Oleh: budisulis | 2 Desember, 2011

TIPS PERJALANAN KE LUAR NEGERI DENGAN AMAN

Melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga dapat terhindar dari berbagai masalah. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan kita aman dan nyaman, baik sebelum melakukan perjalanan maupun selama kita berada di luar negeri.
1. Kalkulasikan semua pengeluaran untuk penerbangan, pajak, penginapan, transportasi, konsumsi, tiket masuk tempat wisata, komunikasi, belanja dan biaya lain-lain. Persiapkan uang cash uang lokal sesuai dengan perhitungan dan jika memungkinkan cadangkan dalam bentuk uang dollar Amerika, karena lebih mudah menukarkan ke mata uang lokal.
2. Persiapkan rencana perjalanan (Itinerary), prioritaskan pada tempat-tempat yang menarik atau belum pernah dikunjungi. Susun urutan perjalanan dengan baik, termasuk jenis dan rute transportasi yang digunakan.
3. Bawa barang-barang pribadi yang akan digunakan selama perjalanan, seperti obat-obatan, telepon selular, kacamata, topi, buku, dompet dan perlengkapan lain dalam sebuah tas kecil yang mudah dibawa.
4. Buat foto copy paspor dan bawa pas foto ukuran paspor, karena jika kehilangan paspor akan lebih mudah dalam mengurus pembuatan dokumen penggantinya.
5. Beri lebel identitas pada tas dan kopor yang akan dibawa, berupa nama, alamat dan nomor HP yang bisa dihubungi. Jangan lupa untuk mengunci kopor dan melengkapi dengan kunci gembok tambahan. Untuk negara tertentu, seperti Amerika dan Arab Saudi mensyaratkan kunci kopor memenuhi standar keamanan TSA (Transportation Security Administration). Jika belum, ada baiknya menggunakan gembok yang berlogo TSA untuk menambah keyakinan dan keamanan barang bawaan kita.
6. Hindarkan membawa barang-barang yang terlarang, termasuk rokok dalam jumlah besar atau minuman tertentu dan obat-obat terlarang.
7. Patuhi larangan-larangan yang ada di negara yang dituju, termasuk etika ketika naik kendaraan, antri di stasion dan hal-hal lain yang sepatutnya dilakukan.
8. Berhati-hatilah jika bertemu orang yang tidak dikenal dan menawarkan sesuatu, tolaklah dengan sopan dan segera menjauh.
9. Biasakan untuk mengunci kopor kita sebelum kita keluar kamar.
10. Bawalah foto copy paspor saat bepergian, paspor asli disimpan di safety box kamar hotel atau di tempat yang aman, kecuali jika dibutuhkan untuk melengkapi transaksi tertentu.
11. Hindari tempat-tempat yang sepi, kecuali jika pergi berombongan.
12. Biasakan untuk datang ke airport selambat-lambatnya dua jam sebelum jam penerbangan kita, sehingga kita tidak diburu waktu.
13. Sangat disarankan untuk membeli Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) dari perusahaan yang memiliki reputasi terpercaya dan memiliki cabang di negara yang dituju. Perhatikan bahwa asuransi perjalanan agak berbeda dengan asuransi biasa, selain menutup terhadap resiko kecelakaan, sakit/berobat dan jiwa, asuransi perjalanan juga menutup klaim akibat ketidaknyamanan perjalanan seperti kehilangan bagasi dan barang pribadi, keterlambatan/kehilangan bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan penerbangan dan sebagainya.
14. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

About these ads

Responses

  1. #Toni: bisa pk operator indonesia. Bawa hardisk boleh, gak perlu surat. Kartu ATM bank kita bisa dipakai ambil uang di atm luar negeri, kena biaya adm sama selisih kurs.

  2. mau tanya pak… kalo kita pergi ke luarg negeri misalnya membawa hanphone dr indonesia dg nomor telkomsel m3 masih bisa ga di luar negeri?? dan kalo saya membawa flasdisk atau hardisk yang ada isinya bisa gak?? atau harus ada surat2 surat dulu… terus di luar negeri BNI berlaku gak atau ada rekomendasi bank global yg banyak terdpt di negara2 d dunia??? makasih

  3. #Anggrelie: Stasion KL relatif aman. Naik bus Airasia (Skybus) ke KL Sentral ongkosnya 9 ringgit. Taxi dr KL Sentral ke Ampang, seharusnya gak lebih 15 ringgit, tp taxi di sana masih pakai tawar-menawar, biasanya kena 20-30 ringgit. Kalau naik taxi dr LCCT ke Ampang bisa kena 90-120 ringgit.

  4. Pak budi mau Tanya kalau saya berangkat dr Jakarta dgn pesawat airasia tiba di terminal lcct kl jam 23.25 waktu Malaysia. Rencana dr bandara ke hotel ( o’wen hotel ampang ) mau naik bus ke kl centre br naik taxi kehotel utk mengirit biaya. Menurut Pak budi situasi di kl centre tengah malam aman tidak atau Ada Saran alternatif lain tdk? Klu naik taxi dr lcct ke o’wen hotel brp? Kalau naik bus dr lcct ke kl centre brp? Terus taxi dr kl centre ke hotel Owen brp? Tolong infonya dikirim kealamat email saya. Thx.

  5. nice post :D
    salam kenal yah :D

  6. #Ewiranti Ayang: Wa’alaikumsalam. Trims ya Ayang, dunia ini memang kecil.. :) Mudah2an Ayang juga sukses dengan karirnya. Salam

  7. assalammualaikum bapak..
    saya suda beli buku bapak dan sangat membantu sekali! :)
    walau buku itu sudah beberapa bulan di baca, saya baru menyadari kalau bapak itu dosen saya :) i’m really proud to be your student at PFT class on 2009..hhe
    saya ewiranti ayang, TI angkatan 2007
    ternyata bapak bukan hanya dosen yang baik tapi penulis yang baik pula, karena isi buku bapak sangat detail dan membantu sekali bagi new traveller.
    terima kasih dan sukses selalu buat bapak :)

  8. #Cristina: Itinerary Phuket belum dibuat

  9. Terimakasih tips nya Pak Budi…
    Pak mau tanya,ada ga Itinerary ke Phuket…
    Kalo ada saya minta infonya donk…
    Terimakasih…. :)

  10. #Kontraktor: Terimakasih kembali

  11. terima kasih atas tipsnya…

    salam kenal…

  12. #Nidnidasin: Terimakasih juga sudah mampir dan ngasih komen. Salam.

  13. Salam sejahtera Pak Budi….Tips No.10 memang sangat bermanfaat sekali, terutama saat bepergian dengan orang tua kita yang sudah lanjut maupun dengan anak-anak yang masih perlu pengawasan, dan saya selalu menyelipkan di saku atau tas pinggang mereka kartu nama atau catatan tempat tinggal/alamat hotel selama kita berada di negara tersebut. Terima kasih atas tip perjalanannya…sukses selalu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: