Oleh: budisulis | 3 Maret, 2008

Sekilas Pulau Batam

Rasanya tidak adil kalau kita tidak bicara tentang pulau Batam yang berbatasan langsung dengan Singapore. Wisata di Batam memang terbatas, tapi cukup menarik. Untuk wisata air ada pantai Marina (water front city) tempat olah raga air dan resort, juga pantai Nongsa (pasir pantainya putih), pantai yg lain pun ada tapi belum tertata. Untuk sarana olah raga, banyak lapangan golf (katanya sih bagus sekali tempatnya). Tempat belanja gabungan antara pasar tradisional dan mal-mall moderen, mulai dari daerah Nagoya, Baloi, Jodoh sampai yg terbaru di Batam Center seberang penyeberangan Ferry ke Sin.

Oh ya, beberapa item (toys, parfum, jam, dll) harganya di sini relatif lebih murah drpd di Sin maupun dg di P. Jawa, tetapi ada juga yg lebih mahal, tinggal pintar-pinta membandingkan.
Kita juga bisa mengunjungi pulau-pulau yg ada disekitar Batam melalui jalan darat. Seperti diketahui sekarang ini pulau Batam sudah terhubung dengan pulau-pulau disekitarnya sampai ke pulau Galang. Kalau saya tidak salah hitung ada 6 jembatan yg saling menghubungkan antar pulau. Mulai dr Batam ke P. Tonton (jembatannya (namanya Barelang) lumayan keren, miniaturnya Golden Gate (Pas buat ambil foto). Kemudian disambung ke pulau Nipah, terus sampai pulau Galang, tempat pengungsi Vietnam (thn 1976-1992) bermukim sementara. Sampai sekarang disitu kita bisa melihat situs-situs tempat peninggalan mereka, mulai dari rumah-rumah, tempat ibadah (pagoda), kapal yg mereka gunakan sampai rumah sakit dan pantai yang dipakai pendaratan dulu. Dengar-dengar tempat ini pernah dipakai untuk shooting Uji Nyali-nya acara TV yang heboh beberapa tahun lalu. Jalannya mulus dan lurus, sampai ngantuk rasanya, total ada sekitar 30 km (butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan smp pulau Galang).

Untuk tempat makan di Batam banyak sekali, mulai dr makanan jawa sampai khas sumatra. Tempat yg pernah dicoba (dan rasanya …yummi), Resto Kediri (Jl. Raden Patah) dekat Batam Center, Seafood dan Kangkung chanya sedap sekali. Golden Prawn (dipinggir pantai), Kepiting, udang dan ikannya juga uenak sekali. Dan bagi yang suka Sop Ikan bisa coba di Yongki di jalan raya Batam Center…hmm.

Untuk makanan moderen ada juga tersedia restoran cepat saji sperti di P. Jawa. Tapi masa sih di tempat ikan melimpah masih cari makanan cepat saji, sayang kan?

Tempat-tempat makan lain di Batam :
Seafood Sapu Jagad, di parkiran sebelah bank lippo cab. Nagoya (malam hari aja baru bukanya), harganya lebih murah, rasa makanannya juga cukup lezat buat lidah org kebanyakn. Posisinya juga lmyn bersih krn mrk pasang tenda d atas tmpt parkir mobil.

Teh tarik, di Sebelah hotel Oasis jodoh, makanannya Halal. Enak banget Tomyamnya..kalo nggak percaya cobain aja. Bukanya sore dari jam 17.00 sampe malam.

Sea Food kaki lima, di Di depan Kafe Rollies Nagoya ada warung sea food kaki lima. Buka dari jam 5 sore. Jualan macam2 sea food. Makanannya enak, tempatnya ga terlalu di pinggir jalan. Menu paling enak : kepiting saus tiram & udang goreng tepung.

Marina Water Front City Sea Food Restaurant, di Water Front City Marina, ke arah Telok Senimba Ferry Terminal, ke arah Holiday Inn Hotel, yang jualan Sea Food dan macam2 lain, tapi katanya sih, …Mahal banget😦, tapi lumayan enak pemandangan laut, Tempatnya agak jauh bisa duduk2 sambil bengong ngeliat laut open air.

RM. Rezeki, di tepi pantai di daerah Batu Besar, udah terkenal kok. jualan macam-macam seafood, kepiting, scallep, udang, gonggong, ikan dan makanan laut lainnya. Tempatnya luas, di atas air di tepi pantai. Hewan2 laut tersebut, disediakan dalam keadaan hidup, kita tinggal pilih mau yang mana sebelum mereka masak. So masih segar dan enak to? Orang lebih suka malam hari ke sana, kayaknya lebih asyik deh.

SeaFood Batu Merah.., Terletak dipinggir pantai, Nama Restorannya “Batu merah” terkenal dengan Cumi goreng tepung, Sop Asparagus, Kepiting saos cabe, yang jualan segala jenis sea food makanannya Halal. Katanya sih, …Kalo’ ke Batu merah, enaknya malam hari..sambil makan bisa liat nelayan sedang menjaring udang dan ikan. Apalagi dengan kerlap-kerlip lampu berwarna warni dari Negara tetangga Singapore.

Sop Seafood Shin-Shin, di Pujasera Batamindo Industrial Park, Muka Kuning. Sop Seafood nya enak dan murah. Kalo pas jam makan siang, bisa penuh sesak pengunjung. Biasanya jam 2 atau jam 3 siang udah habis. Makanya agak pagian dikit deh kalo ke sana (bukanya sekitar jam 10 atau 11 pagi).

RM. Dju Dju Baru, di Nagoya, deket Pasar Nagoya Baru, sebelum Ramayana Dept. Store. Bersebelahan dgn RM. Istimewa, jualan Sop Seafood dan Otak-Otak. Tempatnya oke juga, hampir sama kayak RM. Istimewa. Bisa sebagai alternatif kalo RM.Istimewa ternyata penuh banget. Yang enak juga Sop Seafoodnya.

Tempat-tempat menarik lain:
Nagoya merupakan jantung kota Batam, dimana banyak anda temui hotel, tempat belanja (tradisional dan mall), restoran, biskop, pub, dll. Bank-bank internasional dan money changer pun banyak buka cabang di daerah ini.

Nongsa, merupakan daerah lain di Batam yang cukup ramai. Banyak terdapat resort, hotel, marina dan lapangan golf. Batam View Resort, Turi Beach Resort dan Puri Jaya Resort terletak disini juga. Tering Bay dan Palm Spring Golf course serta Hang Nadim International airport tidak jauh dr tempat ini.

Batam center merupakan area yang direncanakan dan disusun untuk tempat/kegiatan bisnis, seperti Hotel kelas dunia, Mall dan Marina, serta pelabuhan laut internasional ke Singapura dan Johor.

Kabil merupakan pelabuhan laut dalam, yang ditujukan sebagai daerah perdagangan bebas. Di tempat ini kita bisa menyewa perahu layar untuk berkeliling pulau Batam atau ke daerah lain.

Kuli Maha Vihara Duta Mitraya Buddhist merupakan kuil yang terletak di Batam Center dan salah satu kuil Budha yang terbesar di Asia Tenggara.

Imra monument, disini kita bisa melihat patung Dewi Kwan Im setinggi 26 meter.

Waterworld di daerah Dutamas dekat Batam center, dimana kita bisa bermain di taman hiburan dengan kolam renang dan kolam luncur. Daerah ini dikenal juga sebagai daerah malamnya Batam.

Tempat-tempat lain yang ada di Batam misalnya cable skiing, go- carting, Para-sailing, mancing, jet skis, berkuda, tennis, ultra light air craft, joy flight dll.

Selamat menikmati.
(dri berbagai sumber)


Responses

  1. Denger-denger ada mahasiswa dan mahasiswi dari stanford partnership singapore setiap hari minggu datang mengunjungi pulau batam ya…

    karena di sana banyak anak2 putus sekolah…

    benar ga se??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: