Oleh: budisulis | 3 April, 2012

Makanan Halal Hong Kong

Mencari makanan halal di Hong Kong memang tidak semudah seperti di Singapore atau Kuala Lumpur. Namun jangan kuatir ada beberapa tempat yang menyediakan makanan halal, namun kali ini hanya tiga tempat yang akan dibahas disini.

1. Restoran Popeye
Restoran Popeye terletak di Terminal 1 Keberangkatan Bandara Hong Kong (HKIA) lantai 7, dekat tempat check-in dan di dalam terminal keberangkatan. Restoran Popeye menyajikan makanan cepat saji halal dengan menu khas berupa ayam goreng, burger, kentang dan makanan lainnya. Label Halal terpampang di depan pintu masuk restoran, sehingga tidak menimbulkan keraguan bagi umat muslim.
Harga makanan bervariasi untuk menu set makan pagi/siang berkisar antara 30-40 dollar, sedangkan untuk harga satuan berkisar antara 10-20 dollar.

Untuk menuju tempat ini, jika kita keluar dari terminal kedatangan (lantai 5) naik ke lantai 7, berjalan ke arah pintu masuk dekat konter check-in airline dan dekat pertokoan.

2. Warung Malang

Warung Malang merupakan salah satu tempat makan Indonesia yang sangat terkenal di Hong Kong. Pemiliknya, pa Nurali dan istri sudah menetap di Hong Kong selama lebih dari 40 tahun, bahkan sebelum beliau pensiun bekerja di kedutaan Indonesia di Hong Kong. Warung Malan menyajikan aneka masakan khas Indonesia, dan bumbu-bumbu serta beberapa bahan baku memang sengaja didatangkan langsung dari Indonesia. Soto Ayam, Nasi Goreng, Gado-gado, Gule, Sate, Nasi Rames, Sop Buntut dan banyak lagi adalah makanan yang sehari-hari disajikan di restoran yang menempati gedung kecil di Pennington street Causeway Bay. Bukan hanya orang Indonesia yang senang berkumpul di tempat ini, orang lokal pun senang dengan masakan Warung Malang, terbukti tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Warung Malang buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam, dengan harga makanan bervariasi mulai dari 30 dollar hingga 50 dollar.
Rasa makanannya? Tidak kalah dengan restoran di Indonesia. Jadi kalau kita kangen dengan makanan Indonesia selama di Hong Kong, jangan lupa mampir ke Warung Malang.
Untuk mencari tempat ini sangat mudah, patokannya adalah dari pintu keluar stasion MTR Causeway Bay Exit F, keluar stasion belok kiri jalan sekitar 15 meter terus belok kanan menyusuri jalan Jardine’s Bazaar sekitar 150 meter sampai bertemu perempatan belok kanan. Warung Malang berada di lantai 2 gedung Dragon rise, sebelah kanan sekitar 15 meter dari perempatan tadi, sebelah toko sound system. Ada tanda yang mudah dikenali, yaitu adanya spanduk Bank BCA yang ditempel di atas gedung ini.

3. Kantin Masjid Wanchai

Kantin ini terletak di Masjid Wanchai lantai 5. Menyajikan anekan makanan khas china halal. Buka mulai dari pagi jam 10 sampai jam 3 sore dan buka kembali untuk makan malam mulai dari jam 6 sore hingga jam 9 malam. Masakan khas yang harus dicoba tentunya adalah Dimsum yang disajikan hanya pagi hari sampai jam 3 sore saja. Sedangkan untuk makan berat harus dicoba beraneka masakan china yang dioleh oleh chef muslim yang rasanya luar biasa lezatnya.
Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh muslim dari berbagai belahan dunia yang kebetulan sedang berkunjung ke Hong Kong. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal untuk ukuran Hong Kong, berkisar antara 30-50 dollar per orang.
Untuk mencari tempat ini agak sedikit susah, karena letaknya yang tidak di jalan utama. Patokannya kalau dari stasion MTR Wanchai Exit A2, keluar belok kiri menuju Hennesy road, jalan sekitar 900 meter hingga pertigaan Tonnochi road. Di seberang jalan terdapat taman dan tangga menuju ke atas jalan Wanchai, melewati lapangan basket. Jika ingin lebih cepat, naik Tram dari depan stasion Wanchai dan turun di dekat tonnochi road. Berjalan naik melewati lapangan basket hingga melewati pertigaan ke dua, belok kiri. Tidak jauh dari situ sebelah kiri kita sudah sampai di masjid Wancai.

About these ads

Responses

  1. haha..no 3 sudah pernah saya datangi dan ketemu dengan pak haji pemilik no 2 (warung malang). Dimsum nya enak banget. daging domba tumis nya juga sedap. saya tulis di blog saya : http://asambackpacker01.wordpress.com/2013/11/05/cuti-2013-3-the-venetian-macau-lezatnya-dimsum-masjid-ammar-wanchai-dan-gemerlap-hongkong-the-peak/
    Rasanya ngangeni pengen ke sana lagi, tapi nunggu ada rezeki dan kesempatan berikutnya.
    Mc Donald disana jual menu babi crispy, nama produknya Tonnocy. So, buat yang Muslim hati-hati.

  2. #Nadya: insyallah didoakan. VOA shenzhen gak pk foto. Utk penggunaan cc org lain boleh kok, gak masalah, yg penting bayar kan? Hehe

  3. pak budi makasi info makanan halal di hongkong..lusa saya mw berankat nih heehee.doakan lancar sja ya…untuk apply voa d SZ perlu pas photo tidak pak budi? oh ya pak budi mw tanya jg klo pembelian tike LION air domestik menggunakan CC nama org lain tidak ikut penerbangan bisa gak? krn sya uda book tiket LION JKT-SRG pake CC temen ane yg g ikut penerbangan dan kebetulan posisi saya dan teman saya beda kota…mohon arahannnya ya pak budi.trims banyak

  4. #Dinni: wah ikut senang sdh lancar jalan-jalannya. Silakan din dikutip aja, memang utk di share kok. Iya kebetulan skrg dpt sponsor dr produsen notebook utk benchmark ke luar.

  5. Pak budi,alhamdulillah saya selamat balik lagi ke bandung setelah Hongkong trip kemarin. Salah satu penolongnya ya blog pak budi ini. btw saya mau posting artikel ttg pengalaman saya mencari makanan halal di Hongkong di web theurbanmuslimah.com apakah saya boleh pinjam foto depan mesjid wanchai , kemarin tidak sempat foto depannya karena sedang renovasi. saya akan cantumkan sumber foto mesjidnya dari web pak budi. xie xie sekali lagi pak atas petunjuknya :) btw asik ya skrg mahasiswanya juga ikutan benchmark ke luarnegeri, dulu kan gaada hehe


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: