Oleh: budisulis | 19 Mei, 2008

Kegiatan dan Tempat Gratis di Singapore

Tempat wisata di Singapore selain terkenal akan kebersihannya juga terkenal akan harganya. Namun masih ada tempat-tempat yang tidak mengenakan bayaran alias gratis. Berikut tempat-tempat/kegiatan tersebut.

 

1.  Menikmati seni!

Kunjungi galeri seni yang banyak terdapat di gedung MITA dan nikmatilah karya-karya yang terpampang di bangunan bercat dramatik ini. Atau kunjungi Singapore City Gallery di URA Centre, Maxwell Road.

2.  Belanja sampai puas! Window shopping di mal-mal sepanjang Orchard Road yang megah, atau Vivo City di HarbourFront yang menawarkan tempat terbuka dengan panorama laut, oh ya ada juga tempat bermain air mancur gratis untuk anak-anak. Atau kunjungi Mustafa Centre di Little India yang buka 24 jam dan  Bugis Street atau China Town.

 

3.  Mulai hari lebih dini dengan berlatih tai-chi bersama penduduk setempat, di Singapore Botanic Gardens. Atau hadiri konser akhir pekan di Symphony Lake taman indah ini.

 

4.  Memahami lebih dalam mengenai seni budaya – kunjungilah museum di Singapura (seperti Singapore History Museum, Singapore Art Museum atau Asian Civilisation Museums) saat malam Jumat (antara jam 7-9 malam).

 

5.  Mengenal lebih jauh tentang agama-agama Asia  di masjid, kuil Hindu atau kelenteng China di seluruh pulau. Yang wajib dilihat antara lain Thian Hock Keng di Telok Ayer street, kuil Sri Mariamman di Chinatown, dan masjid Sultan Mosque di Arab Street.

 

6.  Berjemur diri di hamparan pantai pasir East Coast Park, menjajal serunya Wet and Wild di taman air Big Splash, atau bermain bola voli pantai dengan tubuh-tubuh liat dan terbakar matahari di Mahalo Beach Bar.

 

7.  Menghadiri pertunjukan gratis saat makan siang di pusat seni pertunjukan kelas satu, Esplanade – Theatres on the Bay. Atau bisa menikmati pertunjukan cahaya di Bideford Junction Crosswalk yang terletak di daerah Orchard, antara Mall Paragon, Park Hotel Orchard, Meritus Mandarin Hotel dan Ngee Ann City.

               

8.  Temukan seni di ruang publik!

Saksikan hasil karya seni visual di Civic District, seperti Lichensteins di Millenia Walk, UOB plaza’s Botero and Dali, dan Henry Moore di gedung OCBC.

 

9. Berjalan-jalan di sepanjang Singapore River dan saksikan patung Raffles yang terkenal, atau menelusuri masa lalu saat menengok patung-patung yang menggambarkan kehidupan masa silam di Empress Place dan Fullerton Hotel.

 

10.  Menjadi penonton cricket dan rugby di Padang, dan bagai kembali ke era kolonial.

 

11.   Mengunjungi kampus universitas di Singapura. Di National University of Singapore, coba kunjungi NUS Museums untuk mendapat ilmu seni dan artifak.

               

12.  Tengok apa kegiatan para muda-mudi setempat di pertunjukan musik dan tari di The Youth Park.

               

13.  Naik gunung! Dakilah bukit tertinggi di Singapura, Bukit Timah Hill, atau berjalan menembus hutan di MacRitchie Reservoir atau Labrador Park.

 

14.  Memberi penghormatan kepada para pahlawan perang di Singapura, atau kunjungi kenangan penuh haru di Changi Museum, Johore Battery serta Kranji war memorial.

 

15.  Mengunjungi wilayah etnik di Chinatown dan Little India, dan temukan pesona pemandangan, suara (dan aroma!) para seniman tradisional, serta makanan dan rempah-rempah tradisional.

 

16.  Melihat pemandangan kota dari mata seekor burung, ke seantero Singapura dan pulau-pulau sekitar dari Mount Faber.

 

17.  Jika Anda sedang transit di Singapura mengapa tidak naik ke wisata kota gratis yang disediakan di bandara (penumpang harus memiliki waktu transit sekurangnya lima jam sebelum penerbangan yang selanjutnya, dan mempunyai visa untuk memasuki Singapura).

 

18.  Menonton gemerlapnya hari-hari besar (saat Natal, Tahun Baru Imlek, Hari Raya Idul Fitri dan Deepavali), di mana jalan-jalan akan meriah dengan gemerlap lampu dan dekorasi yang khas.

 

19. Mengunjungi daerah pemukiman umum seperti Yoa Payoh atau Yishun, dan saksikan bagaimana warga setempat menjalani hari-harinya.

               

20.  Mengambil foto ikon favorit Singapura seperti Esplanade – Theatres on the Bay, Merlion, Suntec City’s Fountain of Wealth dan sang penjaga pintu di Raffles Hotel.


Responses

  1. #Iduy: Alamat-alamat museum ada di buku Budget Traveling: Singapore, atau bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_museums_in_Singapore
    Snow City dekat ke Science Center di Jurong East.

  2. pak budi, bisa minta tolong dong alamat musium spt science center, dan museum peninggalan perang dunia 2 juga toys museum.

    rencana saya mau ke singapura tgkl 22-25 sept. anak saya rencananya mau ke liat2 museum, bisa tlg infonya ya Pak.

    kalo snow city letaknya dimana ya?

    terima kasih

  3. #Ika: Cara terbaik lihat di http://www.wego.com

  4. pak,,,boleh tawu ga penginapan2 mana saja yg tidak menguras kantong yang ada di singapura,,,kl ada sekalian yg ada di malaysia jg de,,,:D

  5. yuuupz!! wait me!!

  6. singapure oh singapure… gue ngumpulin duit dulu ye… insyaAllah semester depan ma kawan2 kampus di pasca

  7. #Benni Irawan: Free tour ada di terminal 2 dan 3, lengkpanya lihat di: http://www.changiairport.com/changi/en/airport_guide/exp_changi/rest_n_relax/free_sgtour.html

  8. Pak Budi…kebetulan bulan depan sy akan transit di SIN, kira2 lebih dr 5 jam. Tolong minta info untuk wisata kota gratis dimana sya bisa daftar atau dapat info lebih lanjut. Thanks

  9. #Eo Kintamani: Silakan leihat di http://www.easibook.com/

  10. Pak Budi, bagaimana cara pergi ke malaka dr singapore? Thx.

  11. aduh asik kali ya..🙂
    rencana mau melanjutkan k singapure, tapi melihat informasi yang sudah di baca, rumit, binggung.. down sendiri.. kayaknya telat, soalnya dan kelas 3 SMK..

  12. Mas Budi, bisa dibantu utk itinerary tgl 9~10 Agustus mendatang, kita punya 2 anak perempuan dibawah 10th. Rencana menginap di sekitaran Orchard -> ada referansi hotel aman & murah ? Ingin travel plan yg lebih unsur edukasi daripada belanja, dan yg penting : hemat…
    Mksh.

  13. asik kali ya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: