Oleh: budisulis | 21 Oktober, 2012

Kenali Musim Sebelum ke Seoul

Seoul terletak di sebelah utara Korea Selatan yang memiliki 4 musim. Musim dingin dimulai pada bulan Desember, dimana suhu mulai mencapai titik beku dan puncaknya terjadi di bulan Januari, dimana suhu kota Seoul berada di bawah 0 derajat Celcius. Pada musim dingin ini salju akan kita temui disepanjang jalan, pohon-pohon, atap rumah dan apapun yang ada dipermukaan jalan kota Seoul. Karena suhu udara begitu dingin, perlu persiapan pakaian yang cocok untuk musim ini, terlebih bagi orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan suhu cuaca ekstrim.
Gunakan pakaian berlapis dan jaket tebal, tutup kepala dan telinga, sepatu tertutup yang dapat menahan dinginnya salju dan sarung tangan.

Memasuki bulan Maret hingga Mei kota Seoul mulai memasuki musim semi. Suhu udara pun mulai naik, walaupun mungkin bagi sebagian orang Indonesia suhu ini masih terbilang dingin. Musim semi disambut gembira oleh warga kota Seoul karena udaranya sangat nyaman untuk menikmati panorama alam yang begitu indah. Pada musim semi banyak festival yang diadakan di kota Seoul, dan yang paling menarik tentunya adalah Festival Cherry Blossom (Bunga Sakura). Di kota Seoul satu tempat yang populer dengan jajaran pohon sakura adalah Yeouido, sebuah area di pusat kota di sepanjang Sungai Han. Pohon bunga sakura yang tersusun rapi di sepanjang jalan Yeouido, ramai dikunjungi penduduk Seoul dan juga turis asing. Sambil bercengkrama dengan keluarga atau teman, mereka menikmati hangatnya musim semi di bawah pohon sakura dengan mengadakan berbagai acara seni pertunjukan.
Selain itu bunga sakura juga dapat dinikmati di Seoul Grand Park, Namsan Park dan Istana Daeksogung. Ingat bunga sakura memiliki waktu mekar yang terbatas (sekitar 1 minggu) dan tidak sama untuk setiap area, sehingga harus tepat menjadwalkan kunjungan ke festival ini (awal April).

Walaupun cuaca tidak sedingin pada bulan Januari atau Februari, kita harus tetap memperhatikan pakain yang dikenakan. Gunakan pakaian tebal atau jaket ringan dan sepatu casual yang dapat menahan hawa udara di musim semi.

Suhu tertinggi terjadi pada saat musim panas, yaitu antara bulan Juni hingga Agustus. Suhu panas dan udara yang lembab, mirip dengan cuaca di Indonesia, sehingga kita bisa langsung menyesuaikan diri dengan udara kota Seoul. Namun pada musim ini hujan sering turun tanpa diduga, demikian pula dengan cerahnya udara tidak selalu terus menerus, sehingga penting untuk menyediakan payung atau jas hujan. Gunakan pakaian yang nyaman, seperti pakaian sehari-hari di Indonesia.

Musim gugur, seperti musim semi merupakan waktu yang cukup nyaman untuk mengunjungi Seoul. Namun pada musim ini daun-daun mulai berguguran untuk menyambut musim dingin yang akan tiba. Musim gugur dimulai dari bulan September hingga November. Kenakan pakaian yang cukup hangat untuk menahan angin dan udara yang mulai menurun.

About these ads

Responses

  1. #Nabila: pertengahan bulan september biasanya suhu masih hangat, sekitar 26 derajat.

  2. Pak kalo 13 atau 14 september kia kira sudah masuk musim gugur atau belum? Suhu brp derajat dan baju seperti apa yg harus dibawa?

  3. teengkyuu infonya, sangat membantu sekali karena ada rencana ke korea awal buran maret 2014 ini

  4. selalu Happy tiap baca blognya pak Budi :D
    mau tanya pak, di korea bulan oktober-november itu sudah dingin kah?
    kita ada rencana kesana dibulan itu ingin merasakan dingin korea tapi tidakekstrim, apakah cocok untuk jalan-jalan? dan apakah suka hujan dibulan2 itu?
    Makasih pak budi, sukses selalu

  5. Hebat deh… Makasih bantuannya!

  6. #Putri: sept masih cukup panas

  7. Pak mau tanya kalau awal bulan september sekitar tgl 4 september sudah masuk musim apa yahh? apa masih summer atau sudah mulai musim gugur? terimakasih pak

  8. #Fito: harga murah barang bagus ya di ITC mangga dua pastinya.

  9. Pak Budi, mohon info untuk beli perlengkapan winter kaLo di Jakarta, bapak recumment di toko apa / dimana ?
    Mungkin ada kenaLan dan harga murah, Trims

  10. Pak kl bulan novembee musim apa ya.karena rencana tgl 31 sampe tgl 8 november saya akan ke korea

  11. Pak Budi, 12 okt 2013 saya akan ke korea, bro derajat suhu pd wakti iti. Thx

  12. #Yohana: biasanya bulan mei sdh lewat mekarnya

  13. #Cisa: belum terlalu dingin sih

  14. #Rizal: september peralihan dr musim panas ke musim gugur, suhu sktr 28 derajat

  15. Pak Budi mau tanya, tanggal 5 – 11 Mei 2014 nanti kami mau ke Korea. Apakah kami masih bisa menikmati mekarnya bunga sakura? Bagaimana shu udara di sana? Tks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: