Oleh: budisulis | 14 Mei, 2008

Melanjutkan Sekolah di Singapore

Bagi sebagian besar orang, Singapore identik dengan tempat belanja, namun ternyata dibalik itu SIngapore juga dikenal dengan sistem pendidikan kelas dunianya. Lihatlah National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) masuk dalam kategori 50 perguruan tinggi terbaik dunia versi THES (Times Higher Education Supplement).

Singapore sangat menjaga kualitas pendidikannya, untuk masuk NSU, NTU atau SMU bukan perkara yang mudah. Selain persayaratan TOEFL minimal 550, seleksi awal dilakukan dengan melihat nilai raport, bila nilai rata-rata yang dimiliki antara 8,0 hingga 9,0 bisa mengikutinya. Untuk Indonesia, ketiga universitas negeri tersebut mempunyai daftar soklah mana saja yang kualitasnya bagus. Setelah itu dilakukan placement test. Dengan seleksi yang sangat ketat dan bertahap, kepada yang lolos seleksi pemerintah Singapore menawarkan tuition grant atau semacam ikatan dinas. Artinya bagi yg mengambil tuition grant akan terbebas dari biaya sekolah, namun setelah lulus wajib bekerja di Singapore selama tiga tahun.

Biaya kuliah di Singapore untuk yang mendapatkan tuition grant sekitar SGD 6.500 per tahun atau sekitar 44 juta rupiah. Sementara untuk yang tidak mengambil tuition grant, harus membayar penuh uang kuliah sekitar SGD 20.000.

Bagaimana dengan biaya hidup di SIngapore?

Standar kehidupan di Singapore diantara negara-negara di Asia adalah yang tertinggi. Dibandingkan dengan negara di benua barat, biaya hidup di sini relatif rendah, dan kebutuhan dasar, seperti harga pada makanan dan pakaian yang terjangkau. Ketika kita membuat anggaran belanja, maka perlu dipikirkan beberapa komponen biaya seperti berikut ini:

  • Akomodasi
  • Keperluan (perlengkapan)
  • Makanan
  • Transportasi
  • Pakaian
  • Telekomunikasi
  • Buku dan Alat Tulis
  • Medis atau Layanan Kesehatan
  • Asuransi
  • Biaya Pribadi

Seorang siswa internasional di Singapore menghabiskan paling tidak sekitar S$750 sampai S$2,000 perbulan untuk biaya hidup. Jumlah ini tentu saja bervariasi tergantung pada gaya hidup individual dan tempat pelatihan anda.

Daftar harga pada tabel di bawah ini merupakan perkiraan dari pengeluaran dasar yang dikeluarkan oleh seorang siswa Internasional perbulan.

 

 

Item

 

 

Biaya per bulan

 

Akomodasi

S$400 – S$1,500
(Penyewaan yang bervariasi dengan lingkungan geografis, jenis akomodasi, permintaan, fasilitas yang disediakan dan jumlah orang)

Biaya listrik

S$80 – S$100
(Tidak untuk asrama sekolah)

Makanan

S$300 – S$450 (berdasarkan S$10 – S$15, 3 kali sehari)
Note: Sekolah Asrama biasanya menyediakan makanan 2 kali sehari. Tidak termasuk kedalam harga kamar, ruangan tinggal yang secara normal menawarkan makanan dengan harga tambahan.

Transportasi Umum

S$20 – S$150
(Tergantung pada jenis potongan harga untuk siswa)

Telekomunikasi

Mulai S$30
(Tergantung penggunaan paket promosi langganan)

Buku-buku dan Alat Tulis

S$30 – S$100
(Tergantung tempat pelatihan)

Asuransi Kesehatan dan Pengobatan

S$5 – S$300

Biaya Perorangan

S$100 – S$300
(Bervariasi untuk setiap individu)
(Pakaian, perlengkapanmandi, hiburan, pemotongan rambut, dll)

 

Perkiraan di atas hanya sebagai panduan dasar saja (Untuk informasi yang lebih komplit silakan lihat di: http://app.singaporeedu.gov.sg/id/asp/index.asp). Untuk konsultan pendidikan khusus Singapore di Indonesia silakan kunjungi:  http://www.singaporeedu.gov.sg/id/htm/stu/stu0305.htm

About these ads

Responses

  1. #frans: maksudnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 148 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: