Oleh: budisulis | 10 Januari, 2008

Kalendar Tahunan

KALENDAR KEGIATAN TAHUNAN
Setiap tahun ada 11 hari libur nasional di Singapura. Empat hari libur berlangsung pada tanggal tetap, yaitu Tahun Baru, Hari Buruh, Hari Kemerdekaan dan Natal. Hari libur lain bergantung pada kalendar agama/kepercayaan yang diakui di Singapura, yaitu Islam, Kristen, Hindu Budha dan Cina. Walaupun pada hari libur, biasanya toko-toko dan mall serta tempat-tempat hiburan tetap buka seperti biasa.

January/February
Tahun Baru. Malam tahun baru dirayakan oleh seluruh penduduk Sungapura, seperti halnya terjadi di seluruh dunia. Banyak acara-acara perayaan yang diselenggarakan di hotel, restoran atau tempat-tempat hiburan bahkan di tempat terbuka seperti di jalan Orchard dan sekitar Pantai Marina. Demikian ramai semua tempat, hingga jangan berharap mendapatkan taxi pada malam ini dengan mudah. Tanggal 1 Januari dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Tahun Baru Imlek. Jika ingin menyaksikan perayaan tahunan terbesar dan paling meriah di Singapura, datanglah pada puncak perayaan tahun baru cina yang jatuh pada sekitar bulan Februari. Pada tahun 2008, tahun baru Imlek secara umum dirayakan oleh masyarakat Singapura pada tanggal 6-7 Februari dan selama dua hari ini dinyatakan sebagai libur nasional.

Chingay – Parade of Dreams. Sebagai bagian dari perayaan tahun baru imlek, acara tahunan ini diselenggarakan dalam bentuk parade malam hari di jalan Orchard. Acara ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara.
Thaipusam Festival. Festival tahunan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun, sebagai ungkapan rasa terimakasih umat Hindu terhadap dewa Subramaniam. Parade perayaan dimulai dari kuil Sri Perumal di Little India hingga kuil Sri Thandayuthapani. Perayaan dilakukan pada sekitar Januari hingga Februari.

Maret/April
Hari Wafat Isa al Masih (Good Friday). Diselenggarakan dalam bentuk prosesi misa dan penyalaan lilin yang dipusatkan di Gereja Christ. St. Joseph’s di jalan Victoria pada hari Jum’at bulan Maret akhir atau awal April. Tahun 2008 perayaan ini jatuh pada tanggal 21 Maret dan hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.
The Singapore International Film Festival. Kegiatan ini merupakan ajang berkumpulnya insan film Asia maupun internasional. Festival meliputi kegiatan kompetisi, workshop dan penghargaan bagi insan film. Festival Film Singapura diselenggarakan pada bulan April.

Mei
Hari Buruh Nasional. Perayaan hari buruh diperingati setiap tanggal 1 Mei, dan hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Hari Waisak. Pada hari ini vihara-vihara Budha dihiasi dengan lampu dan bunga untuk memperingati kelahiran, kebangkitan dan kematian Budha. Pusat perayaan di laksanakan di Vihara Thousand Lights di Little India atau Vihara Thian Hock Keng di daerah Chinatown. Perayaan diselenggarakan setiap bulan purnama ke-lima di kalendar bulan Budha. Tahun 2008, Waisak jatuh pada tanggal 20 Mei, dan hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Juni
Singapore Great Sale (SGS). Acara sale terbesar di Singapura ini mulai diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 1994. Hampir seluruh toko di Singapura menawarkan potongan harga, bahkan ada yang hingga 70%. Acara tahunan ini diselenggarakan mulai akhir Mei hingga akhir Juli.
Singapore Arts Festival. Selama sebulan, festival ini menampilkan seni musik dan seni mulai dari tingkat lokal hingga tingkat internasional di berbagai tempat pertunjukan. Budaya tradisional maupun modern, ditampilkan dengan cara yang sangat menarik dan mengesankan.
Dragon Boat Races. Acara perlombaan Perahu Naga merupakan acara tradisional tahunan yang telah dikenal di seluruh dunia. Hingga saat ini, perlombaan perahu naga diikuti tim dari 20 negara, termasuk Indonesia. Kita patut bangga karena seringkali wakil dari negara kita memenangkan perlombaan ini. Lomba diselenggarakan sekitar akhir Juni atau awal Juli.

July
The Singapore Food Festival. Pada bulan ini chef lokal berkompetisi untuk menyajikan masakan terbaik kepada masyarakat internasional. Festival ini menampilkan berbagai macam masakan dari seluruh penjuru dunia.

Agustus
Hari Kemerdekaan. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura memisahkan diri dari federasi Melayu, menjadi negara merdeka yang terpisah dengan Malaysia. Hari kemerdekaan ini dirayakan secara meriah setiap tahun di National Stadium dengan menyajikan parade, pertunjukan musik dan pesta kembang api. Tiket masuk hanya dapat diperoleh melalui undian, sehingga tidak semua pengunjung dapat menyaksikan perayaan ini secara langsung di stadion. Hari kemerdekaan ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

September
Mooncake and Lantern Festivals. Secara tradisional, perayaan ini biasa dilakukan dalam menyambut musin gugur, berupa pertunjukan dan kompetisi lentera di taman-taman kota dengan pertunjukan akrobatik, barongsay dan bazar di malam hari. Tempat perayaan dipusatkan di Chinatown setiap bulan September atau awal Oktober.

Formula 1 Grand Prix
Mulai tahun 2008 Singapura dipercaya untuk menyelenggarakan balap mobil terbesar di dunia, yaitu Grand Prix Formula 1 (F1). Balapan di Singapura merupakan satu-satunya yang diselenggarakan pada malam hari. Balapan dilakukan di jalan raya sekitar Marina Bay dan berlangsung pada tanggal 28 September 2008.

October/November
Hari Raya Idul Fitri. Suasana Ramadhan di Singapura akan terasa jika kita berada di sekitar Masjid Sultan di Kampung Gelam, yaitu banyaknya penjaja makanan untuk berbuka puasa. Puncak bulan Ramadhan dirayakan pada hari Idul Fitri yang jatuh pada setiap tanggal 1 bulan Syawal. Walau libur resmi nasional hanya 1 hari, tapi perayaan dilakukan oleh umat muslim di Singapura selama 3 hari. Di kampung Melayu dan daerah Isam lainnya, Idul Fitri terlihat semarak dengan banyaknya hiasan lampu. Pada tahun 2008 ini, Idul Fitri jatuh pada tanggal 2 Oktober.

Deepavali. Umat Hindu merayakan Deepavali atau tahun baru kalendar Hindu. Tahun baru ditandai dengan hiasan lampu di kuil-kuil di sekitar Little India. Perayaan dilakukan setiap tahun, tergantung pada kalendar hindu yang jatuh sekitar akhir Oktober atau awal November. Kunjungi bazar dengan berbagai makanan, pakaian dan perhiasan khas India. Hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Desember
Hari Raya Idul Adha. Selain Idul Fitri, hari besar umat Muslim lainnya yaitu Idul Adha atau Idhul Qurban di rayakan sebagai hari libur nasional. Pada tahun 2008 perayaan Idul Adha dilakukan pada tanggal 9 Desember dan hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Hari Natal. Seperti halnya di belahan dunia lain, hari Natal di Singapura dirayakan secara meriah bahkan sebelum tanggal 25 Desember. Puncak perayaan pada tanggal 25 seperti biasa juga dirayakan di Orchard Road, berupa parade hiasan natal di setiap mall/toko dan tentunya Year End Sale. Pada setiap tanggal ini dinyatakan sebagai hari libur nasional.

Untuk informasi jadwal tahunan lihat di: http://www.realdestination.com.


Responses

  1. Hi, kalo mau tau apa aza yg lagi happing di Singapore seputar Formula 1, liat2 aza ke http://www.singasik.com/. See you there.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: