Oleh: budisulis | 13 Mei, 2008

Perjalanan Jakarta Batam Singapore

Perjalanan dimulai dari Jakarta ke Batam menggunakan AirAsia yang dipesan 2 bulan sebelumnya, biar dapat harga yang bagus. (AirAsia selalu menawarkan  harga yang sangat kompetetif untuk setiap rutenya. Saran:  agar mendapatkan harga seperti yang diiklankan, kita sebaiknya log-in ke web www.airasia.com antara jam 3 hingga jam 6 pagi! ). Boarding dan take off sesuai dengan jadwal yaitu jam 7.40. Memang pada saat kita mau naik, harus agak lari-lari dikit, supaya dapat kursi yang strategis…he…he…Maklum gak pakai nomor kursi. Perjalanan pun ditempuh tepat waktu, sekitar 1,5 jam. Mendarat di Bandara Hang Nadim Batam sekitar jam 9.15. 

Begitu turun (sebelah tempat pengambilan bagasi) saya beli tiket ferry Penguin, jadwalnya setiap jam. Harga tiket one-way $13,5, kalau return $14,5….beda 1 dollar! Kalau beli di loket di Batam Center untuk sekali jalan $15 kalau return $16. Lumayan hemat $1,5/orang.  Jika ingin naik taksi di dekat pintu keluar ada konter taksi resmi dengan harga 70 ribu rupiah, perjalanan ke Batam Center sendiri ditempuh sekitar 15 menit.

Sampai di Batam Center, langsung ke loket Imigrasi untuk membayar Fiskal 500 rb rupiah/org, dan sekalian surat keterangan bebas fiskal untuk anak dibawah 12 tahun. Oh ya bagi yg akan mengajukan bebas fiskal jangan lupa foto copy paspor dulu di rumah, soalnya kalau di pelabuhan repot. Habis itu kita ke loket Penguin untuk chek-in, jangan lupa sertakan paspor kita. Oh ya tiket ini berlaku selama 6 bulan, untuk jadwal kapan saja. Di loket ini kita diminta untuk membayar Seaport tax sebesar $7, atau sekitar 50 ribu rupiah. Untuk pengurusan bagasi diminta biaya porter 15 ribu rupiah, padahal bagasi ini cuma diangkatkan sampai ferry saja, sampai di Harbourfront (HF) tetap harus dibawa sendiri. Tempat pengurusan bagasi diseberang loket Penguin di bawah tangga boarding. Kemudian kita ke lantai dua untuk boarding dan imigrasi, terus nunggu sampai dipanggil naik ferry.

Perjalanan cukup menyenangkan, ferry-nya penuh (kapasitas sekitar 100 org), waktu perjalanan ke HF sekitar 75 menit. Begitu mendarat kita ambil bagasi yg tadi dititipkan, ngurus sendiri, dibawa sampai ke imigrasi. Proses di Imigrasi cukup memakan waktu, sekitar 30 menit, mungkin karena pada saat itu banyak pengunjung yang datang. Selain Penguin ada juga Batam fast, harga sih kayaknya sama.

Kami menginap di Apartemen di Lucky Plaza (LP). Tempat ini memang sudah lama menjadi tempat favorit bagi pelancong, khusunya orang kita, karena letaknya yg strategis dan cukup murah dibanding hotel. Satu apartemen ada 6 kamar, dengan fasilitas sharing/bersama: dapur, r.makan, kamar mandi , mesin cuci (jd bawa baju gak usah banyak), air panas, setrika, r. tamu sampai tempat jemuran super mini. Setiap kamar ukuran sekitar 3×4, double bed/single. Memang ada jg kamar yg punya kamar mandi sendiri didalamnya, jelas harganya lebih mahal. Tarif per kamar mulai dr $70 s.d $110 untuk musim sepi turis, kalau sedang ramai harga menyesuaikan dr mulai $90 s.d $130. Untuk kita yg perlu istirahat tidur saja, apartemen ini cukuplah memadai. Bandingkan kalau nginap di hotel, paling murah di ujung jl Orchard sebelah timur dekat Dhoby Gaut(Supreme/WYMCA) minimal $180, yg sebelah barat atau di tengah bisa lebih mahal. Selain di LP, ada juga apartemen di daerah belakangnya, yaitu jalan Elok. Ada yang seharga segitu, ada juga yg lebih mahal (karena kamarnya besar, bisa nampung 10 orang.

Perjalanan dr HF ke LP pakai Taxi, karena kopornya lumayan berat, capek naik turun tangga ke MRT. Ongkosnya sekitar $7, ya jatuhnya per orang (4 org) sekitar $2. Kalau pakai MRT/BUS memang lebih murah perorangnya, tp kalau pas penuh dan kopor kita besar, pasti repot jg, kecuali kalau pergi berdua, jelas lebih murah. Oh ya kalau mau naik MRT tinggal turun dr pintu keluar HF, sedang kalau mau naik Bis, harus nyebrang dulu, untuk Bis yang langsung ke Orchard (SBS 56).

About these ads

Responses

  1. #Ahmad I: sebaiknya ke tempat yg dekat aja (USS), ke johor kan hrs lewat imigrasi, bisa lama lho. Ada loker penyimpanan di dekat pintu masuk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 148 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: