Oleh: budisulis | 4 Januari, 2008

Uang dan Bank Singapore

UANG DAN BANK SINGAPURA
Mata uang Singapura adalah dollar ($) atau SGD. Uang dollar terdiri dari uang kertas dengan nominal $1 (uang lama), $2, $5, $10, $20, $50, $100, $200, $500, $1000, $5.000 dan $10.000. Uang koin terdiri dari nominal 1, 5, 10, 20 dan 50 sen serta $1. Tempat penukaran uang (money changer) tersebar di pusat pertokoan seperti di Lucky Plaza atau Sim Lim Square.
Pergi ke Singapura jelas harus membawa bekal uang yang cukup, minimal untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di sana. Berapa jumlah uang yang sebaiknya dibawa? Tentunya sangat relatif, tergantung dari tujuan kita pergi ke sana. Pada bagian lain akan dibahas hal ini.
Rata-rata retailer di Singapura menerima pembayaran secara tunai atau melalui kartu kredit, walau ada juga yang hanya menerima tunai saja. Di Mall atau toko-toko besar, penggunaan kartu kredit tidak dikenakan biaya tambahan. Namun di toko-toko tertentu, seperti di Sim Lim Square atau di Lucky Plaza penggunaan kartu kredit biasanya dikenakan biaya tambahan sekitar 3%. Untuk itu ada baiknya sebelum transaksi bertanya lebih dahulu mengenai jenis pembayaran dan biaya tambahan yang dikenakan.
ATM tersebar di mana-mana, terbanyak dari Bank BDS/POSB. Pengambilan uang di ATM hanya memungkinkan jika kita memiliki kartu kredit internasional seperti Visa atau Mastercard. Tentunya biaya tambahan yang dikenakan cukup besar, termasuk biaya karena selisih nilai tukar kursnya. Beberapa bank di Indonesia telah bekerja sama dengan bank di Singapura, misalnya BII bekerjasama dengan BDS untuk pengambilan tunai di masing-masing ATM dan Bank NISP yang bekerja sama dengan OCBC Singapura. Sistem kerjasama seperti ini mengenakan biaya yang lebih kecil, bahkan ada yang gratis.
Pengiriman uang dari Singapura ke Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui bank Singapura atau Bank BNI yang bekerjasama dengan SingPost atau bisa melalui jasa Remittance yang banyak tersebar di Lucky Plaza. Biaya yang dikenakan oleh remittance maupun oleh BNI/SingPost rata-rata SGD10 untuk berapapun jumlah uang yang dikirimkan, sedang melalui bank lain biaya pengiriman biasanya lebih besar.
Bank umumnya beroperasi mulai pukul 09.30 sampai pukul 15.30, dari hari Senin sampai Jumat. Dan mulai pukul 09.30 sampai pukul 11.30 pada hari Sabtu. Penukaran uang rupiah ke SGD dapat dilakukan di semua bank, hotel, dan tempat-tempat yang menunjukkan tanda “Licensed Money Changer”. Tentunya hal ini kita lakukan jika dalam keadaan terpaksa, karena rate yang ditawarkan lebih kecil dibanding penukaran di Indonesia. Untuk itu kita harus cermat membandingkan antara satu tempat dengan tempat lainnya.


Responses

  1. #Jonatan: Uang segitu, diluar beli oleh2 sih cukup kok.

  2. Pak Budi yg baik,saya dengan uang saku 250SGD untuk makan ,transport dan jalan2 selama 2hari di singapore apakah cukup ( untuk 1org /bln Des 09)? trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: