Oleh: budisulis | 19 Juni, 2008

Tips Mendapatkan Tiket Murah

Kalau mau melakukan perjalanan liburan, khususnya  mengunakan jasa pesawat terbang melalui pemesanan on-line seperti AirAsia, paling enak kalau bisa belinya jauh-jauh hari, karena akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah dibanding kalau waktunya sudah terlalu mepet. Tetapi seringkali ketika iklan promo murah Airasia muncul di media massa, kita tidak mendapatkan seperti apa yang diiklankan, atau “rada” telat untuk bisa mendapatkan tiket murah.

Coba beberapa tips berikut ini:

1. Daftarkan nama dan email anda di newsletter AirAsia di http://www.airasia.com untuk mendapatkan berita terkini penawaran program promo atau tiket murah. Biasanya newsletter ini muncul sehari sebelum iklan di media massa muncul. Kan lumayan dibanding orang lain untuk memilih tujuan dengan harga yang sesuai dengan iklan.

2. Siapkan kartu kredit dan data identitas yang diperlukan bila melakukan pemesanan melalui internet, atau bisa pesan lewat telfon dan bayar lewat ATM (baru dari Bank Permata) atau melalui loket penjualan AirAsia di beberapa lokasi tertentu. (Di Bandung: Carrefour Kiara Condong)

3. Kalau mau tiket murah pilihlah penerbangan di hari-hari mid-week, seperti Selasa, Rabu atau Kamis.

4. Biasanya first flight atau last flight harganya lebih murah, tapi jam keberangkatan memang tidak enak, misalnya jam 6 pagi atau jam 10 malam.

5. Pesanlah tiket pada waktu subuh, antara jam 1 hingga jam 3 pagi, sambil sekalian bangun dan shalat malam.

6. Tidak ada perbedaan harga antara one-way ticket atau return ticket. Perbedaan biasanya terjadi karena masalah permintaan dan tersedianya kursi kosong.

7. Semakin lama jangka waktu pemesanan semakin murah harga yang diperoleh. Kalau memang sudah memperoleh kepastian tanggal berangkat, tinggal di pesan saja. Tetapi kalau bisa jangan bepergian pada puncak liburan (peak season) seperti masa liburan Natal, Lebaran atau liburan sekolah di bulan Juni-Agustus. Saat peak season harga tiket biasanya melambung tinggi.

8. Pada beberapa rute perjalanan favorite seperti Bangkok dan Bali yang biasanya lebih cepat habis karena bersaing dengan pemesan internasional.

9. Waspadai taxes and fees yang diterapkan Airasia juga airport tax di tiap negara. Ada perbedaan yang mencolok antara bandara satu dengan yang lain. Lihatlah rincian biaya yang harus dibayarkan, apakah sudah termasuk airport tax, karena kalau tidak kita harus menyiapkan uang ekstra.

10. Cari alternatif kombinasi rute keberangkatan, misalnya jika pergi dari Singapore ke Bangkok sudah penuh atau mahal, coba rute dari Johor Bahru ke Bangkok, biasanya lebih murah.

11. Gunakan portal web pencari tiket murah, seperti www.mobissimo.com atau www.onetime.com

Selamat mencari!

 


Responses

  1. #Corry: Maaf saya gak tahu. Mungkin teman2 lain ada yg bisa bantu?

  2. Pak ada gak ya ferry langsung dari pekanbaru ke singapura atau batam? kl boleh jadwal dan biayanya, mohon di balas di email saya ya pak. (corbow2s@gmail.com). terima kasih corry

  3. #Lutfi: maaf saya gak tahu banyak hotel di Batam. Menginap di Sing bs dimana sj, dg transport yg mudah, kita bs pergi kemanapun dengan cepat. Info hotel di Batam dan Singapore silakan lihat di: http://www.wego.com. Naik
    Ferry dr batam centre turun di harbourfront, tinggal jalan ke vivocity mall lt. 3 utk naik monorail ke p.sentosa.

  4. PAK saya mau nanya kalo hotel yg murah dibatam dimana dan kalo saya mau kesingapura mau kunjungi sentosa island ,dan universal studio saya bagusnya nginapnya didaerah mana dan hotel yg paling murah apa, kemudian transportasi apa yg harus saya naiki dari penyeberangan ferry , kalo dah disingapura untuk kesentosa island, mohon dibalas di email saya pak (lutfisaid@yahoo.co.id)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: