Oleh: budisulis | 26 Desember, 2011

MEMBELI BELAH – BELANJA ALA MALAYSIA

Kegiatan belanja (istilah orang Malaysia: Membeli-Belah) merupakan salah satu daya tarik wisata kota Kuala Lumpur. Berbagai macam tempat belanja tersedia di kota ini, mulai dari jongko, toko, bazar, pasar malam, pusat perbelanjaan, mall hingga orang-orang yang menawarkan jualannya di pinggir jalan hanya dengan menggelar koran. Pada umumnya toko dan mall di Kuala Lumpur buka mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Beberapa jongko malah buka dari pagi hingga dini hari.

Waktu Obral
Kuala Lumpur memiliki sejumlah musim diskon dan obral, dimana kita bisa mendapatkan harga murah untuk beragam barang. Musim diskon di Kuala Lumpur berlangsung pada saat bulan diskon Malaysia, yaitu pada bulan Maret-April saat berlangsung Grand Prix F1 Malaysia, bulan Juli hingga September atau yang dikenal dengan nama Malaysia Mega Sale Carnaval dan bulan November hingga Januari yang dikenal dengan bulan Malaysia Year-End Sale. Harga yang ditawarkan pada bulan-bulan ini bisa mendapatkan potongan hingga 75%. Kalaupun kita tidak bisa mengikuti kegiatan obral pada bulan-bulan ini, akan selalu ada toko-toko di Kuala Lumpur yang memberikan potongan harga setiap harinya. Untuk informasi potongan harga di Kuala Lumpur silakan lihat di: http://www.shoppingnsales.com/warehousesales/ atau http://www.bigsale.com.my/,
http://www.offerstation.com/ dan http://www.everyday.com.my/

PUSAT PERBELANJAAN
Area Bukit Bintang
Bukit Bintang merupakan area dimana beberapa pusat perbelanjaan dan hotel yang ternama berada. Bukit Bintang berada di kawasan Segi Tiga Emas (Golden Triangle) Kuala Lumpur yang dibatasi jalan Bukit Bintang, Jalan Sultan Ismail dan Jalan Imbi. Mega mall dan kompleks perbelanjaan berada di area ini dan saling berdekatan satu dengan lainnya, menawarkan segala macam kebutuhan yang sesuai dengan bujet dan selera. Area perbelanjaan Bukit Bintang berada pada jalur stRategis yang dilalui berbagai transportasi umum. Selain itu pada malam hari area Bukit Bintang menawarkan berbagai macam hiburan malam, mulai dari pertunjukan gratis di pinggir jalan hingga tempat-tempat mewah yang menampilkan berbagai atraksi dengan harga mahal.
Sepanjang jalan Bukit Bintang terdapat banyak toko, baik barang bermerek ataupun produksi lokal. Kompleks pertokoan utama yang terletak di area Bukit Bintang diantaranya adalah Ain Arabia, Starhill Gallery, Sungei Wang Plaza, Bukit Bintang Plaza, Lot 10, Low Yat Plaza, Fahrenheit 88, Imbi Plaza, Berjaya Times Square dan Pavillion.


Area Ampang
Di area ini terdapat tiga mall besar, yaitu Ampang Park, Ampang Plaza dan Suria KLCC. Suria terletak di Kuala Lumpur City Center (KLCC). Kompleks perbelanjaan yang mewah dengan berbagai merek ternama yang memanjakan semua pengunjung. Merek-merek internasional dan lokal dijual di mall yang berada dibawah kaki menara kembar Petronas ini. Pakaian, perhiasan, elektronik dan kebutuhan rumah, mainan serta tempat makan yang halal, bahkan Petrosains pun tersedia di sini. Untuk mencapai mall Ampang Park dan Ampang Plaza naik LRT turun di stasion Ampang Park, sedangkan untuk menuju Suria KLCC kita naik LRT dan turun di stasion KLCC

Petaling Street /Chinatown
Seperti halnya di kota-kota lain, wilayah Pecinan atau Chinatown selalu menjadi tempat yang sibuk dan ramai. Jalan Petaling sebagai pusat belanja di Kuala Lumpur sudah ada sejak kota ini berdiri puluhan tahun lalu. Jalan Petaling merupakan salah satu tempat yang wajib didatangi oleh turis yang datang ke Malaysia. Segala macam barang dijual di jalan yang panjangnya hanya sekitar 400 meter ini, termasuk souvenir untuk oleh-oleh seperti kaus, gantungan kunci, miniatur Menara KL atau Menara Petronas terdapat di sini. Masih di jalan yang sama terdapat pasar tradisonal yang menjual aneka bahan makanan segar, sayur mayur, daging dan sejenisnya. Petaling street mulai buka dari sekitar jam 9 pagi hingga tengah malam.

Untuk selengkapnya lihat buku Budget Traveling: Kuala Lumpur.

About these ads

Responses

  1. #Nitta: wah kl buku org lain gak bs ngasih komen, sorry.

  2. Mas Budi saya sukses menjelajah kualalumpur dan sekitarnya selama 4hari berkat panduan buku budget traveling KL, benar2 muraaah dibanding saya pernah duakali pakai travel, saya ingin menjelajah Penang, tertarik dg Goergetown nya…apakah buku Penang, singapore,KL Mas Budi bs jd referensi? Sebab saya baca tdk selengkap buku satuan spt KL, Sing… Trims

  3. #R Indrajati: maaf saya tidak tahu

  4. salam pak budi… saya mau tanya? kalau ex tki malaysia (pasport masih berlaku) mau masuk ke malaysia lagi tapi tidak sebagai tki… apakah harus ganti paspor?karena saya mau masuk ke malay bukan sebagai tki… tapi mau belajar…..

  5. Asik ya wisata dab berbelanja di Malaysia

  6. #Nunung Rudi: Sepertinya semua info ttg Singapore sudah saya muat di blog ini atau yg terbaru di buku Budget Traveling: Singapore Update. Beberapa info tambahan slakan lihat di reply saya.

  7. Pak Budi,tips unt pesiar ke singapura ya sy minta,tomorrow will be my first time to go there. Must to do,tempat makan,dan wisata selain universal studio. Thanks before.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 148 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: