Oleh: budisulis | 6 Desember, 2009

AirAsia Tolak Paspor Expired Kurang 6 Bulan

Ini adalah pengalaman pertama, selama bertahun-tahun pergi Ke Singapore. Karena ada keperluan mendadak, kami baru memesan tiket AirAsia sekitar 1 minggu sebelum keberangkatan. Dengan pertimbangan harga yang lebih murah, kami memutuskan untuk naik AirAsia ke Singapore pada tanggal 27 NOvember kemarin dari Jakarta. Sesampainya di konter check-in AA, kami melakukan proses seperti biasanya. Namun pada saat paspor istri saya diperiksa, si petugas mengatakan bahwa sekarang ini pemerintah Singapore akan menolak paspor yang validitasnya kurang dari 6 bulan! (paspor istri saya tinggal 2 bulan). Bahkan si supervisor AA menambahkan bahwa kalau tetap memaksakan untuk masuk imigrasi di sana, kita akan langsung dideportasi dan dimasukkan dalam daftar “Black List” selama setahun dilarang masuk Singapore. Kemudian ditambahkan oleh si supervisor tadi, penerbangan yang mengijinkan penumpang dengan paspor yang akan habis masa berlakunya itu akan didenda besar sekali!!!
Coba bayangkan, sudah siap pergi, tiba2 ditolak dengan alasan2 seperti itu. Dan ternyata bukan hanya kami yang dmengalami hal itu, ada orang tua bersama anaknya yang sedang sakit dan akan berobat ke sana ditolak juga. Awalnya sempat ada harapan, bahwa jika ada jaminan dari seseorang/perusahaan di Singapore yang mengundang kami, maka kami masih bisa diberangkatkan. Tapi itu juga tidak otomatis bisa masuk Singapore. Saya sempat kontak teman2 di sana, apakah memang ada kejadian seperti itu dan apakah mereka bersedia kirim email tentang jaminan itu. Mereka bersedia memberikan surat, tetapi tetap tidak bisa menjamin pihak imigrasi Singapore akan memberikan ijin masuk. Saya pernah masuk SIngapore lewat Batam dengan paspor tinggal 2 bulan, dan gak ada masalah, malah sampai ke Malaysia segala, lancar2 saja. Saya tahu imigrasi di Bandara Changi memang lebih ketat dibanding di HF atau di Woodland. Atau mungkin tergantung petugasnya juga ya?
Saya sangat menyesalkan saat booking di web AirAsia, pada saat memasukkan data masa berlaku paspor, AA tidak secara otomatis menolak atau memberikan warning (padahal di syarat dan ketentuan jelas tercantum aturan ini).
Supervisor AA menjanjikan tiket istri saya bisa direturn/dipakai untup pemesanan berikutnya, dengan memberikan semacam e-voucher. Hanya anehnya, ketika kami akan melakukan pemesanan berikutnya di konter AA di bandara dan ingin menggunakan voucher itu untuk penerbangan 3 minggu kemudian, petugas di sana seperti kebingungan dan menyarankan untuk menghubungi customer service via telepon. Ternyata CS pun juga tidak bisa memproses pemesanan kami, malah menyarankan untuk melakukan sendiri lewat online! Lha waktu kami coba pesan online, kami lagi2 kebingungan mencari cara bagaimana menggunakan voucher yang dijanjikan itu, padahal waktu itu si supervisor-nya mengatakan gampang sekali, tinggal masukkan password. Lha password sih memang dikasih, tapi login atau nomor e-vouchernya apa, gak dikasih tahu…..
Kami dengar bahwa orang lain gak ada yang diperlakukan seperti itu, artinya kalau batal terbang karena alasan paspor tadi, tiket tetap hangus. Ya sudahlah, itu memang keteledoran kami. Untungnya penerbangan pulangnya kami pakai Qatar Air, sehingga masih bisa diundur ke waktu lain, dan layanannya pun bagus banget, two tumbs up buat mereka!
Mulai sekarang sebaiknya periksa lagi masa berlaku paspor anda, jangan sampai kejadian yang kami alami menimpa anda.
Oh, ya kejadian ini tidak membuat kami kapok naik AA, hanya kalau ada alternatif lain yang lebih baik kenapa tidak?
Salam.

About these ads

Responses

  1. #Tina: Mudah2an itu jd pengalaman bwt kt semua.

  2. baca peristiwa itu semua, bikin Sy WAS-WAS jg. soalnya saat ini jg mau n uda Booking AA. G’ tau, skrg Sy yg lg SUPER GALAU…!! g’ kpikir kl ada prblm dg Passport yg masa berlaku < 6 bln. pdhl Tkt udh OK, n byr PP lg. brkt tgl 24 Maret, sabtu ini n plg 2 April. sdg Expr nya 10 Agst 2012. cm krn wkt booking, Passport lupa g' bawa n G' kpikir kl max 6 bln dr masa Expired nya. kirain max 3 bln. pkf nya plg dr Mlsia br urus perpanjangan, . n Sy jg br ksh Passport menyusul k Agent nya. Waduh, Shock bngt lah..aplg KK YG ASLI ADA D RMH LUAR KOTA. JD BR BS D ANTER BSK MGK SIANG nyampek. krn KK jg lg d pake untuk urusan laen. NAH LOH… kyk nya lengkap sdh GALAU nya. cb anter nya bs lbh pagi, kan bs sdkt tenang. tp kata Agent Tkt tmpt Sy booking sich bs 2 hr an. cm JUMAT libur lg. Yach.. semoga aja. cm bs berDOA aja. kl g’, hangus lah tkt PP Sy, brkt sm anak lg.bayangin dech.. ini lah curhat Qu.. TQ.

  3. #Aa dan Nike: Memang sangat mengecewakan pengalaman seperti ini, makanya sy posting informasi ini sejak 2009. Namun sudah seharusnya Airasia mulai mengingatkan setiap calon penumpang yang masa paspornya akan kurang dari 6 bulan dari jadwal terbang yang dipesannya. Saya yakin Airasia tidak ingin menolak calon penumpang yg melakukan pemesanan, krn tentunya ingin memberi kesempatan yang sama kepada semua calon penumpang mendapatkan pesanan sesuai dengan keinginannya tanpa dibatasi masa paspor, apalagi kl ada program promo yang murah. Yang harus kita lakukan adalah segera memperbaharui paspor kita sebelum jadwal penerbangan kita. Saya kira Airasia tidak sepenuhnya salah, krn sudah mencantumkan ketentuan persyaratan masa paspor ini, hanya sekali lagi mereka sebaiknya mengingatkan calon penumpangnya secara otomatis, mungkin pada saat pemesanan (pengiriman itinerary) atau seminggu sebelum jadwal penerbangan (self check-in).

  4. Pak Budi,
    Salam kenal,
    Saya hari Kamis kemarin (5 Jan 2012) pun ditolak pergi oleh AA karena paspor saya kurang dari 6 bulan. Lalu saya cari2 di internet kasus serupa & ketemu dengan postingan Bapak ini. Bagaimana menurut Pak Budi mengenai hal ini? Kalau saya terus terang kecewa dan merasa tertipu, karena di website walaupun sudah ada pemberitahuan paspor tidak boleh kurang dari 6 bulan, toh tapi transaksi masih dapat diteruskan sampai pembayaran selesai.

    Lalu bila dilihat di terms and conditionsnya, pada poin tertentu mereka mencantumkan syarat international flight, yaitu (secara kasarnya) memiliki paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan. Berdasarkan poin ini, bukankah mereka seharusnya juga tidak menjualnya ya?

  5. Baru kejadian skrg ini, jam 7 pagi.
    Saya di cancel jg.. Pdhl uda beli tiket JKT-KL + KL-Kuching total over than 3 mill rupiah.. Gr2 paspor sampe 24 mei..
    Sdgkan saya cm 3 hari utk urusan yg sangat mendadak..
    Sangat disayangkan pelayan AA yang mengecewakan, shrsny dr awal klo emg seperti itu tidak mengizinkan kita untuk membeli tiket scr online..
    Tp ya ini pelajaran lah buat kita semua..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: