Oleh: budisulis | 1 Desember, 2011

TRANSPORTASI HEMAT DARI/KE BANDARA KUALA LUMPUR

Kuala Lumpur memiliki 2 bandara internasional, yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Low Cost Carrier Terminal (Terminal LCC). KLIA berjarak sekitar 50 km dari kota Kuala Lumpur, sedangkan Terminal LCC berjarak sekitar 60 km dari Kuala Lumpur. Bandara KLIA digunakan oleh hampir seluruh penerbangan domestik maupun internasional, sedangkan Terminal LCC hanya digunakan oleh tiga maskapai penerbangan bujet, yaitu Air Asia, Tiger Airways (Singapura) dan Cebu Pacific (Manila).

Transportasi dari bandara ke Kota Lumpur dan sebaliknya memiliki banyak pilihan, diantaranya:
1. Airport Coach KLIA
Yaitu angkutan bus yang menghubungkan bandara KLIA dengan stasion KL Sentral. Perjalanan menempuh waktu sekitar 1 jam dengan harga tiket sekali jalan RM10 per orang dewasa dan RM6 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli di Terminal bus KLIA Ground Floor, Blok C dan di Terminal kedatangan internasional KLIA (Lantai 3) atau di stasion KL Sentral. Bus KLIA beroperasi mulai dari pagi hingga malam.
2. Kereta KLIA Express dan KLIA Transit merupakan transportasi yang paling cepat dan nyaman menuju kota ataupun menuju bandara KLIA. KLIA Express beroperasi dari KLIA menuju stasion KL Sentral tanpa henti dengan tarif 35 ringgit per penumpang. Sedangkan KLIA Transit dengan rute yang sama berhenti di 3 stasion, sebelum tiba di KLIA atau Stasion KL Sentral. KLIA Express dan KLIA Transit beroperasi mulai dari jam 5 pagi hingga jam 12 malam. KLIA Express juga memberikan layanan Check-in termasuk bagasi di Stasion KL Sentral, khusus bagi penumpang Malaysian Airline, Emirates dan Cathay Pacific.
3. Minibus. Dengan kapasitas sekitar 7 tempat duduk, mobil minibus ini menerapkan tarif sekitar RM120-RM140 dari bandara ke kota atau sebaliknya. Penyewaan minibus terdapat di loket pintu keluar bandara atau bisa juga dipesan melalui telepon atau internet. Minibus beroperasi 24 jam atau tergantung perjanjian.

Transportasi Terminal LCC Kuala Lumpur
Seperti halnya bandara KLIA, terdapat beberapa alternatif transportasi dari Bandara Terminal LCC menuju kota Kuala Lumpur dan sebaliknya, yaitu:
1. Skybus AirAsia dan Aerobus. Kedua perusahaan bus ini menawarkan perjalanan langsung dari Bandara Terminal LCC menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya dengan harga yang murah. Skybus beroperasi setiap 30 menit sekali mulai dari jam 3 pagi (dari KL Sentral) hingga malam hari. Dengan waktu tempuh perjalanan selama 75 menit, Skybus menetapkan tarif sekali jalan bagi penumpang dewasa sebesar RM9 dan anak-anak (usia 3-12 tahun) sebesar RM4.
Sedangkan Aerobus menetapkan tarif dewasa sekali jalan adalah RM8 dan anak-anak RM4, untuk perjalanan pergi pulang tarif dewasa sebesar RM14 dan anak-anak RM8. Pembelian tiket kedua bus ini dapat dilakukan langsung di loket yang tersedia di pintu keluar bandara atau langsung di atas bus dan dapat juga melalui online.

2. Saat ini belum ada kereta langsung dari KL Sentral menuju Bandara Terminal LCC, penumpang dapat menggunakan KLIA Transit, yaitu kombinasi menggunakan KLIA Transit dan Bus. Bus akan mengantar penumpang dari Terminal LCC ke stasion kereta Salak Tinggi dan sebaliknya, kemudian disambung dengan kereta KLIA Transit menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya. Dengan harga RM12.50 per orang sekali jalan, transportasi ini layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan transportasi yang relatif murah dan lebih cepat dibanding menggunakan bus. Pembelian tiket dapat dilakukan di atas bus atau di Stasion KL Transit di KL Sentral

About these ads

Responses

  1. dear pa budi
    saya ingin berlibur ke kl via singpura dan johor baru bolehkah saya meminta arahan dr pa budi
    tq b4

  2. #Ida: naik bus sktr 4 jam

  3. pak sy berencana mau ke Johor, dari jb ke genting berapa jam dan transportasi apa aj,…thanks

  4. #Sihol: maaf saya tdk info ttg hal itu

  5. Siang pak budi.. saya berencana ke Krabi 30 sept dari bandara penang (Jam 11 Pagi) yang saya mau tanya
    1. Adakah bus dari bandara penang ke krabi melalui hatyai?
    atau travel dan berapa biayanya?
    2. Atau Bapak bisa kasi masukan . terima kasih banyak pak

  6. #irma: kalau masuk sendiri gak boleh, hrs lewat tour yg disediakan pihak sirkuit. Coba aja lihat webnya.

  7. P.Budi
    Mohon info, apakah kita bisa masuk ke sirkuit sepang walaupun sedang tidak ada event, sekedar untuk foto2…

    terima kasih

  8. P.Budi,

    saya rencana menginap di tune hotel kualalumpur, dari LCCT musti ke KL sentral dulu ya pak? dari KL sentral naik apa ya…?? kemudian dari tune hotel mau ke batu caves & ke genting naik apa ya pak. terima kasih.

  9. Mhn penjelasan, kalau sampe Bandara / LCCT, untuk ke kota Kuala Lumpur, saya ke Stasiun KL Sentral ya pak? Terus mau menuju ke Wisma Hong Leong Jalan Perak 18, Kuala Lumpur, supaya hemat dan cepat, sebaiknya naik apa?

  10. Malam pak budi…………

    senangnya apabila pak budi mau berbagi info dengan saya….
    saya ada rencana ke KUL di bulan mei 2013 ini, saya beserta 7 temn saya menginap di hotel seri nilai, dan akan meninggalkan KUL melalui LCCT. pertanyaan saya,transporasi apa yg murah dan baik untuk kami. dan apabila menggunakan van,berapakah biayanya??????!!!!!!!

    thanks before pak budi

  11. dear pak budi.kami rencana liburan ke KL. dari KL ke bukit bintang (skyekpress hotel),saya & suami, dan 3 anak usia 7,4,1 tahun.
    mohon petnjuk
    1. dari KL ke bukit bintang. bagusnya via Bus atau Taksi.
    2. 2 hari kemudian kami rencana ke singapura (bagusnya via bus ataukah pesawat saja)
    3. dari singapura, esoknya rencana ke Johor bahru untuk ke Lego Land. via taksi/mobil sewa. nanti dari JB ke KL, apakah bagusnya via bus atau pesawat?
    mohon petunjuk untuk nyamannya, karena kami bawa anak anak. terima kasih pak

  12. salam pak budi, sy mau tanya dari bandara johor bahru ke lokasi legoland dan lokasi hellokitty town, jauh kah ?
    trims infonya

  13. #lucky: silakan lihat buku2 saya. Ke KL 2 hr kl semua atraksi, rasanya gak cukup, minimal 3 hr. Ke sing lewat johor, gak bs turun trs moto legoland, trs naik lg, krn lokasinya gak sama, jg bakal ditinggal sm busnya. Kl mau ya jalan2 aja di johor sblm masuk sing.

  14. Malam Pak Budi
    kalo keliling KL cukup ga ya 2hr? udah sama genting n batu caves… lebih baik naik KL Tower / Petronas pak? yg mn lebih tinggi n murah? Kalo dr bandara ke Genting naik bus RM 35 kemahalan ga ya? itu lgs sampe ke gentingnya ga?

    kalo di bandara singapore itu ada atraksi apa aja ya pak? free kah? kayaknya ad semacam prosotan gitu , benarkah pak? free kah ? hehehe.. kalo do singapore lebih bagus chine garden / botanical garden? kalo ke univ studio, ad cr yg free kah? kalo ke siloso beach itu liat pantai? gmn cr nya ksna?

    di melaka, kalo mau naik kapal yg muter” itu brp pak biayanya? cukup kah kalo dsna 2hr? ke melaka gmn cr nya? brp? bs recomend hostel yg super murah? H time recomend?

    kalo mau ke singapore kan lwt JB, boleh turun sebntr ga pas sampe di JB, mau moto” ke legoland sebentar.. hehehehe

    kalo monorail dr KL sentral ke BB skitr jam setengah 10 masih jalan ga pak?

  15. #lestari: maksudnya?

  16. #dion: monorail cm sampai jam 10 malam

  17. Apa ada di bandara kuala lumpur kantor pengecekan paspor no +60164289303 dan +6011162712411

  18. maksud saya, apa ada monorail pada waktu malam hari. karena saya datang malam hari untuk nganter kebukit bintang dari KLIA. thanks sebelumnya

  19. #dion: sy kira semua info sdh jelas di artikel ini.

  20. #lucky: transport genting smp malam, tp itu ke KL Sentral. Ke Melaka hrs dr KL, dr genting terbatas. Lihat di http://www.easibook.com KL ke Sing butuh waktu naik bus sktr 5 jam, naik kereta 10 jam. KL ke lctt sktr 1 jam

  21. #lili: enaknya semuanya.

  22. infonya amat berguna sekali
    manulifekita.wordpress.com

  23. siang met knal pak budi, tolong info saya nyampe bandra lcct jam 22.00 waktu kul, yg sya tanyakan hotel saya ddaerah bukit bintang, bisa info transpotasi apa yang murah untuk malam hari kebukit bintang. thanks

  24. Pak budi…
    diantara batu caves dan Genting, transportasi mana yg masih beroprasi hingga malam?

    dari sana (diantara batu caves n Genting yg transportasi yg malam masih beroprasi) saya ingin lanjut ke melaka.. apakah ada transportasi lanjutan kesana? naik apa? brpa? bgaimana caranya?

    dari malaka ke singapore naik apa pak yg murah? berapa? gimana nyarinya?

    dr singapore ke KL butuh brp jam perjalanan naik bus/kereta? KL ke lcct butuh brp jam perjalanan?

    makasih pak budi

  25. jd enaknya kemana dl ya? enaknya keliling malaysia dl ato beli tiket ke singpur ya pak?

    maksih pak budi

  26. #stenni: di bandara ada rental, atau kl mau fixed coba search banyak rental minibus dr bandara ke kota.

  27. #lili: kl 6 hr sih waktunya cukup. Yg relatif jauh kan sjngapore, legoland dan melaka, yg lainnya msh sekitar KL. Genting sm bayucave bs satu hr, pagi2 ke batucavw dl, br sianggnya ke genting. Harusnya kl bsnyak gini pergi dan pulangnya beda, jd ga bolak balik.

  28. Salam,kami rombongan gereja mau kekuala lumpur 17 mei ’13, jumlah 36 pax, bisakah penjemputan bandara hotel ? Berapa ? Dibagi 3 rombongan.

  29. malam pak budi.. saya berencana ke KL selama 6hr. mau tanya nih pak..
    1. kalau saya ingin ke batu caves, Genting, Johor baru (ingin ke legoland), melaka dan singapore, apakah waktunya memungkinkan?
    2. Apabila saya dr LCCT, mana yg lebih searah jalannya? karena rencana ke Genting ngga nginep. rencana mau ke batu caves jg dlm hari yg sama. tp saya ragu, bs ngga ya jelajahi genting n batu caves dlm hr yg sama?

    makasih pak budi

  30. #handy: naik bus dulu ke KL sentral sambung naik LRT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: