Oleh: budisulis | 1 Desember, 2011

TRANSPORTASI HEMAT DARI/KE BANDARA KUALA LUMPUR

Kuala Lumpur memiliki 2 bandara internasional, yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Low Cost Carrier Terminal (Terminal LCC). KLIA berjarak sekitar 50 km dari kota Kuala Lumpur, sedangkan Terminal LCC berjarak sekitar 60 km dari Kuala Lumpur. Bandara KLIA digunakan oleh hampir seluruh penerbangan domestik maupun internasional, sedangkan Terminal LCC hanya digunakan oleh tiga maskapai penerbangan bujet, yaitu Air Asia, Tiger Airways (Singapura) dan Cebu Pacific (Manila).

Transportasi dari bandara ke Kota Lumpur dan sebaliknya memiliki banyak pilihan, diantaranya:
1. Airport Coach KLIA
Yaitu angkutan bus yang menghubungkan bandara KLIA dengan stasion KL Sentral. Perjalanan menempuh waktu sekitar 1 jam dengan harga tiket sekali jalan RM10 per orang dewasa dan RM6 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli di Terminal bus KLIA Ground Floor, Blok C dan di Terminal kedatangan internasional KLIA (Lantai 3) atau di stasion KL Sentral. Bus KLIA beroperasi mulai dari pagi hingga malam.
2. Kereta KLIA Express dan KLIA Transit merupakan transportasi yang paling cepat dan nyaman menuju kota ataupun menuju bandara KLIA. KLIA Express beroperasi dari KLIA menuju stasion KL Sentral tanpa henti dengan tarif 35 ringgit per penumpang. Sedangkan KLIA Transit dengan rute yang sama berhenti di 3 stasion, sebelum tiba di KLIA atau Stasion KL Sentral. KLIA Express dan KLIA Transit beroperasi mulai dari jam 5 pagi hingga jam 12 malam. KLIA Express juga memberikan layanan Check-in termasuk bagasi di Stasion KL Sentral, khusus bagi penumpang Malaysian Airline, Emirates dan Cathay Pacific.
3. Minibus. Dengan kapasitas sekitar 7 tempat duduk, mobil minibus ini menerapkan tarif sekitar RM120-RM140 dari bandara ke kota atau sebaliknya. Penyewaan minibus terdapat di loket pintu keluar bandara atau bisa juga dipesan melalui telepon atau internet. Minibus beroperasi 24 jam atau tergantung perjanjian.

Transportasi Terminal LCC Kuala Lumpur
Seperti halnya bandara KLIA, terdapat beberapa alternatif transportasi dari Bandara Terminal LCC menuju kota Kuala Lumpur dan sebaliknya, yaitu:
1. Skybus AirAsia dan Aerobus. Kedua perusahaan bus ini menawarkan perjalanan langsung dari Bandara Terminal LCC menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya dengan harga yang murah. Skybus beroperasi setiap 30 menit sekali mulai dari jam 3 pagi (dari KL Sentral) hingga malam hari. Dengan waktu tempuh perjalanan selama 75 menit, Skybus menetapkan tarif sekali jalan bagi penumpang dewasa sebesar RM9 dan anak-anak (usia 3-12 tahun) sebesar RM4.
Sedangkan Aerobus menetapkan tarif dewasa sekali jalan adalah RM8 dan anak-anak RM4, untuk perjalanan pergi pulang tarif dewasa sebesar RM14 dan anak-anak RM8. Pembelian tiket kedua bus ini dapat dilakukan langsung di loket yang tersedia di pintu keluar bandara atau langsung di atas bus dan dapat juga melalui online.

2. Saat ini belum ada kereta langsung dari KL Sentral menuju Bandara Terminal LCC, penumpang dapat menggunakan KLIA Transit, yaitu kombinasi menggunakan KLIA Transit dan Bus. Bus akan mengantar penumpang dari Terminal LCC ke stasion kereta Salak Tinggi dan sebaliknya, kemudian disambung dengan kereta KLIA Transit menuju stasion KL Sentral dan sebaliknya. Dengan harga RM12.50 per orang sekali jalan, transportasi ini layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan transportasi yang relatif murah dan lebih cepat dibanding menggunakan bus. Pembelian tiket dapat dilakukan di atas bus atau di Stasion KL Transit di KL Sentral

About these ads

Responses

  1. Pak mau nanya nih kalo dari KLIA ke Legoland mau Charter mobil kira2 harga sewanya berapa ya?

  2. #Dedek A: Gak jauh, masih di dalam bandara!

  3. kalau naik KLIA express dari KLIA2 menuju KLIA itu gate nya jauh atau dekat ya pak dengan gate untuk vietnam airlines?
    terima kasih sebelumnya pak


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: