Oleh: budisulis | 14 Mei, 2012

Jangan Takut Naik Bus Kota di Singapore

Bagi sebagian orang, bepergian dengan bus kota di Singapore terasa rumit dan susah. Benarkan seperti itu? Tidak sepenuhnya benar. Rumit? Mungkin, jika melihat ada puluhan rute dan ratusan tempat pemberhentian, serta ada sekitar 300 bus yang beroperasi mengangkut hampir 2 juta penumpang setiap harinya. Susah? Ya jika kita tidak tahu rute dan cara naik/turunnya. Bus kota Singapore, yang saat ini dioperasikan oleh dua perusahaan SBS Transit dan SMRT, merupakan angkutan umum paling ekonomis yang menjangkau ke hampir seluruh penjuru kota, bahkan hingga ke negara tetangga. Hampir di setiap jalan-jalan utama terdapat rute bus yang terintegrasi dengan rute lainnya, dan seperti halnya MRT, kita dapat berpindah-pindah rute dengan ongkos total berdasarkan jarak dari tempat kita naik hingga kita sampai di tujuan akhir, walaupun berpindah-pindah bus. Ya mulai Juli tahun 2010, perhitungan ongkos naik bus kota di Singapore didasarkan pada jarak tempuh total yang dilakukan oleh setiap penumpang dari tempat awal naik hingga tujuan akhir, bukan pada banyaknya naik bus. Misalkan kita akan pergi ke Jurong Bird Park dari Orchard rd, maka kita akan naik bus 174 di depan Orchard Station terus berganti bus nomor 251 di Boon Lay, dengan ongkos total $1.77. Ongkos ini adalah ongkos total dari Orchard ke Boon Lay dan Boon Lay ke Jurong Bird Park. Namun ada ketentuan bahwa pada saat naik bus pertama kita harus men tap kartu Ezlink demikian pula pada saat turun di Boon Lay. Pada saat pindah bus 251 di Boon Lay kita kembali men tap kartu Ezlink kita dan men tap pada saat sampai di tujuan. Dengan waktu perpindahan antar bus tidak lebih dari 45 menit dan total perjalanan kita tidak melebihi 2 jam, maka sistem akan menganggap kita melakukan transfer antar bus dan tarifnya adalah tarif berdasarkan jarak dari titik awal naik sampai ke tujuan kita, canggih bukan?

Selain kecanggihan sistem pembayaran ongkos bus tersebut, kita dapat mempersiapkan rencana perjalanan menggunakan bus melalui situs: www.gothere.sg

Situs ini menyajikan berbagai alternatif transportasi (Bus, MRT, Taxi dan Kendaraan sendiri) yang dapat digunakan secara real time, artinya pada saat kita menggunakan web ini, waktu tempuh dan waktu menunggu bus yang dimaksud dapat diperkirakan sesuai dengan kondisi real yang sedang terjadi di jalan Singapore.
Untuk menggunakan situs ini, ketikan saja tempat awal kita akan naik dan tujuan kita, contohnya:
“Orchard to Jurong Bird Park” pada kotak kiri sebelah atas. Situs gothere akan menyajikan 4 alternatif transportasi yang dapat digunakan, yaitu dengan bus , MRT, Taxi atau kendaraan sendiri. Masing-masing dengan rute, waktu tunggu, waktu tempuh dengan kendaraan atau jalan kaki dan tempat –tempat kita harus naik dan turun lengkap dengan banyaknya stasion yang dilalui.


Naik bus kota lebih praktis dan tidak perlu berjalan jauh, seperti halnya naik MRT. Tempat pemberhentian dirancang sedemikian rupa agar nyaman dan terlindung dari terik matahari atau hujan. Sepanjang perjalanan juga kita dapat menikmati pemandangan kota yang beraneka ragam, sehingga kita dapat mengetahui kondisi yang terjadi saat itu. Memang dibandingkan dengan Taxi atau MRT, perjalanan dengan bus bisa lebih lama, tapi untuk jarak dekat sangat dianjurkan naik bus, karena lebih praktis dan lebih cepat sampai ke tujuan.
Dengan menggunakan bantuan situs gothere.sg, kita dapat menentukan rencana perjalanan kita di Singapore dengan mudah, murah dan nyaman. Jadi mulai sekarang, jangan takut untuk bepergian dengan bus kota di Singapore, karena semuanya bisa direncanakan dengan pasti.

About these ads

Responses

  1. #Leny: sebagian besar harga yg tercantum sudah termasuk pajak layanan, tapi kalau tidak yakin silakan tanya dulu ke pelayannya.

  2. pak budi klo dine in di restaurant singapura kena biaya tambahan lagi ga? dan harga yang tertera di daftar menu sudah include pajak dan pelayanan blon? trimakasih

  3. #Santi Y: Silakan lihat di http://www.airbnb.com atau http://www.travelmob.com

  4. Mohon infonya penginapan yg murah dan bersih di Singapura. Thx

  5. Emang susah gampang naek bus. Tapi supirnya pd baik2. Sempet nyasar entah dmana. Nanya k supir malah d jawab : Sampai kamu punya tujuan. Senangnya. G kapok naek bus d singapore


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: