Oleh: budisulis | 11 Januari, 2008

Transportasi

TRANSPORTASI
Transportasi di Singapura termasuk yang paling teratur dan nyaman di dunia. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan. Taxi, Bus dan MRT merupakan angkutan publik yang sangat akrab digunakan masyarakat dan para turis.

MRT dan LRT
Mass Rapid Transit atau MRT merupakan kereta cepat yang menguhubungkan seluruh lokasi utama di Singapura. Ada Tiga jalur utama MRT, Jalur North South (NS-Merah), berangkat dari Marina Bay hingga Jurong East melalui Woodlands; Jalur East West (EW-Hijau), beroperasi dari Pasir Ris dan Changi hingga Boon Lay. Jalur North East (NE-Ungu), beroperasi dari stasion Punggol hingga HarbourFront. Jalur NE merupakan jalur yang seluruh relnya berada di bawah tanah (underground), sementara lainnya kombinasi dengan jalan di atas tanah. Ketiga jalur saling terkoneksi melalui stasion penghubung di Jurong East, Dhoby Gaut, City Hall, Raffles Place dan Outram Park. MRT dioperasikan oleh perusahaan SMRT dan SBS Transit. Saat ini tengah dibangun jalur lingkar sepanjang 33 km yang diharapkan akan selesai pada 2010. Menggunakan MRT sangat nyaman dan murah, tarif mulai dari SGD 0.80 hingga maksimum SGD 1.70. Jika dirasa merepotkan, sebagai pengganti pembayaran tunai bisa menggunakan kartu EZ-Link yang bisa diisi ulang. Untuk informasi jadwal dan tarif terbaru dapat dilihat di: http://www.smrt.com.sg.
Selain MRT, kereta listrik cepat (Light Rapid Transit/LRT) berfungsi sebagai feeder untuk area yang tidak dilayani MRT. Jalur operasi LRT di Bukit Panjang, Sengkang and Punggol.

Bus dan Taxi
Bus dioperasikan oleh operator SBS dan SMRT ke seluruh wilayah Singapura. Ada lebih dari 4.000 pemberhentian dengan jumlah bus lebih dari 3.000. Beroperasi 18 jam sehari, bus Singapura mengangkut lebih dari 2 juta penumpang per harinya! Tarif bus mulai dari 70 sen hingga SGD 1,70, melalui pembayaran tunai maupun menggunakan kartu EZ-Link. Dengan menggunakan EZ-Link tarif yang dikenakan lebih murah dibanding membayar cash. Harap diingat jika membayar tunai harus dengan uang/koin pas, karena sopir tidak memberikan pengembalian uang.
Kartu EZ-Link merupakan kartu isi ulang yang dapat digunakan untuk naik MRT maupun Bus. Dengan menggunakan sistem contactless, pengguna EZ-Link cukup menempelkan kartunya pada sensor yang terdapat di pintu masuk stasion MRT atau di dekat pintu bus dan secara otomatis nilai kartu akan berkurang sejumlah ongkos yang harus dibayarkan berdasarkan jarak yang ditempuh. Kartu ini bisa diperoleh dan diisi ulang di stasion-stasion MRT atau di tempat-tempat khusus.
Tarif EZ-Link lebih murah dibanding dengan pembayaran tunai. Untuk frekuensi penggunaan yang tinggi, penggunaan EZ-Link akan lebih menguntungkan dibanding pembayaran dengan cara tunai.

Taxi Singapura termasuk angkutan umum yang paling aman dan nyaman. Ada lebih dari 15.000 taxi beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Tarif taxi termasuk ‘reasonable’ untuk para turis, apalagi jarak yang ditempuh antar satu tempat ke tempat lainnya tidak terlalu jauh. Sehingga kadang lebih ekonomis menggunakan taxi dibanding naik bus atau MRT jika pergi bertiga atau berempat. Tarif taxi awal adalah SGD 2,5 dan bertambah SGD 0,10 untuk setiap seperempat kilometer. Untuk waktu tertentu, lebih dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi ada biaya tambahan hingga 50%. Jika taxi memasuki area terbatas atau area bisnis, misalnya Orchard Rd., akan ada tambahan biaya yang di charge secara otomatis (ERP) antara SGD 0,5 – SGD 2,5. Demikian pula untuk pemesanan melalui telepon dan pemberangkatan dari bandara Changi atau Seletar akan dikenakan tambahan biaya sekitar SGD3 – SGD5. Harap perhatikan taxi umum dengan tarif normal adalah taxi yang berwarna biru, merah, hijau atau kuning dengan mobil sedan Jepang. Taxi warna putih yang menggunakan mobil sedan atau minibus Mercedes, merupakan taxi premium dengan tarif yang lebih mahal. Untuk lebih yakin, kita bisa saja menanyakan kepada supir taksinya. Harap diingat bahwa pada waktu tertentu, adakalanya taxi susah diperoleh atau supir taxi menolak penumpang karena tujuan tidak searah dengan rute kepulangan supir taxi. Untuk perjalanan jarak dekat dan rombongan (berempat) akan lebih ekonomis menggunakan taxi dibanding MRT/Bus.

Maxicab
Salah satu alat transport dari Changi ke hotel-hotel di penjuru kota Singapura (Kecuali di Pulau Santosa) adalah Maxicab. Kapasitas mobil untuk 6 orang dan beroperasi dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam. Biaya yang dikenakan per orang adalah SGD 7 untuk dewasa dan SGD 5 untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Untuk anak di bawah 2 tahun bebas biaya. Untuk rute sebaliknya, Maxicab beroperasi dari beberapa hotel utama. Untuk jelasnya lihat di http://www.citycab.com.sg.

Hop-On Hop-Off
Salah satu alternatif menjelajahi Singapura dengan praktis dan ekonomis, adalah menggunakan angkutan bus khusus yang mengelilingi Singapore secara teratur sepanjang hari. Kelebihan transport ini adalah kita bisa naik dan turun dimana saja, tanpa perlu membeli tiket lagi asal dalam hari atau waktu yang telah ditentukan. Ada beberapa perusahaan yang menyelenggarakan program ini, diantaranya SIA Hop-On dan Hippotours. SIA Hop-On beroperasi setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Dengan tarif SGD 8 untuk dewasa dan SGD 5 untuk anak-anak. Untuk penumpang SIA atau Silkair mendapat potongan harga setengahnya dengan menunjukkan tiket atau boarding pass. Lihat di: http://www.asiatours.com.sg.

Singapore Tourist Pass (STP)
Untuk menunjang layanan, khususnya bagi turis yang berkunjung ke Singapura, pihak Transportasi Darat Singapura (LTA) bekerja sama dengan Badan Turis Singapura (STB) mengeluarkan Kartu Singapore Tourist Pass (STP) yang dapat digunakan tanpa batas pemakaian untuk Bus, MRT maupun LRT. Kartu STP dijual untuk penggunaan 1, 2 atau 3 hari dengan biaya pemakaian SGD 8 perhari. Harga kartu STP sendiri ditambah SGD 10 sebagai deposit yang dapat dikembalikan dalam waktu 5 hari sejak tanggal pembelian. Kartu STP berfungsi juga sebagai kartu diskon dan dapat digunakan untuk mendapatkan program-program promosi lainnya. Pembelian kartu STP secara langsung dapat dilakukan di stasion-stasion MRT atau toko-toko tertentu, bahkan nantinya bisa juga dibeli melalui internet. Pembelian melalui sistem ini dapat dilakukan mulai Maret 2008.


Responses

  1. thanks pak info nya

  2. #Ira: Untuk lengkapnya silakan lihat di: http://www.viator.com/tours/Singapore/Singapore-City-Hop-on-Hop-off-Tour/d18-2065SIN
    Naik-turun di mana saja, sesuka kita asal dalam waktu 24 jam.

  3. pak sy minta info ttg hop on hop off :

    a, Naiknya darimana, tarifnya skrg berapa per org?
    b. Tujuan wisatanya mana sj, berapa lokasi pak?
    c. Apakah hanya lewat atau bs turun utk menikmati dan photo2
    d. Apakah di bis ada guide yg menjelaskan tempat2 wisata yg dikunjungi

    Thanks pak….

  4. #Ade: Pasti bisa dong, cek di mesin beli tiket MRT. Kalau rincian sih gak bisa, cuma total saldonya aja

  5. Pak budi, apakah saldo di ezlink card bisa dicek? Dan Apakah rincian pemakaian juga bisa dicek? Tks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: