Oleh: budisulis | 15 Mei, 2008

Melanjutkan Sekolah di Singapura (2)

Sistem pendidikan di Singapura memang beda tapi sebenarnya tidak terlalu rumit asal tahu tingkatannya.

Primary School = Sekolah Dasar —-> 6 tahun
Secondary School = SMP (sampai kelas 3) + SMA kelas 1

Nah di Sec School ini bisa hanya sampai Sec4 (yang Express/Special) atau sampai Sec5 (yang Normal). Yang Sec4 akan dapat “O”-Level, sementara yang Sec5 akan dapat “N”-Level.
Yang dapat “O”-Level bisa melanjutkan ke mana aja, sementara yang “N”-Level hanya bisa ke Poly saja —–> Grade “O”-Level lebih pintar dari Grade “N”-Level, sementara yang “N”-Level sendiri dibagi lagi “N”-Level Technical dan “N”-Level Academic. Yang “N”-Level Academic masih ada kesempatan mendapatkan “O”-Level setelah lulus “N”-Level Academic.


Kalo berbicara masalah ITE (Institute of Technical Education), itu sebenarnya adalah kumpulan anak2 yang kurang minat terhadap pelajaran (udah malas belajar), mereka hanya berminat terhadap hal2 teknis. Ini biasanya diambil dari jalur Secondary School …….. anak2 yang tidak mungkin masuk Express/Special Stream, di tahun ke-2 akan dilempar ke Normal Stream, nah anak2 yang ternyata juga tidak mampu mengatasi ( can not cope with ) pelajaran akan diberi kesempatan : Drop Out atau ke ITE.


Yang sedang pemerintah Singapura galakkan adalah kampanye bahwa lulusan ITE juga punya kesempatan ke Universitas lewat jalur Polytechnics ….. ini untuk memberanikan (encouraging) pelajar2 tersebut …… meski jalur yang ditempuh sangat2 panjang ….. ITE, trus ke Poly (3 tahun) baru ke Universitas.


Sekedar tambahan, mulai tahun 2008, jalur Special Stream dihapus …. perbedaan antara Special dan Express adalah tambahan pelajaran bahasa yang disebut “Higher Languange”, entah Higher Chinese, Higher Malay, Higher Tamil, dll. ……. Seorang pelajar yang telah mengambil “Higher” subject ini, akan terbebas beban yang sama di Junior College.


Sekarang selepas Secondary School, pilihan hanya ke Poly atau Junior College.
Perlu dicermati bahwa lulusan Poly di Singapore TIDAK setara dengan Diploma-3 di Indonesia, mereka hanyalah setara Diploma-1 di Indonesia ….. Seorang lulusan Poly di Singapura bisa melanjutkan ke Universitas, bila subjeknya menunjang, mereka bisa langsung ke tahun ke-2 di Universitas. Sedangkan Junior College (Maktab Rendah) adalah setara dengan SMA kelas 2 + 3 di Indonesia ……. meski beberapa bahan pelajaran hampir sama dengan mahasiswa tahun-1 seperti untuk Matematika, Kimia, Fisika, Biologi.


Pun, lulusan Junior College (”A”-Level) bila nilainya tidak begitu bagus, diberi kesempatan untuk “re-take” baik sebagai school candidate maupun private candidate …. bila sebagai school candidate (sama dengan tidak lulus kalo di Indonesia, sebab harus sekolah lagi) …… atau memilih Poly sebagai jalur alternatif menuju Universitas …. ini diperkenankan di Singapura case-by-case.
Juga pelajar Junior College yang ingin pindah jalur ke Poly juga diperkenankan, dan harus mengulang dari tahun ke-1, ada yang langsung tahun ke-2, tapi case-by-case juga.

 

So, kalo sudah lulus SMA di Indonesia, mau melanjutkan sekolah di Singapura (Negeri), seperti agak terlambat ……… akan lebih baik bila saat masih kelas 2 SMA mencari informasi dan melakukan kontak dengan pihak Universitas di Singapura (masuk sebagai pribadi), atau mengikuti test2 yang sering dilakukan oleh NUS, SMU, NTU di sekolah2 di Indonesia ……. banyak kok pelajar Indonesia yang meski belum lulus Ujian Nasional sudah dapat tempat di Universitas di Singapore lewat jalur beasiswa.

Disarankan, bila memang mau melanjutkan sekolah di Singapura (banyak keuntungan yang diterima apalagi mau melanjutkan ke Inggris, Amrik, Eropa), akan lebih baik waktu masih SMP kelas 3 atau SMA kelas 1, rajin2 cari info …… kalo diterima biasanya akan turun kelas satu tahun, biar bisa lebih menyesuaikan dengan iklim belajar di Singapura.

 

Memang ada private Universitas seperti UniSIM / SIM, MDIS, Informatics, Stansfield College, dll …… tapi setahu saya hanya SIM/UniSIM yang direcognized oleh pemerintah Singapura (tolong dikoreksi kalo MDIS juga direcognized).
So, kalo lulus SMA trus masuk Poly di Singapura, lebih baik gak usah dech …. mending sekolah di Indonesia dulu di Universitas Negeri atau Swasta yang bonafide, trus cari info apakah bisa transfer ke Universitas di Singapore ….
Nah, pelajar Singapura dari Poly dan Junior College, untuk masuk ke Universitas, tiap tahun akan diadakan Joint-Admission, mereka mendaftar secara on-line dan dilihat dari nilai serta keadilan ……… adil dalam arti bahwa tidak semua pelajar dari satu sekolah akan masuk dalam Jurusan yang sama (yang dipilih oleh pelajar), sehingga bila quota mereka sudah terpenuhi, secara automatis tidak masuk, dan menunggu tahap kedua Joint-Admission ini.
Udah ah …. kerja dulu.
Itulah pintar2-nya pemerintah S’pore ……. lha wong yang masuk Poly itu lulusan Secondary School yang notabenenya hanya setara kelas 1 SMA. Memang betul banyak pelajar lulusan SMA Indonesia yang masuk ke Poly, pun lulusan sekolah Indonesia Singapura banyak yang ke Poly …. dan ini berlaku umum …… pelajar Indo yang mau ngelanjutin ke Singapura harus turun kelas, minimal turun 1 kelas, kalo apes bisa turun 2 kelas.

 

Betul seperti yang ditulis, lulusan Poly harus start dari awal, akan tetapi ada perkecualian (meski tidak semua) bisa langsung tahun ke-2 bila dan hanya bila itu merupakan kelanjutan proses belajarnya, sebab ada teman yang dari Electrical Engineering di SP, bisa langsung tahun ke-2 di NTU, …. ya case-by-case …. So, kalo udah lulus SMA di Indonesia, pilihannya masuk swasta di Singapura aja ….. makanya kalo sudah lulus SMA di Indo, agak terlambat kalo mau ngelanjutin di Singapura, kecuali mau turun kelas lagi .

BEASISWA

Salah satu beasiswa yang rutin disalurkan oleh Pemerintahan adalah beasiswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan Singapura yang ditujukan bagi pelajar-pelajar berprestasi dari negara-negara ASEAN untuk meneruskan pendidikan di Secondary Schools (Setingkat SLTP) dan Junior College (setingkat SMU) ternama di Singapura, untuk pada akhirnya mengikuti Ujian GCE “A” Level (General Certificate of Education (Advantage) Level Examination) atau setara. Beasiswa ini ditawarkan dengan tujuan memberikan kesempatan bagi generasi muda ASEAN untuk mengembangkan dan memenuhi potensi mereka sepenuhnya.

Para penerima beasiswa akan memulai sekolah di Singapura pada tingkat Secondary 3 (SLTP tingkat 3) dan akan mengikuti ujian GCE “O” Level (atau setara) pada akhir tahun Secondary 4, dan apabila memenuhi syarat, para penerima beasiswa juga akan mengikuti ujian GCE “A” Level (atau setara) pada akhir Pre University 2 (SMU setingkat 2)

Para pelajar yang lulus ujian GCE “A” Level dengan nilai yang tinggi akan diberikan beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan mereka di National University of Singapore (NUS) atau Nanyang Technology University (NTU).

Beasiswa ini meliputi:

  1. Uang sejumlah S$2200 (untuk untuk pelajar yang duduk di Secondary School) / S$2400 (untuk pelajar yang duduk di Pre University) pertahun serta tempat tinggal di asrama.
  2. Uang sejumlah S$400 dalam masa penyesuaian diri (bagi pelajar Secondary )
  3. Dibebaskan dari pembayaran uang sekolah di Singapura dan Sumbangan Pendidikan (Education Fund)
  4. Dibebaskan dari uang ujian GCE “O” Level dan Level GCE “A” Level (hanya sekali)
  5. Tiket penerbangan kelas ekonomi untuk perjalanan ke Singapura (awal tahun pertama) dan perjalanan pulang ke Indonesia (akhir kontrak)
  6. Subsidi untuk fasilitas kesehatan dan mendapatkan asuransi kecelakaaan
  7. Kursus Intensif Bahasa Inggris selama bulan November dan Desember

 

Untuk informasi ttg Konsultan Pendidikan Singapore di Indonesia, silakan lihat daftarnya di:

http://www.singaporeedu.gov.sg/id/htm/stu/stu0305.htm

    (Penulis: Ansar)

     

     

    About these ads

    Responses

    1. Mau tanya asa ga beasiswa di singapura untuk lulusan olevel….ingin melanjutkan ke alevel…karna NTU dan NUS…tidak menerima olevel…harus alevel..minta petunjuk.thankyou

    2. #Elizabeth: kelas 2 jg

    3. Jika saya sekarang kelas 2 sma, umur 16 tahun ini dan ingin melanjutkan sekolah di singapura, jenjang apa yang harus saya ambil? (Apakah junior college?)

      Tolong balasannya
      Terima kasih :D

    4. #Muharam: bisa saja, tp sistem pendidikan kt beda sm di sing, jd gak bs langsung lanjut

    5. Kalo lulus smp (saya kelas 3 smp) ingin melanjutkan SMA di SG bisa? Dan bagaimana ketentuan nya? Trmksh

    6. #Rusma: kuliah lg dr awal

    7. Pak Budi Kalau kita Lulusan SMK Teknik Listrik dan sekarang sedang Kuliah Semester 1 di Polyteknik Indonesia , lalu ingin pindah Ke Politeknik di Singapore. Apa yang harus dilakukan ? Mohon pencerahannya . fnu_rusma@yahoo.com


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Kategori

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: