Oleh: budisulis | 10 November, 2011

Tips Penggunaan Blackberry di Luar Negeri

Tips untuk pengguna Blackberry
Menggunakan Blackberry di luar negeri memang memudahkan untuk berkomunikasi dengan kerabat atau teman kita di manapun, namun jika nomor yang digunakan adalah nomor Indonesia, maka kita akan terkena biaya roaming yang sangat mahal. Sebetulnya ada beberapa operator selular Indonesia yang menawarkan biaya paket roaming international dengan harga tetap, tetapi tetap dirasakan masih terlalu mahal, kalau kita bisa menggunakan Blackberry dengan harga murah atau malah bebas biaya, kenapa tidak? Untuk menghindari biaya roaming karena penggunaan kartu prabayar Indonesia, gunakan fasilitas WiFi untuk koneksi ke jaringan Blackberry. Sehingga semua layanan Blackberry seperti Blackberry Messenger, email, akses ke jaringan sosial, chatting maupun akses ke web dapat dilakukan dengan mudah dan gratis.

Caranya :
1. Sebelum berangkat dari rumah non aktifkan fungsi roaming, yaitu dengan klik “Manage Connections” terus klik “Mobile Network Options” dan pilih Off pada fungsi “While Roaming”.


2. Masih pada menu “Manage Connections” pilih Wi-Fi dengan mencentang kotak yang ada di sebelah kanan. Kemudian masih pada menu yang sama, klik “Set Up Wi-Fi Network” untuk mencari jaringan Wi-Fi gratis yang dapat ditemukan oleh perangkat BB kita. Pilihlah salah satu jaringan Wi-Fi yang terdeteksi dan selanjutnya kita akan terhubung ke jaringan Blackberry untuk memulai menggunakan layanan Blackberry dengan gratis.

Jika kita tidak dapat menemukan jaringan Wi-Fi yang gratis, gunakan kartu BIS prabayar yang ditawarkan oleh operator lokal. Dengan menggunakan Kartu Prabayar lokal dan menggunakan fasilitas BIS, maka layanan Blackberry kita akan aktif seperti biasa tanpa perlu membayar biaya roaming yang mahal. Harga paket BIS prabayar mulai dari sekitar 2800 rupiah per hari. Kita dapat membeli kartu prabayar di toko serba ada atau di pusat layanan operator selular yang banyak terdapat di mall seperti di Sungei Wang atau di Bukit Bintang Plaza (Kuala Lumpur) atau Lucky Plaza di Singapore.

Informasi selanjutnya lihat di buku Budget Traveling: Kuala Lumpur.

About these ads

Responses

  1. Pak bukanya sekarang kartu XL udah langsung terintegrasi sama Celcom malaysia. Dan katanya udah ga kena roaming Intl lg benar itu pak?

  2. #Christal M: kl ada yg gratis kenapa hrs bayar?

  3. numpang tanya pak…
    saya mw ke hk bwt ke2x nya..tp saya bingung maw makai kartu apa..dulu saya makai simpati tuk bb saya yang 1hariny 50rb.tetapi kmrn saya ke bkk iseng2 makai xl saya, ternyata malah tidak ada kena bayaran..apa lebih baik saya makai xl saja ya di hk?atau makai csl ya pak?
    mohon info nya ya pak
    makasi

  4. #Prima: coba hubungi customer service nya

  5. terima kasih telah banyak membantu, dari pertanyaan (Hari on 16 April, 2013 at 8:52 pm) apa ada solusiny g pak buat bbm bisa kembali aktif setelah di copot kartu? soalny smpe sekarang bbm sya non aktif setelah saya copot n pasang kartu, posisi saya di amsterdam, saya coba dengan daftar ulang lagi paketny n ternyata g bs juga. mohon bantuanny.

  6. #hari: kl lepas sim card gak bisa bbm, walau pk wifi, tapi internet msh tetap bisa.

  7. Pak, ketika di luar negeri, kalau sim card di lepas, apa konsekuensinya? Apakah hanya tidak bisa bbm saja? Kalau kemudian menggunakan wi fi (sim card tetap lepas), apakah tetap bisa berinternet?

  8. #wati: sama saja

  9. Apakah fasilitas WiFi untuk koneksi ke jaringan Blackberry diluar negeri (dengan cara seperti yang diterangkan diatas) juga berlaku untuk yang abodemen (post paid)?

  10. #erwin c: setahu saya XL memang menawarkan free roaming bb selama 3 hari pertama di luar negeri, tp skrg hanya utk negara-negara tertentu. Silakan cek di situsnya.

  11. ph ya pak budi, saya diberi info dari teman saya yang 3 bulan lalu ke australia, dia menggunakan kartu xl prabayar yg paket 3 in1 dan sampai disana dia bisa menggunakan bbm secara bebas,, bagaimana bisa pak? walaupun sudah search manual operator setempat

  12. #erwin: syarat utk bb aktif, tercatat di salah satu operator lokal, jd kl sdh habis hrs diperpanjang paket langganannya. Sampai di australia, bs aktifkan wifi dg roaming non aktif

  13. selamat siang pak, saya minggu depan mau ke australia selama sebulan, saya tetap mau aktifkan bbm via wifi seperti kata bapak dan saat ini saya pengguna telkomsel paket bb unlimited yang masa habisnya pada 16 maret 2013,,,

    1.apakah kartu saya tetap telkomsel saja pak?
    2. jika layanan bis saya telah habis apakah bisa memanfaatkan wifi untuk bbm, ataukah harus terdaftar paket lagi
    3. jika sesampainya saya di australia apakah saya bisa langsung menggunakan wifi sebagai jaringan buat bm ?

    terimakasih pak, mohon bantuannya

  14. #Jack: gak hrs BB unlimited, gak ada huhungan BB dg pk wifi. Yg penting BB kita hrs terdaftar di satu operator, gak bisa dua operator sekaligis

  15. Pagi Pak,
    1. Berarti paket BIS BB kita harus yang unlimited ya Pak kalo mau pakai layanan bbm spt yg diterangkan oleh bpk? Karena kalo BIS yg diluar unlimited kan ngga bisa wifi, Pak.

    2. Kalo beli kartu prabayar lokal misal di Malaysia, apa bisa aktifin BIS BB Indonesia, pak? Bukannya pergantian kartu operator, BB harus diclean dulu oleh operator kartu sebelumnya?

    Terima kasih.

  16. #Abu Afiq: Setahu saya, selama ini operator tdk pernah memberikan data tagihan pemakaian kpd pelanggan tanpa diminta apalagi pakai nomor umum. Data di *888# adalah up to date, tetapi belum termasuk data tagihan roaming inyernasional. Maaf ini pendapat pribadi.

  17. Menyambung lg pertanyaan sy sblmnya.
    Sejak di Jepang ini saya BBM dengan wifi (free) dengan setting persis spt Bapak berikan.

    Setelah sekitar 1 bulan di Jepang, pada hari Kamis 11 Okt 2012 saya mendapatkan SMS dari nomor: +628122879936, yang berisi: “Kpd pelanggan Yth Kami informasikan utk pemakaian berjalan kartu halo anda sebesar Rp 1.222.589 .Mohon menjadi perhatian,untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi nomor ini atau kunjungi Gerai Halo terdekat. Terima kasih. TELKOMSEL”
    Saya tanyakan ke Telkomsel Call Center mereka tidak bisa memastikan itu nomor benar dari Telkomsel atau hanya tipuan. Diminta utk cek ke *888#.
    Saya cek ke *888# mendapat jawaban: “Jumlah pemakaian saat ini Rp 3.000.”

    Apakah nomor pengirim SMS ini, +628122879936, memang benar dari Telkomsel? Ataukah tipuan?
    Apakah info dari *888# ini up to date? Karena setelah saya coba kirim SMS ke Indonesia, info dr *888# masih tetap Rp3000,-.
    Sebelum berangkat Telkomsel Call Center memberitahukan bahwa tagihan telepon berjalan yang digunakan di Jepang baru akan masuk dalam sistem Telkomsel pada bulan berikutnya karena menunggu penagihan dari operator Jepang.

    Terima kasih atas penjelasannya.

  18. #Misnal: syarat utk bisa menggunakan bb via wifi, hrs terdaftar di operator selular. Kl ternyata di putus oleh operator krn pulsa habis, ya hrs tambah pulsa (bisa dr indonesia/internet) terus daftar bb service lg. Kl bs terhubung ke salah satu operator selular di korea yg kerjasama dg operator di indonesia, bs lgsg aktivasi, tp kl gak mkn bs kontak via cust servicenya.

  19. pak mw nanya, sy lg di korea, disini ada fasilitas wifi gratis, cm masalahnya sy sudah connect ke wifi tp ga bisa bbm..setelah sy periksa2 kemungkinan besar krn paket langganan bb sy habis td malam jam 00.00, dan kebetulan sisa pulsa tidak mencukupi untuk perpanjangan paket otomatis, sehingga kemungkinan provider sy mematikan layanan bb sy..yg saya tanyakan bgmn mengatasi mslh ini, apakah bisa keluarga yang di indonesia mengisi pulsa sy dan sy daftar lagi paket bb sy seperti biasa?ataukah krn posisi sy sudah di korea sehingga sy hanya bisa daftar paket roaming?tks utk jawabannya

  20. #Abu Afiq: Untuk menghemat, betul gunakan Wifi gratis. Data Service harus tetap on, karena utk connect ke BB. Matikan “When Roaming”, gak perlu lepas SIM Card, kalau gak mau terima call/SMS cukup Mobile Network-nya di off kan.

  21. Saya sekarang di Jepang, sy menggunakan KartuHalo Pasca Bayar. Saat di Jepang saya menghubungi Halo-Center via 1111. Menurut petugasnya agar BBM aman dari biaya roaming yang mahal, maka pakai Wifi gratis di Jepang, Data Services harus OFF, While Roaming juga harus OFF, dan SIM-Card dilepas dari Ponsel.
    Tapi kalau Data Services di-OFF BBM tidak bisa connect, apalagi kalau SIM-Card dilepas BBM tidak bisa connect juga.
    Bagaimana ini, apakah keterangan dari petugas Halo-Center benar?
    Terima kasih

  22. #Abi: setahu saya di hkg blm ada paket BIS harian atau prepaid utk operator lokal. Anda bisa pakai telkomsel yg kerjasama dg csl utk paket bis harian selama di hkg, ketik *266#.

  23. nanya nih juragan, sy sedang di hk, sy lumayan bingung untuk cara aktivasi bis, sy sdh pake csl. tp cara register agar bis bisa on bgmana ya gan? klo di indonesia kan ada brbagai short call *123# , *363# dll, klo di csl ada tidak gan? mohon panduan lengkap agar bis on pake csl. thanks

  24. #Maminaglen: selama ini sy selalu pk paket BB roaming internasional operator indonesia dg tarif khusus asia kerjasama CSL, karena bb lokal mahal. Syukur kl skrg ada bb prabayar lokal, sy blm periksa sih. CSL bagus, di stasion MTR dg kedalaman 30 mtr dibawah tanah aja, bbm lancar.

  25. Mau nanya pak, pernah pake operator CLS dgn kartu prepaid one2free u/ paket bb nya? Sya lht di web nya mreka br launch paket bb prabayar ini. U/ sinyal operator ini bagus gak disana?
    Trims

  26. #Dinni: Pakai itu juga bisa, kemarin beberapa mhsw pakai dan tarifnya lumayan murah untuk roaming internasional. Saya gak pernah mengalami registrasi yg lama spt itu, mungkin saat itu jaringannya lagi bermasalah atau settingannya yg belum disesuaikan. Kalau masalah paspor sih semua operator juga minta untuk registrasi awal.

  27. Pak kalo di Hongkong operator lokal yang rekomen apa ya ? ato bisa bawa drsini apa yg murah. disana ada three katanya yak cm three disini murah ga ya kalo intl roaming dissana. oya pengalamn pas ke KL beli Digi buat bb pasti diminta paspor buat registrasi dsb trus trnyata lama bgt aktif layanan bbnya, jadi malah makan pulsa gprs buat bb cepet abis deh. kapok.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: