Oleh: budisulis | 15 Maret, 2012

Visa Shenzhen Boleh Lagi

Tgl 15 Maret ini saya kembali ke Shenzhen dan kembali melalui Lowu atau Luo hu border. Ada perasaan antara yakin dan gak, mengingat beragamnya info yang diterima antara boleh dan tidak apply visa di lowu border. Namun dengan tekad bahwa kalaupun gak bisa apply, tinggal balik lg ke Hkg, maka saya jalan terus ke perbatasan. Jam menunjukkan pukul 8.30 pagi saat saya menuju loket pengajuan visa di lantai dua, di dekat pintu masuk imigrasi shenzhen. Tidak tampak orang duduk atau menunggu di kursi yang tersedia di situ. Tapi kantornya buka dan disitu tertulis jam buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 11 malam. Tidak ada tulisan tutup atau tulisan yang menunjukkan visa on arrival tdk diberikan, jadi VoA boleh diajukan….Alhamdulillah.Kemudian saya isi form aplikasi yang tersedia di depan piintu masuk, kemudian saya ambil nomor antrian dan segera memasukkan paspor, form dan jg nomor antrian.

Petugas kemudian menyerahkan potongan nomor dan menyuruh untuk menunggu giliran proses berikutnya, yaitu membayar biaya visa sebesar 168 Yuan atau RMB. Setelah nomor saya muncul di atas loket pembayaran saya pun maju dan menyerahkan uang yang diminta. Bagi kita yang tidak memiliki RMB, bisa menukarkan uang kita di kantor penukaran yang terletak di sebelah kantor pengajuan visa ini. Setelah membayar, saya kembali menunggu di kursi yang tersedia. Akhirnya setelah beberapa saat nomor saya muncul di atas loket ke-3, artinya proses pengajuan visa sudah selesai dan kita boleh melewati imigrasi shenzhen. Harap diingat bahwa visa ini hanya berlaku di wilayah khusus Shenzhen dan berlaku hanya 5 hari saja.
Demikian laporan langsung dr Shenzhen.

Shenzhen, 15 Maret 2012.

Responses

  1. #Sanve: naik MTR keburu kok, asal berangkat dr hotel sktr jam 7/8 pagi. Imigrasi jam 6 sdh buka.

  2. Salam Pak Budi,

    saya mau tanya dong, juni ini saya rencana ke hkg, macau, shenzhen. hari terakhir dari shenzhen mau langsung ke Hongkong Airport. Cuma penerbangannya jam 1 siang, jadi kan paling lambat jam 11 siang saya sudah harus sampai airport. Yang mau sy tanyakan, apakah keburu kalau naik MTR? hotel sy di shenzhen di laojie. Kantor imigrasinya buka jam brp kalau cuma untuk keluar shenzhen (tidak urus apa2)

    Thanks..

  3. pak budi, mohon infonya dong klo sy ke shenzhen dari macau dengan ferry di shekou port lalu sy mo lanjut ke hongkong dr shenzhen apakah bs dr lowu ato sy hrs lwt shekou lg krn voa sy di shekou? trimakasih pak…

  4. Pak budi, kalo dari makau ke shenzhen naik ferry cotai jet bisa ga? Ato hrs turbojet? kalo dari shekou port mau ke luohu ato dongmen dengan bus ato mrt, bus ato mrt nya nomor brp y?

  5. yakin pa? krn ada beberapa web/ blog yg menyebutkan bahwa: “to enter via shekou for indonesia citizen you must have china’s visa” dan tidak bisa VOA.

    kemudian apabila :
    kita naik bus 43-A turun di Sheung Shui, tinggal terusin naik MTR ke Lo Wu.
    apakah bisa urus VOA?

    terimakasih

  6. #Julius: bisa, lewat Shekou

  7. Dear pa Budi, salam kenal, saya berencana ingin liburan ke Shenzhen, apakah bisa VOA jika kedatangan dari Macau melalui ferry?
    terimakasih

  8. Malam pak Budi,terima kasih balasannya. Utk tahun baru ini bisa Voa gak ke Shenzen,sudah dapat info gak, Desember ini di imigrasi sana? Aku males urus ke kedutaannya. Thank you.

  9. #Indriani: voa cm bisa dipakai sekali, gak bs bolak balik, kecuali ngajuin visa multy entry china di jkt

  10. Selamat malam Pak Budi, saya rencana mau ke Hongkong 30 Des -03 Jan 14, ini bersama suami. Bisa gak ? voa ke Shenzen dari Hk? atau misalnya kita sudah dapet voa Shenzen,terus kita ke Hk,besoknya mau masuk lagi boleh gak,misalkan sehari lagi,atau 2 hari. Terima kasih

  11. #Rina: kalau udah punya visa bisa langsung ke sana, tp kalau hrs apply voa dulu, kl gak salah kantor imigrasinya cm buka sampai jam 10 malam.

  12. #Ronny: gak ada larangan bawa dus brg yg dibeli ke jkt. Sim card hkg gak bs dipakai di shenzhen. Utk airport express plg dekat ke central.

  13. pak…kalo landing di hkg 20.30 bisa langsung ke shenzhen ga ya? katanya dari airport ada trabsport lgsg? apakah sampe shenzhen masih bisa voa?

  14. terimakasih banyak Pak Budi atas jawabannya. sama mau nanya sedikit lg nih Pak.. hehe.. maklum pertama kali ke HK.
    1. apakah ada batasan membawa barang pembelian di HK? misal saya beli sepatu, apakah dus nya ditinggal di HK apa boleh dibawa ke JKT? atau beli hp / camera apakah boleh membawa dus nya ke JKT?
    2. jika saya di Hongkong airport membeli sim card Hongkong. besok nya saya ke Shenzhen dan Macau. apakah sim card nya bs di pake di Shenzhen dan Macau apa saya harus beli sim card lg?
    3. mana area yg lebih recommend untuk mudah ke airport menggunakan mtr/airport express causeway bay/ Central atau Tsim Sha Tsui?

    terimakasih banyak Pak Budi atas bantuan jawabannya. God bless you.

  15. #Ronny: Selama ini tidak masalah buat VoA di Lowu. Keluar bisa langsung dari Shekou port. Yang jelas agar diperhatikan jadwal ferrynya, kalau imigrasi sih ngikut jadwal ferry di situ.

  16. Pak Budi, saya mau tanya sedikit dong. mohon pencerahannya.
    saya tgl 19 nov 2013 – 27 nov 2013 mau trip ke Hk-shenzhen-macau-hk. saya jam 6 pagi tgl 20 nov sampe HKIA dari situ saya lgsg ke shenzhen menuju lowu border untuk buat voa disana. saya semalam di shenzhen dan besoknya tgl 21 saya ke macau 2 hari dan lanjut ke Hongkong 4 hari.

    pertanyaan saya Pak,
    1. apakah ada masalah untuk buat voa di lowu border? saya tdk punya visa china dan sudah booking hotel di shenzhen?
    2. jika saya besoknya mau ke Macau dari Shenzhen apakah saya harus keluar lagi melalui lowu / louhu atau saya bisa langsung dari shekou port via ferry?
    3. jika saya ke macau dari shenzhen sore hari apakah masalah? takutnya jam nya tutup?
    thanks ya Pak buat jawabannya..

  17. thank you blognya… lumayan dapat ilmu secara bsk mau brgkt ^^

  18. ooh sudah bisa ya pak budi?
    soalnya terakhir saya kesana sekitar tahun 2010 sempat ditolak dibagian VOA lowu, alesannya paspor indonesia harus urus di kedutaan indonesia di hongkong..jadilah saya diusir-usir seperti pengungsi gelap di border hahahaha.. pengalaman yang tidak akan terlupakan..

  19. Yth Pak Budi

    Sy berencana ke hongkong plus macau dan shenzen …
    1. sbnrnya shenzen ini worthed dikunjungi gak ya? kl sy jalan dari causeway bay hongkong, brp lama waktu minimal utk menikmat shenzen? khusus ke 2-3 tempat icon saja disana

    2. di hongkong+macau+shenzen kl bulan mei biasanya musimnya gmn ya pak?

    Tks pak :)

  20. #Daisy: kl lgsg ke shenzhen hrs urus visa disini, ga bs voa di bandara shenzhen.

  21. Pak Budi rencananya saya Dan keluarga tanggal 10 October ini mau langsung ke Shenzen 2 malam saja baru ke hongkong dengan kereta Dan pulang ke Indonesia lewat Hongkong , sebaiknya Urus visa di sini ato tanggal segitu bisa VOA?

  22. #Riana: trims infonya

  23. Pak Budi, sekedar berbagi info saja. Kemarin ini saya ke Shen Zhen akhirnya tidak berani urus sendiri visanya. Saya minta tolong jasa hotel setempat Cityecono (email: cityecono@yahoo.com). Dia adalah orang Medan yang sudah lama pindah ke Hong Kong, jadi bisa berbahasa Indonesia. Dia menyediakan guest house City econo dan juga jasa pembuatan visa dan tour. Kemarin itu saya tidak menginap di guest housenya, hanya meminta tolong membuat visa ke Shen Zhen saja. Yang saya heran, biaya pembuatannya lebih murah…HKD 150. Saya hanya perlu mengirimkan data paspor melalui email dan mentransfer biayanya ke rekening BCA, nanti bertemu dengan orangnya di perbatasan HK dengan SZ. Bagi yang takut tidak bisa membuat sendiri VoA, bisa melalui dia saja, biayanya juga lebih murah.

  24. #dewi: saya kurang tahu, tp yg jelas trafik org yg melintas lowu pd hari2 itu meningkat berkali lipat. Kl memungkinkan ke shenzhennya sblm golden week, krn pasti akan padat sekali


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 148 pengikut lainnya.

