Oleh: budisulis | 25 April, 2008

Melanjutkan Perjalanan ke Kuala Lumpur via Singapura

Ibu kota Malaysia ini terletak sekitar 350 km dari Singapura. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh menuju Kuala Lumpur. Satu cara yang  paling praktis, gunakan pesawat langsung ke KL (AirAsia, MAS dan SQ). Untuk 2 penerbangan terakhir, tarifnya termasuk termahal untuk perjalanan selama 40 menit. Pakai AirAsia lebih murah, bahkan sering  ada paket hemat yang ditawarkan, walau turunnya di LCCT (sekitar 15 km dr KLIA). Tapi kalau kita ingin “menikmati” pemandangan Malaysia selama perjalan Singapura-KL, ya gunakan jalan darat saja.

Ada beberapa alternatif bepergian ke KL, yaitu menggunakan Bus Executive, Bus Ekonomi atau pakai Kereta Api. Untuk perjalanan selama 5 jam melalui darat, ongkos yang dikenakan untuk Bus Eksekutif antara SGD 30-50. Bus-nya nyaman dan full facility (www.transtar.com.sg). Cara lain yang lebih murah adalah naik Bus Eksekutif tapi dari Johor Bahru. Bagaimana caranya? Pertama kita harus melewati perbatasan Sin di Woodland menggunakan bus umum dari Rochord Road atau dari Kranji MRT Station. Gunakan Bus SBS Transit 170, tarifnya sekitar 1,60 SGD. Atau jika tidak ingin banyak berhenti, gunakan bus Singapore-Johor Express Coach, busnya mangkal di Queen Street. Ongkos sekitar 2,5 SGD. Beli tiket di terminal bis, simpan tiket ini baik-baik, karena pada saat di perbatasan, bus ini tidak akan menunggu kita, sehingga kita harus naik bus berikutnya. Bus ini akan membawa kita ke Larkin station di Johor Bahru. Dari terminal ini banyak bus menuju KL dengan harga yang jauh lebih murah , yaitu mulai dari 20 Ringgit sampai  40 RM.

Bagaimana kalau naik kereta? Kereta Epress Rakyat berangkat dari stasion Tanjung Pagar ke stasion KL Sentral. Tarif mulai dari 19 SGD sampai 68 SGD (tergantung kelas). Untuk lebih hemat naiklah kereta di Johor Bahru, karena tarifnya sama tapi dalam ringgit. stasion kereta Johor letaknya dekat pintu keluar check-point Johor-SIN, tinggal jalan dikit sudah sampai. Untuk lebih pastinya gunakan pemesanan di muka.

Selamat jalan-jalan.

About these ads

Responses

  1. #Tasya: lebih murah naik bus dari terminal larkin di johor bahru


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: