Oleh: budisulis | 24 Mei, 2010

Itinerary Hong Kong (4 hari)

Berikut ini adalah contoh Itinerary untuk 4 hari di Hong Kong.

Hari I Hong Kong Island.
Naik Tram dari Causeway Bay menuju Wan Chai kemudian Central (Tram Tujuan Kennedy Town, Whitty Street atau Western Market). Dengan HK$ 2 per orang sekali naik, Tram akan membawa kita berkeliling melihat pemandangan khas kota Hong Kong yang sibuk.
Naik Bus No.6, 6A, 6X, 260 atau 262 (tujuan Stanley) dari Exchange Square Central atau Terminal Star Ferry Central, dan turun di Repulse Bay. Repulse Bay Centre terletak tepat di sebelah pemberhentian bus. Repulse Bay dibangun pada jaman kolonial dengan bangunan bergaya eropa yang sangat klasik dan anggun. Ditempat ini kita bisa menemui beberapa toko dan café untuk menikmati minum teh yang terkenal. Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan naik bus yang sama menuju Stanley.
Stanley Market merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal dengan pasar dan ratusan toko yang menjual aneka souvenir, lukisan, kerajinan Cina, sutra dan barang lainnya dengan harga yang murah. Lanjutkan dengan naik bus dari Stanley Market kembali ke Central. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit atau naik bus no 15C dari terminal Star Ferry menuju the Peak Tram Station dibelakang bangunan Bank of China. Naik Peak Tram menuju the Peak tempat pemandangan kepulauan Hong Kong yang menawan. Di tempat ini pula terletak Museum Madam Tussaud. Harga paket tiket the Peak Tram dan museum ini lebih murah dibanding membeli secara terpisah. Untuk sensasi dan pengalaman yang berbeda, kembali ke Central gunakan bus kota. Kunjungi Central Plaza atau coba naiki eskalator terpanjang di dunia di Mid Level Escalator.

Hari II Causeway Bay, Tsim Sha Tsui dan Mongkok
Hong Kong memiliki taman di dalam kota yang indah, seperti Hong Kong Park di Admiralty, Victoria Park di Causeway Bay atau Kowloon Park di Tsim Sha Tsui. Mulailah dari Hong Kong Park, taman terindah di Hong Kong. Setelah itu gunakan eskalator turun menuju Pacific Place untuk belanja atau sekadar jalan-jalan. Atau dapat juga pergi ke area Causeway Bay untuk makan siang di warung Indonesia atau mengunjungi beberapa mall yang terkenal seperti Sogo atau Time square.
Setelah itu naik ferry dari Wan Chai menuju Tsim Sha Tsui (TST), Kowloon. TST terkenal dengan daerah pertokoan dan museumnya. The Harbour City di sebelah terminal ferry Tsim Sha Tsui pier memiliki lebih dari 700 toko. Selain itu terdapat pula Space Museum, Cultural Centre, Museum of Art, Museum of History dan Science Museum. Ke Kowloon tidak lengkap bila tidak mengunjungi area Jordan (Temple Street, Night Market), Mongkok (Ladies Market, Flower Market, Fish Market). Kunjungi pula Sam Shui Po pusatnya produk elektronik termurah di Hong Kong. Sore hari kunjungi Clock Tower, Star Avenue dan Symphony of Light (mulai jam 8 malam).

Hari III Ocean Park.

Pagi hari mulai dengan kunjungan ke Golden Bauhinia Square di Wanchai. Keluar di stasion Wanchai Exit A5, ikuti petunjuk yang ada menuju tempat patung bunga Bauhinia, lambang kembalinya Hong Kong ke negara China. Setelah puas berfoto dan menikmati angin laut di taman ini. Gunakan Tram menuju stasion MTR Admiralty exit B, naik bus 629 menuju Oceap Park. , kembali ke stasion untuk menuju Ocean Park. Bermain sepuasnya seharian di taman yang memiliki dua area ini.

Hari IV Lantau Island

Walaupun ke Lantau Island dapat menggunakan MTR, namun disarankan naik ferry dari Central Pier 6 ke terminal Mui Wo di Lantau Island (sekitar 40-60 menit), kemudian naik bus no 2 dari Silvermine Bay (Mui Wo) menuju Ngong Ping (50 menit). Kunjungi patung Giant Budha dan Po Lin Monastery tempat dimana kita bisa makan siang ala vegetarian. Selanjutnya kunjungi Ngong Ping Village dan naik Skyrail (kereta kabel) sejauh 6 km (25 menit) menuju Tung Chung. Nikmati pemandangan pulau Lantau, Laut Cina Selatan dan naik turunnya pesawat di landasan airport HKIA.
Tiba di Tung Chung jangan lewatkan mampir di City Gate, factory outlet barang-barang bermerek internasional dengan diskon hingga 70% setiap hari. Kunjungi Disneyland di Lantau Island, naik MTR turun di stasion Sunny Bay dan berganti kereta menuju Disneyland. Saksikan pertunjukkan kembang api setiap hari mulai jam 8 malam, sebagai puncak pertunjukkan di resor ini.

Kunjungan tempat lain: Macau, Shenzhen atau ke pulau lain di sekitar Hong Kong.

About these ads

Responses

  1. Pak kalo k ngong ping lewat ferry ke mui wo, ulasan nya ada di buku bapak ga?saya sudah pnya buku bpk yang singapore, lagi cari yang HK, thanks

  2. Pak Budi, saya rencana dari shenzhen mau langsung ke beijing via train di shenzhen north station, karena jadwal kereta jam8 pagi harus berangkat.. sebaiknya saya menginap di daerah mana ya? ada penginapan yang direkomendasikan? kalo bisa penginapan itu jg dkt dgn subway ato bus ke tempat2 wisata favorit di shenzhen.. terima kasih sebelumnya & salam kenal

  3. ok tks pak….

  4. #nina korda: sepertinya di sham sui po ada produk fashion, tp kebanyakan sih barang elekronik. Hati2, harganya memang murah tapi kabanyakan palsu.

  5. Pak, tolong tanya lagi, apakah benar Cheung Sham Shui Po di Cheung Sha Wan Road, Kowloon , itu grosir fashion kaki lima ? apakah ini memiliki brg2 yg lumayan bagus dgn harga murah ? tks

  6. Trima kasih p Budi, sangat bermanfaat. Regards.

  7. #Nina Korda: bisa aja, mungkin yg perlu diperhitungkan dr ngong ping ke tungchung perginya naik cable car pulangnya naik bus atau sebaliknya. Dr tung chung dekat kok ke disneyland.

  8. Siang pak, pak mohon advise nya…..sy akan k hkg tgl 22 apr ini, bila sy gabungkan bauhinia square jam 8 pg, kemudian lanjut k ngongping, mengingat br buka jam 10, apakah bisa pak ? berapa lama jarak bauhinia n lantau island tsb ? kemudian jam 12.30 sy kejar k disney. Giman menurut bpk ? terima kasih sebelumnya.

  9. Siang p Budi, pak tolong petunjuknya, sy akan ke hongkong april ini, tolong tanya, apakah bisa sy gabungkan, pagi jm 8 sy k bauhinia square, kemudian lanjut k lantau island ? mengingat jam bukanya br jam 10, jd sy tdk mau buang waktu, sy padatkan sblm jam 10 itu. Gimana menurut bpk ? stlh dari Ngongping sy mo kejar k disney jam 12.30 hrs sdh d disney…. Mohon advise bpk…. Trima kasih sblmnya.

  10. #Dyah: trims ya sdh koleksi bukunya. September di hk masih agak panas, tp banyak angin dan hujan.

  11. # kiki: Maaf saya gak tahu.

  12. Pak Budi, sy sdh beli 2 buku bpk, Spore dn HK. Kapan-kapan berniat minta tnd tangan nya nih. Sy berniat ke HK Septmber ini, cuaca disana spt apa ya? Spy tdk saltum mksdnya. Matur nuwun pak

  13. pak budi , sy ke shenzhen city di ajak ke crown science&tehnology park disana ada presentasi kesehatan yg berlanjut ke pemeriksaan kesehatan kita oleh professor disana dan harus membeli obat (tongrentang) yang mahal harganya (5000 an RMB) .. menurut bapak tempat itu rekomend ga untuk saya ajak keluarga berobat…makasih pak dan salam kenal..

  14. #Puti : relatif, ada yg senang di cwb ada yg di kowloon. Kl saya lbh sering di tsim sha tsui, kowloon.

  15. Terus lebih baik stay di causeway bay atau kowloon pak?

  16. #Puti: rada mepet tapi cukup kok, asal gak lama2 di satu tempat.

  17. pak budi, kalo 5 hari 4 malam, dan hari pertamanya sampe sana jam 8.30 pm cukup ga yah? trus lebih baik stay di causeway bay atau di kowloon? beli buku pak budi dimanakah?makasiiiih

  18. #Disty; satu setengah hari rasanya gak akan cukup. Coba tentukan prioritas yg ingin dilihat yg mana, krn banyak alt. Bbrp tempat yg “wajib” dikunjungi spt the peak dg madam tussaudnya, disneyland, avenue of star, star ferry, tram, symphony of light, repulse bay, night market, dll. Penginapan yg disarankan Yiu Fai guesthouse di tsim sha tsui Kowloon atau golden crown di area yg sama, coba lihat webnya.

  19. Pak Budi,

    saya hanya satu setengah hari di Hongkong.. karna perjalanan kali ini cukup panjang Jkt-KL-Macau-Hongkong-Bangkok-Jkt.
    dalam waktu yang singkat itu kira2 yang bs dikunjungin apa saja dan sebaiknya tinggal di daerah causebay atau kowlooon?

    pls adv.
    tks ya Pak.

  20. #Fenny: Ok nanti saya tanyakan ya.

  21. Pak Budi, Fenny lagi ini pak. kalau ke Shenzhen bulan maret nanti, tolong nunut tanya apakah pertengahan juni sampai akhir juni shenzhen ada event khusus yg mengakibatkan VoA tdk bisa didapatkan saat itu ya. Terima kasih banyak pak

  22. #Preti: Loker penitipan kopor ada di Mall Citygate Lantai dasar, tepat bersebelahan dengan stasion MTR Tung Chung.

  23. Pak Budi, saya membaca buku bapak yang berjudul Budget Travaling : Hongkong – jalan jalan hemat ke Hongkong. Dalam buku tersebut tertulis kita bisa menitipkan koper dengan menyewa loker yang ada di stasiun. Mohon petunjuk Pak Budi, yang dimaksud disini stasiun mtr tung chung ataukah stasiun apa ya Pak? terimakasih Bapak

  24. #Dewi: Gak bisa lah, check in hanya buat maskapai tertentu seperi Cathay Pacifik.

  25. Pak Budi, Air Asia bisa intown check in ga ya di Hongkong station? Kita bisa check in bagasi berupa koper2 besar di MRT station dulu lalu kita tinggal shopping? thanks buat info2nya :)

  26. #Nida: Terimakasih. Kalo bisa sharing pengalamannya di sini. Salam.

  27. Wah..satu kebanggaan buat saya tu Pak Budi kalau dimuat. Kenyataannya, sembilan bulan sebelum waktu keberangkatan, tulisan bapak terus saya lahap habis dibandingkan dengan beberapa blog-blog backpacker lain yang membahas soal HK. Dan satu lagi Pak menyangkut makanan halal di Macau memang harus bawa bekal dari rumah seperti saran bapak walau bisa nambahin kg bagasi…yang penting aman dan halal. Semoga sukses di penulisan edisi-edisi berikutnya. Salam hangat.

  28. #Nida: Terimakasih juga sudah nurut saran sy, ya….ha…ha….Nanti testimoni ini mau saya muat di buku edisi HKG berikutnya. Salam hangat. Untuk edisi khusus Cina, kayaknya nanti-nanti, November ini giliran edisi kuala lumpur dan singapore 2nd edition.

  29. Pak Budi…makasih banyak iterarynya ya. Hampir semuanya saran bapak saya ikuti, seperti pergi naik tram, atau cable car pulangnya pakai bus, dan memang betul sensasinya beda. Dan yang asyiknya gak perlu jasa tour yang pastinya gak bisa saya gunakan karena memang budget traveller. Once again terima kasih atas pengetahuan wisatanya…ditunggu pak tulisannya tentang wisata di Cina.

  30. #Joyce: Kalau cepat pakai airport express, tapi mahal. Kalau murah pakai bus airport, tapi agak lama. Kalau mau cepat dan murah, paling naik Bus S1 dulu ke Tung Chung, sambung MTR biasa ke kota. Lengkapnya ada di buku Budget Traveling: Hong Kong.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: