ada ebooknya gak Pak? Tolong saya diemail detil info harganya kalo ada ebooknya. Terima kasih.

  12. #Sisca: Apartemen di HK sama spt di Sing, bisa disewa harian per kamar, saya belum dapat info untuk whole apt di HK. Daerah Tsim Sha Tsui rekomendasi penginapan di daerah Jordan, spt di Comfort Lodge, FMS, dll (Lihat daftar penginapan yg direkomendasikan di blog ini).

  13. Pak Budi, mohon informasi untuk apartemen yang disewakan di Hong Kong apakah seperti di Sing berbentuk kamar atau disewakan whole apt?
    Kalau untuk ber 5 orang dewasa dan 1 anak kecil kira2 di mana yang bersih dan nyaman (daerah tsim tsa chui)bisa tolong di rekomendasikan Pak.., (kalau ada sich prefer yg dkt dgn MTR) jadi kalau anak cape bisa segera pulang.
    Mohon infonya Pak.., Terima Kasih sebelumnya

  14. #Joyce: Masuk shenzhen hrs pakai visa, bisa apply di perbatasan Lowu, tp hanya untuk area shenzhen saja. Yang menarik sebetulnya tempat2 belanjanya🙂 Tempat lain spt Windows of the World dan Splendid China.

  15. Pak Budi saya rencana ke HK bln Agustus untuk 6 malam saya pikir saya mau jalan2 ke Shenzen 3 malam, apakah perlu visa china untuk ke Shenzen? lalu ada apa yang menarik di Shenzen? Terima kasih untuk infonya.

  16. #Adriani: Di HKG desember sedang musim dingin, suhu bisa dibawah 10 derajat celcius. Nginap bisa di daerah Tsim Sha Tsui atau di Causeway Bay. Tempatnya Ko Ahwie lumayan bersih. Saran saya sih lihat tempat yg sudah sy muat di blog ini.

  17. Salam kenal Pak Budi. Saya dan suami beserta 3 anak(2 remaja, 1 umur 8 th) rencana ke HK via KL akhir Des11. Bagaimana kondisi cuaca di sana. sebaiknya nginap di daerah mana Pak. teman saya pernah menginap di starline guest house (ko Ahwie). Apa nyaman utk kami sekeluarga. selain Hk saya juga ingin ke ShenZhen dan Macau. Pulang dari Macau-KL.

  18. #Widya: Buku yang cacat bisa ditukar di tempat anda beli. File halaman yg hilang sdh saya kirimkan. Thx

  19. Pak Budi, saya membeli buku bpk budget travelling Hongkong di gramedia, hanya saja setelah saya buka plastik segelnya, ada halaman yg kosong, yaitu hal : 216-217 dan 220-221, bisa nggak pak, kalau saya mendapatkan isi dari halaman yang kosong tsb, mohon dpt dikirim ke email saya, karena rencananya dalam waktu dekat kami akan wisata ke Hkg-Szx – Macau dengan berbekal guide buku bapak.Terima kasih.

  20. #Leony: Untuk buku bisa pesan online di: http://www.gramediashop.com/book/detail/9789792778199/Hong-Kong
    Untuk penitipan kopor ada di airport, stasion MTR atau di pelabuhan ferry ke Macau. Coba lihat di: http://gohongkong.about.com/od/travelplanner/a/leftluggage.htm atau di: http://www.luggageguides.com/articles/1321/left-luggage-facility-hong-kong.html

  21. Pak Budi, saya sempat mencari buku anda tetapi di surabaya sepertinya kehabisan. Begini pak, minggu depan saya sekeluarga (4 org) berangkat ke Hongkong, kemudian hari berikutnya kami ke Macau selama 3 malam lalu kembali lagi ke Hongkong untuk rekreasi. Nah, kami membawa beberapa koper besar dan kecil. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah di Hongkong terdapat tempat penitipan barang? Karena kami tidak berniat utk membawa koper2 besar itu selama perjalanan naik ferry ke Macau. Mohon saran dari bapak. Terima kasih.

  22. #Aldila: Kayaknya gak ada VOA di shenzhen airport, jd harus apply di Jakarta atau di KL.


Tinggalkan Balasan

Kategori

