Oleh: budisulis | 10 November, 2011

Tips Penggunaan Blackberry di Luar Negeri

Tips untuk pengguna Blackberry
Menggunakan Blackberry di luar negeri memang memudahkan untuk berkomunikasi dengan kerabat atau teman kita di manapun, namun jika nomor yang digunakan adalah nomor Indonesia, maka kita akan terkena biaya roaming yang sangat mahal. Sebetulnya ada beberapa operator selular Indonesia yang menawarkan biaya paket roaming international dengan harga tetap, tetapi tetap dirasakan masih terlalu mahal, kalau kita bisa menggunakan Blackberry dengan harga murah atau malah bebas biaya, kenapa tidak? Untuk menghindari biaya roaming karena penggunaan kartu prabayar Indonesia, gunakan fasilitas WiFi untuk koneksi ke jaringan Blackberry. Sehingga semua layanan Blackberry seperti Blackberry Messenger, email, akses ke jaringan sosial, chatting maupun akses ke web dapat dilakukan dengan mudah dan gratis.

Caranya :
1. Sebelum berangkat dari rumah non aktifkan fungsi roaming, yaitu dengan klik “Manage Connections” terus klik “Mobile Network Options” dan pilih Off pada fungsi “While Roaming”.


2. Masih pada menu “Manage Connections” pilih Wi-Fi dengan mencentang kotak yang ada di sebelah kanan. Kemudian masih pada menu yang sama, klik “Set Up Wi-Fi Network” untuk mencari jaringan Wi-Fi gratis yang dapat ditemukan oleh perangkat BB kita. Pilihlah salah satu jaringan Wi-Fi yang terdeteksi dan selanjutnya kita akan terhubung ke jaringan Blackberry untuk memulai menggunakan layanan Blackberry dengan gratis.

Jika kita tidak dapat menemukan jaringan Wi-Fi yang gratis, gunakan kartu BIS prabayar yang ditawarkan oleh operator lokal. Dengan menggunakan Kartu Prabayar lokal dan menggunakan fasilitas BIS, maka layanan Blackberry kita akan aktif seperti biasa tanpa perlu membayar biaya roaming yang mahal. Harga paket BIS prabayar mulai dari sekitar 2800 rupiah per hari. Kita dapat membeli kartu prabayar di toko serba ada atau di pusat layanan operator selular yang banyak terdapat di mall seperti di Sungei Wang atau di Bukit Bintang Plaza (Kuala Lumpur) atau Lucky Plaza di Singapore.

Informasi selanjutnya lihat di buku Budget Traveling: Kuala Lumpur.

About these ads

Responses

  1. INFO TOP


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: