Oleh: budisulis | 24 Mei, 2010

Tempat Menarik di Hong Kong

WILAYAH HONG KONG ISLAND
1. PEAK TRAM
Peak Tram adalah kereta kabel sepanjang 1.4 kilometer yang menghubungkan kawasan pusat Hong Kong dengan Peak Tower yang terletak kurang lebih 150 meter di bawah puncak Gunung Victoria. Perjalanan setinggi 45 derajat mendaki ke atas bukit sangat menakjubkan dengan pemandangan pantai utara Pulau Hong Kong, Pelabuhan Victoria, dan Kowloon yang memesona. Peak Tram yang pertama kali beroperasi pada tahun 1888 adalah sarana transportasi umum mekanik pertama di Hong Kong dan kereta kabel tercuram di dunia. Ketika pertama kali dijalankan, Peak Tram adalah satu-satunya alat transportasi ke puncak selain tandu dan kereta berkuda. Tram ini awalnya menggunakan tenaga uap, kemudian dirubah menggunakan tenaga listirk sejak tahun 1926. Sampai tahun 1960-an terdapat dua jenis tiket, satu untuk kalangan bangsawan dan lainnya untuk para pelayan. Kereta yang kita lihat dan gunakan saat ini adalah trem berkereta dua yang diperkenalkan pertama kali tahun 1989, dengan masing-masing kereta berkapasitas 120 penumpang (95 duduk dan 25 berdiri). Pada saat-saat sepi hanya satu kereta yang dioperasikan.

Peak Tram beroperasi dari jam 7 pagi hingga tengah malam setiap harinya dengan interval waktu 10 sampai 15 menit.

Tarif tram yang berlaku adalah:
• Dewasa HK$22 sekali jalan dan HK$33 tiket pergi pulang.
• Anak-anak (3-11 tahun): HK$8 sekali jalan dan HK$15 pergi pulang.
• Orang Tua (65 tahun ke atas) HK$8 sekali jalan dan HK$15 pergi pulang.

Menuju Peak Tram
Garden Road dimana Lower Peak Tram Terminus berlokasi dapat mudah ditemukan dengan menuju menara Bank of China yang menonjol (menara kaca dengan bentuk geometris yang sangat khas dan ‘garpu-garpu’ yang menjulang dari puncak menaranya). Berdekatan dengan menara Bank of China ada struktur berbentuk seperti kotak yang tinggi yang bernama Cheung Kong Centre dan diantara kedua bangunan ini adalah Garden Road. Lower Peak Tram Terminus berlokasi di sebelah kiri jalan Garden Road dekat menara Citibank dan lampu merah pertama yang ditemui.
Stasion MTR terdekat adalah Stasion Central dan Admiralty. Dari Stasion MTR Central keluarlah di Exit J2 atau Exit K. Exit J2 menuju Chater Garden dimana menara Bank of China dapat terlihat dengan jelas. Exit K menuju Statue Square yang terletak berseberangan dengan gedung HSBC dan di sebelah kiri dapat terlihat menara Bank of China. Dari Stasion MTR Admiralty keluarlah di exit C1 dan seberangi jembatan di atas Queensway menuju Pacific Place. Sesampainya di Pacific Place gunakan eskalator di sebelah kanan yang berjalan di samping pusat perbelanjaan. Naiki hingga mencapai puncak tertinggi dan seberangi jalan menuju Hong Kong Park kemudian ikuti petunjuk dari Hong Kong Park menuju Lower Peak Tram Terminus.
Atau gunakan bus 15C dengan atap terbuka dari Central Star Ferry Pier menuju Lower Peak Terminus atau sebaliknya, sebelum dilanjutkan dengan naik Peak Tram.
Di Lower Peak Tram Terminus pemilik Octopus Card tidak perlu mengantri di loket namun dapat langsung antri di platform. Hal ini sangat menguntungkan terutama pada jam-jam sibuk, seperti pada akhir pekan dan waktu liburan.
Selain menggunakan Peak Tram, kita dapat langsung menuju Peak Tower menggunakan bus kota dari Central Pier, dan sebaliknya. Bus kota nomor 15 beroperasi dengan interval waktu 10 sampai 15 menit setiap harinya dari Star Ferry Pier Central menuju Peak Tower Terminus dan sebaliknya. Perjalanan dengan bus akan memakan waktu sekitar 20 menit melalui jalan yang berkelok-kelok. Untuk pengalaman yang lengkap, gunakan Peak Tram menuju Peak Tower dan kembali ke Central menggunakan Bus 15.

Victoria Peak

Kesenangan perjalanan menuju Victoria Peak sebagian besar terletak pada saat perjalanan ke puncak naik Peak Tram. Pengunjung dapat mendaki ke puncak yang sesungguhnya dengan berjalan kaki sejauh 140 m. Dari puncak, terlihat pemandangan pusat kota Hong Kong hingga Kowloon yang menakjubkan. Pada zaman kolonial, Victoria Peak digunakan sebagai lokasi eksklusif vila-vila musim panas. Namun kini, menjadi tempat wisata populer yang menawarkan berbagai atraksi menarik, seperti “Ripley’s Believe It Or Not”, Museum Madame Tussauds, Toko-toko dan banyak restoran.

Museum Madame Tussaud
Museum Madame Tussaud Hong Kong merupakan museum lilin pertama di Asia yang didirikan pertama kali oleh Marie Tussaud di Perancis. Museum terletak di dalam Peak Tower dengan koleksi lebih dari 100 patung lilin tokoh-tokoh terkenal di Asia maupun dunia. Artis, politikus, olahragawan, ilmuwan dan tokoh-tokoh dunia lainnya menjadi koleksi yang layak untuk diabadikan. Patung-patung lilin dipajang berdasarkan kategori dan tema yang beragam seperti Kehidupan Glamor Hong Kong, Idola Musik, Sejarah, Pahlawan Nasional, Para Juara serta World Premiere. Setiap tahunnya selalu ada koleksi patung baru yang menghiasi museum ini, dan untuk berfoto dengannya kita harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Tarif masuk museum Madam Tussaud:
HK$ 160 Dewasa, HK$90 Anak-anak (usia 3 – 11 tahun) dan Orang Tua (di atas 65 tahun).
Tarif paket Museum Madam Tussaud + Peak Tram (Sekali jalan) : HK$180 (dewasa), HK$90 (anak-anak dan orang tua).
Tarif paket Museum Madam Tussaud + Peak Tram (PP) : HK$170 (dewasa), HK$85 (anak-anak dan orang tua).
Paket Combo (Peak Tram Sekali jalan + Madam Tussaud + Sky Terrace): HK$190 (dewasa), HK$95 (anak-anak dan orang tua).
Paket Combo (Peak Tram PP + Madam Tussaud + Sky Terrace): HK$200 (dewasa), HK$100 (anak-anak dan orang tua).

2. OCEAN PARK
Berlokasi dekat Aberdeen di bagian selatan Pulau Hong Kong, Ocean Park dibuka pada tahun 1977 dan merupakan taman hiburan yang pertama di Hong Kong. Dalam lima tahun terakhir, Ocean Park mengalami lonjakan jumlah pengunjung hingga mencapai 5 juta orang, sehingga masuk dalam lima belas tempat rekreasi paling banyak dikunjungi di dunia. Selain taman hiburan, Ocean Park juga merupakan tempat konservasi hewan laut, penelitian, dan sarana pendidikan yang penting. Program senilai HK$5,5 milyar untuk pengembangan dan perluasan taman dimulai pada 2006 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2012/13 yang akan memperluas taman dan juga jumlah atraksi yang di tawarkan.

Menuju Ocean Park
Ocean Park memiliki layanan transportasi khusus layanan Bus 629 (tarif HK$10.60) dari Stasion MTR Admiralty Exit B, diluar Lippo Centre yang terletak di Drake Street, Hong Kong Island. Bus beroperasi setiap 10 – 15 menit, mulai dari jam 09.00 sampai jam 16.00 setiap harinya. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 25 menit. Bus terakhir dari Ocean Park menuju Admiralty berangkat jam 19.00 (pintu masuk Tai Shue Wan) dan jam 19.05 (pintu masuk utama).
Selain itu, Bus 629 juga melayani rute Ocean Park dari Central Ferry Pier 7 (Star Ferry Pier), pada jam 09.35, 09.55, 10.15, 10.35, dan 10.55. Layanan ini juga melewati Stasion Bus Exchange Square (Stasion MTR Central Exit A) dan Stasion Bus Admiralty. Waktu perjalanan kira-kira 40 menit.
Perjalanan Bus 629 berakhir di pintu masuk Tai Shue Wan dan tidak berhenti di pintu masuk utama di sebelah utara.
Apabila kita ingin memasuki taman melalui pintu masuk utama, terdapat layanan gratis Shuttle Bus 888 yang melayani kedua pintu masuk tersebut. Sedangkan dari Ocean Park, Bus 629 berangkat dari pintu masuk Tai Shue Wan dan berhenti di pintu masuk utama.

Ocean Park dekat dengan pintu masuk/keluar terowongan Aberdeen di pinggiran Aberdeen. Terdapat banyak bus dari Central, Admiralty, Wan Chai, Causeway Bay dan daerah-daerah Kowloon dan New Territories yang melewati pintu masuk utama taman setiap hari, pagi hingga tengah malam.

Dari Central gunakan bus nomor 70, 75, 90, 97, 260, 6A, 6X dan M590. Atau Gunakan Green Minibus nomor 6 dari Jalan Man Kwong (sejajar dengan pintu masuk dermaga di Central Ferry Piers).
Dari Causeway Bay (Stasion Bus Moreton Terrace, di belakang Hong Kong Central Library) gunakan bus nomor 72, 72A, 92, 96 dan 592.
Dari Tsim Sha Tsui (Kowloon Bay), gunakan bus 107. Dari Jordan road gunakan Citybus 973 menuju Aberdeen.
Layanan Gratis Shuttle Bus 888 Ocean Park
Shuttle bus 888 adalah layanan bus gratis yang dioperasikan oleh Citybus melewati kedua pintu masuk taman hiburan yang letaknya saling berjauhan (Lowland dan Headland). Hal ini berguna bagi pengunjung yang tidak ingin naik kereta kabel yang menghubungkan dua sisi taman hiburan. Jika kita berniat untuk keluar dari taman menggunakan bus 888 dan masuk lagi dari pintu taman yang lainnya, maka kita perlu meminta cap di tangan sebelum meninggalkan taman.

Jam Buka
Taman Hiburan Ocean Park buka hampir setiap hari namun jam bukanya bervariasi tergantung keadaannya. Setiap hari taman buka mulai jam 10 pagi, namun pada hari-hari libur dan musim liburan sekolah, taman dibuka mulai jam 09.30. Jam tutupnya bervariasi diantara jam 18.00 (pada sebagian besar musim salju), 19.00 (musim panas), dan 20.00 (liburan musim panas sekolah dan hari-hari libur tertentu). Pengunjung dianjurkan untuk memperhatikan jam operasional taman melalui website Ocean Park (www.oceanpark.com.hk)
Tiket masuk dapat dibeli di kedua pintu masuk yaitu pintu masuk utama dan pintu masuk Tai Shue Wan.Tiket juga dapat dibeli di Terminal Bus Ocean Park nomor 629 di Stasion Bus Admiralty (dekat Stasion MTR Admiralty Exit B) dan juga di MTR Travel Services Centre di Stasion MTR Admiralty.
Harga Tiket Masuk:
• Dewasa HK$250
• Anak-anak (usia 3-11 tahun) – HK$125.
• Anak-anak dibawah usia 3 tahun dan orang tua berusia 65 tahun Pemegang Kartu Identitas Hong Kong atau lebih gratis.

Wahana-Wahana Yang Tersedia Di Ocean Park
Lihat di Buku Budget Traveling: Hong Kong

About these ads

Responses

  1. #Arta Rini: biaya masuk sudah untuk melihat semua patung, kecuali yg sdg dipajang di depan, ada biaya foto khusus.

  2. Pak budi , klo ϑï madame tussau itu harga tiket masuk ƍäª bs untuk smua patung lilin yaah
    Klo mau liat smua ptung lilin brpa Ɣª kira” harganya ?

  3. #Irene: Paket combo yg murah (bukan hanya madam tussaud, tp atraksi yag lain) belinya di hotel tempat kita nginap. Cuma hotel-hotelnya yang budget, spt Golden Crown, Yiufai dan sejenisnya.

  4. hallo.. kalo mau beli paket combo untuk masuk ke madame tussaud itu di mana ya? apa setibanya atau di bandara? krn dengar2 kabarnya lebih murah kalo beli sblm tiba di lokasinya,,, mksih banyak buat info nya,, salam,,

  5. #Arta Rini: Hkg. Macau gak perlu visa, Shz pk visa on arrival, persyaratan paspor aja.

  6. Pak budi, mau Tanya donk
    Klo mau ke macau hongkong or shenzen perlu visa ƍäª yah ?
    Berkas pa ja yg patut dibawa selain passport ?
    Trims.

  7. #Nico: trims infonya

  8. Info yang menarik. Saya mau ingatkan juga buat semua, kalau ke hongkong ikut tour jangan pakai jasa tour & travel UNITED HOLIDAYS Hongkong. Saya ke hk tgl 18 -22 Juli 2012. Servicenya sangat sangat sangat buruk. Complain kitapun nggak ditanggapi. Mending pergi sendiri, karena panduan dari mas budisulis sudah cukup komplit.

  9. #Rofin: kalau lg honeymoon sih kemana aja asyik aja tuh….hehe. coba lihat contoh itinerary di buku atau blog ini.

  10. salam kenal mas budi …..
    saya Rofin baru rencana mau ke hongkong akhir tahun= honeymoon ini kira-2 tempat yang bagus kemana ya pak saya paling lama 4 hari …terima kasih

  11. #Rani: bisa sj itin nya spt itu. Untuk transport coba lihat di bukua saya budget traveling: hong kong. Thx

  12. Pak budi,saya berencana ke hkg nov 2012,tapi hanya memanfaatkan libur longweekend saja.krn sampai di hkg malam jam 19.30,kami berencana menginap d bandara.hari 1 langsung ke ngongping,kmd vic peak,lalu ke shenzen dg train.hari 2 ke Windows of the world,china folk.lanjut ke macau dg ferry,senado square.hari 3 ruins,kuil ama,langsung bandara.kira2memungkinkan at tdk itinerary saya?transportasi apa yg bs dipakai?

  13. #Yantia: rasanya gak ada batasan, maaf saya lupa.

  14. siang pak, ukuran koper brp yg bisa di handcarry utk penyebrangan hkg-macau? terima kasih

  15. #Elsa: maaf, gak tahu

  16. Pak pernah dengar apartement ovolo di tung Chua Street? Saya DPR info dari booking.com

  17. #Disty: dua2nya bisa, beli online lebih murah dan harga paket peak tram dan tussaud jg lbh hemat. Malah di hotel tertentu jual tiket dg harga yg lbh murah lagi.

  18. Pak Budi,

    bertanya untuk ke madame tussauds apakah tiketnya bisa beli online? apa bisa langsung beli disana?

    tks,

  19. #Daniel: ada bus airport citybus no A11.

  20. kang salam kenal, saya daniel, saya mau tanya, adakah bus dr central ke airport..

  21. #Ervin: Menurut saya kedua area sama menariknya, memang di HKG Island lebih banyak tempat2 menarik yg bisa dikunjungi dan tempat makanan (khususnya makanan Indonesia) yg lebih banyak, tetapi untuk urusan belanja sptnya lebih banyak di Kowloon. Dengan transportasi yang melimpah, saya pikir kemanapun sangat mudah dan cepat, tinggal fasilitas dan harga hotel saja sebagai pembandingnya.

  22. Hi pak sulis,
    Mo nanya2 pak, kami rencana pergi k hongkong mid of feb ini..
    Kami ada 2 alternative hotel, b pinternatinal di kowloon island dan yg satu lagi Kosmopolitan hotel di queens rd hongkong island..
    Sebetulnya untuk stay, mana yg lbh baik/menarik, apakah hgk island ata kowloon?

    Thx in advance

    Vin

  23. #Razi: Tempat-tempat yang menarik sudah saya tulis di sini. Silakan tentukan itineray yang sesuai dengan keinginan.

  24. sy bercadang nk bercuti di hongkong pd thn 2012 ni.cadangkan pd sy tarikh yg sesuai n tmpt2 yg menarik….razi

  25. #Qifty R: Dari Airport ke CWB naik Citybus (bus airport) dengan tarif HKD40/org dan waktu tempuh sktr 1 jam. Perjalanan Macau HKG sktr 1 jam, kl ditambah ngantri di imigrasi total waktu sktr 1,5-2,5 jam. The Peak buka sampai malam, tinggal perhitungkan aja waktu yang digunakan selama di Macau dan waktu perjalananMacau -HKg, sisanya itulah waktu untuk menikmati the peak. Kalau cuma lihat pemandangan,cukup satu jam.
    Kalau mau hr 1 gak usah ke the Peak, krn terlalu mepet, tp hari 2 baru ke the peak, terus dismbung ke ngongping baru terakhir ke mongkok.

  26. kang, salam kenal..sy dan kluarga 8 org rencana tgl 24 Feb-27 Feb mau ke hkg, stay di causeway bay, nah klo dari airport ke causeway bay naik apa? malemnya mau liat symponhy of the light, nginep di tempat p’awi (sdh email), hari 1 tgl. 25 langsung ke maccau pulangnya langsung ke the peak keburu gak ya? rute yg hrs diambil mana aja? utk ke the peak?
    hari Minggunya tgl. 26 rencananya ke ngong ping (patung Budha mendengar) pulangnya mau ke mongkok, rutenya mana aja ya yg hrs dilalui..makasiy atas jawabannya

  27. #Andri: Dari airport bisa naik Citybus A11 turun di tonnochi road – hennessy road (pemberhentian no.12). Tidak ada paket prepaid Blackberry di Hkg, mending pakai operator Indonesia dg fasilitas roaming BB, spt T*L atau X* coba lihat web masing-masing.

  28. kang budi… andri lagi nihhh :)

    nambah mau nanya 2 lagi yahhhhh..
    1. kita rencana nginep di best western, katanya seberang times square.. kalo dari airport naik bis apa yah?
    2. apa ada info paket blackberry di hong kong untuk 4 hari yang efisien dan kira-kira berapa…

    makasih banyak ya kang :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: