Oleh: budisulis | 3 September, 2008

Mulai 2009, Pemegang NPWP Bebas Fiskal

Yah ini dia berita yang ditunggu-tunggu oleh traveler. Bukan gosip buka isu, DPR RI mengesahkan RUU perubahan ke-4 atau UU Nomor 7 tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan (PPh). UU ini menekankan bahwa wajib pajak yang telah mempunyai NPWP, dibebaskan dari kewajiban pembayaran fiskal luar negeri mulai 1 Januari 2009.

Berikut selengkapnya dikutip dari Kompas.com

Pemilik NPWP Bebas Bea Fiskal
Singapura dan Malaysia Sudah Lama
Senin, 23 Juni 2008 | 01:06 WIB

Jakarta, Kompas – Kabar gembira bagi pemilik nomor pokok wajib pajak atau NPWP. Mulai tahun 2009, semua calon penumpang penerbangan atau pelayaran menuju ke luar negeri akan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya fiskal jika menunjukkan bukti kepemilikan NPWP.

Kebijakan ini diterapkan karena pemerintah dan DPR ingin mendorong orang untuk memiliki NPWP sehingga jumlah pembayar pajak di dalam negeri akan semakin banyak.

Hal itu merupakan keputusan Rapat Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pajak Penghasilan (RUU PPh) yang terdiri atas wakil dari 10 fraksi di DPR serta pemerintah.

Keputusan tersebut diungkapkan Ketua Panitia Khusus Paket RUU Perpajakan Melchias Markus Mekeng di Jakarta, Minggu (22/6).

Saat ini semua penumpang pesawat terbang atau pelayaran internasional yang berangkat dari bandar udara atau pelabuhan internasional di Indonesia wajib membayar biaya fiskal Rp 1 juta per orang. Ini merupakan salah satu sumber penerimaan negara bukan pajak bagi pemerintah.

Dengan adanya keputusan Panitia Kerja RUU PPh itu, semua penumpang yang berusia 21 tahun ke atas wajib membayar fiskal kecuali yang bersangkutan bisa menunjukkan NPWP.

Jika ada anak atau istri yang hendak bepergian ke luar negeri, mereka bisa bebas fiskal asal menunjukkan NPWP ayah atau suami. Hal itu dimungkinkan karena Indonesia menganut prinsip satu NPWP dalam satu keluarga.

”Namun, jika penumpang itu sudah berusia 21 tahun ke atas dan tidak memiliki NPWP, dia wajib membayar fiskal yang tarifnya ditetapkan menyusul oleh pemerintah,” ujar Melchias.

Tingkatkan daya tarik

Menurut Melchias, kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Indonesia di mata orang asing. Selama ini hanya Indonesia di negara kawasan yang menerapkan kewajiban fiskal, sementara negara-negara tetangga Indonesia, terutama Malaysia dan Singapura, telah membebaskan biaya fiskal sejak lama.

Saat ini jumlah pemilik NPWP efektif atau yang benar-benar memiliki identitas jelas mencapai 6 juta orang. Namun, jumlah wajib pajak badan yang benar-benar membayar pajak baru sebanyak 1,3 juta, sedangkan wajib pajak orang pribadi yang membayar pajak mencapai 1,1 juta orang.

Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution mengatakan, pembebasan bea fiskal dari pemilik NPWP bisa mendorong efektivitas program ekstensifikasi pajak.

Direktur Penyuluhan Pajak Joko Slamet Suryoputro menambahkan, dulu fiskal diberlakukan untuk membatasi orang ke luar negeri. (OIN)

Iklan

Responses

  1. kalo umur di bawah 21 ingin berkunjung ke KL tapi ortu gak punya NPWP gimana pak?
    soalnya pigi nya bareng tman kuliah..
    jadi kalo di minta fc NPWP ortu pas di bandara gmana?
    dengar2 dari teman ada yg bilang di bwah 21 tahun msti pake NPWP ortu..
    ada juga yg bilang lansung bebas..

  2. wah legah saya pak he… he… thanks a lot yach pak… have a nice day….

  3. #Deti Dewy Tan: Setiap warga negara Indonesia yang berumur dibawah 21 tahun otomatis bebas fiskal, tanpa perlu ortu memiliki NPWP. Jadi langsung aja ke konter bebas fiskal untuk minta cap bebas fiskal, sediakan foto copy paspor.

  4. tambahan pak, sedangkan ortu nya keponakan saya ngga ada npwp, mangkanya sy bingung apakah keponakan saya bisa masuk singapore bisa bebas fiskal, keponakan saya di palembang, rencana memakai kendaraan udara….(pesawat langsung palembang go to singapore) thanks before pak… have a nice day….

  5. salam sejahtera pak…….. sy ingin menanyakan sesuatu, keponakan sy umur 19 tahun, ingin berkunjung ke singapore ke tempat saya, yg sy ingin tanyakan apakah dia wajib mempunyai npwp, sedangkan dia msh kuliah blm bekerja , terimakasih pak………

  6. #Taufik: Pakai KK lama kalau ada boleh, buku nikah juga boleh. Untuk pastinya silakan tanya ke kantor pajak setempat.

  7. Pak BUdi,

    saya mau ke singapore ada training, istri saya akan menyusul kemudian hari. saya punya NPWP sedangkan istri tidak, KK belum jadi (baru pindahan). apa cukup fotokopian NPWP, surat nikah ama fotokopi KTP saya tinggal buat istri saya?

    terimakasih

  8. Malam Pak, saya mau tanya..
    Saya mahasiswa 21 tahun jalan 22 tahun.
    apakah saya harus membayar fiskal?
    bagaimana jika mnggunakan NPWP orang tua?

    terima kasih

  9. #Christine: Bawa aja dua2nya biar yakin.

  10. Pak budi,saya mau tanya,saya mau pergi ke LN dengan menggunakan NPWP suami tetapi belum punya KK ,KK masih terpisah apakah bisa menggunakan akta nikah saja?terima kasih sebelumnya

  11. #Ricky: Kayaknya gak bisa, tp coba tanya aja ke kantor pajak terdekat.

  12. Pa Budi, mau tanya saya laki2 usia 26 tahun. Belum bekerja dan tidak punya NPWP, sampai sekarang saya masih ditanggung oleh ibu saya. Saya akan pergi ke LN sendiri. Apakah saya bisa bebas fiskal dengan menggunakan f.c npwp ibu saya dan f.c kartu keluarga? Atau harus menyertakan surat lain. Terima Kasih..

  13. #Anonymous: WN yg berusia di bawah 21 tahun otomatis bebas fiskal, terlepas dr apapun status ortunya.

  14. saya tambahkan , org tuanya tdk memiliki NPWP

  15. Pak budi , saia ingin bertanya
    teman saya umur 19 tahun
    ortu 1 uda meninggal , tetapi ayahnya lumpuh dan tidak bekerja
    kedua org tua nya tdk memiliki surat kawin , jadi dia sah anak ibunya
    masalahnya dia mw berangkat ke LN nanti
    apakah harus buat NPWP agar di bebaskan dr fiskal ?

  16. thanks mas informasinya ,saya rencana perjalanan singapore – kl lumpur 20 – 28 januari 2010; rute nya;johar bahru -singapore- kl lumpur- pulang surabaya,transportasi apa yang saya pergunakan selama di Singapore dan kl lumpur

  17. #Christina: Kalau orang tua menjadi tanggungan anak dan tercantum dalam Kartu Keluarga, maka sangat dimungkinkan bisa bebas fiskal.

  18. saya berencana mengajak orang tua saya ke luar negeri, orang tua saya tidak mempunyai penghasilan apakah bisa bebas fiskal

  19. #Andre: Alamat paspor dan KK tidak sama sepertinya gak apa2.

  20. pak budi,
    saya mahasiswa 22 tahun blm ada NPWP.
    bagaimana kalau alamat paspor dan KK tidak sama.
    apakah masih bisa bebas FNL?
    ayah punya NPWP.
    terima kasih.

  21. #Fanny: Yang penting bawa paspor, tiket sama kopor ya…he..he.. Kalau usia 21 ke bawah gak perlu surat keterangan atau copy NPWP, krn bebas otomatis.

  22. pak, umur saya 19 tahun, besok saya mau berangkat ke LN, apa saja yg harus saya bawa ke bandara..terima kasih

  23. #Ayuchan: Aturan sih 21 th ke bawah otomatis bebas fiskal, kalau lebih dr itu walau belum kerja kayaknya tetap kena, coba tanya ke kantor pajak setempat.

  24. #Alfadin: Di Indonesia hanya suami yg dikenakan NPWP, otomatis istri bebas fiskal dengan kartu NPWP suami dan kartu KK.

  25. pak budi YTH,
    numpang tanya, saya mahasiswa 22tahun, belum punya NPWP. bisakah saya dapat SKBFLN dengan NPWP ayah saya? namun ayah saya tidak ikut k LN dan tidak memiliki pasport.
    terima kasih banyak..

  26. Pak Budi, saya dan istri sama sama bekerja. Di KK istri saya statusnya bekerja. Saya punya NPWP, istri belum. Apakah istri yang bekerja bisa numpang di NPWP suami agar bebas fiskal? terima kasih atas responnya

  27. saya baru selesai mambaca buku bapak.

    Kira2 bapak bisa bantu penjelasan, saya kebetulan usia 25thn. Blm bekerja, tp masih kuliah. Jd saya tidak punya NPWP. Demikain jg denagn orang tua saya.

    Apakah dgn menunjukkan kartu mahasiswa bisa bebas FLN ?
    Lalu kalau ingin mengurus SKBFLN, di daerah Jakarta Pusat itu dimana ya?

    Terima kasih

  28. #Agis: utuk WN yg berusia di bawah 21 tahun otomatis bebas fiskal, cukup menunjukkan Paspor dan menyerahkan foto copynya ke petugas di loket pembayaran fiskal di bandara, nanti dapat cap bebas fiskal.

  29. gini pak anak saya kuliah di lembaga pendidikan perhotelan (D1), dan untuk magang nya di hotel malaysia.
    yang mau saya tanyakan bagaimana caranya dan apa saja syaratnya & harus ngurus nya k mn?, supaya anak saya bebas fiskal ( anak saya baru berumur 19 tahun / < 21 thn).
    terimakasih pak…

  30. #Niye: Secara jelas didalam aturan dikatakan bagi yang berusia 21 tahun ke bawah bebas fiskal otomatis, artinya tidak perlu menyerahkan copy NPWP ortu dan KK, cukup menunjukkan paspor dan menyerahkan foto copy-nya. Tapi gak ada salahnya bawa saja copy kartu NPWP dan KK itu, kalau tiba2 (iseng2) diminta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: