Oleh: budisulis | 3 Maret, 2008

Belanja di Singapore

Jam Belanja
Sejumlah toko serba ada (department store) dan beberapa toko yang lebih kecil buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi sampai sekitar pukul 21.00 malam, atau bahkan 24 jam. Singapura adalah salah satu dari beberapa negara di dunia yang cukup aman untuk berada di jalan bahkan saat larut malam. Selama tindakan pencegahan dasar telah Anda lakukan, Anda dapat berbelanja dengan damai.

Mustafa Centre di Little India adalah satu-satunya toko serba ada di Singapura yang buka 24 jam sehari, setiap hari!

Harga dan Penawaran
Surat kabar setempat biasanya merupakan sumber yang baik untuk mengetahui penjualan dan promosi terbaru. Anda mungkin dapat meluangkan waktu untuk membaca dan membandingkan harga dahulu sebelum membeli.

Di toko serba ada, semua harga mempunyai label harga dan harganya sudah tetap. Banyak toko kecil juga melakukan pelabelan harga tetapi seringkali fleksibel jika dimintai potongan harga. Tanyakan pada toko tersebut untuk “harga terbaik”-nya lalu tawar dengan harga yang realistik sampai Anda berdua dapat mencapai kesepakatan.

Kartu Kredit / Kartu Debit
Hampir semua toko menerima kartu kredit internasional yang besar. Apabila Anda bertemu dengan toko yang bersikeras menambahkan biaya tambahan, hubungi kantor cabang setempat dari kartu tersebut agar dilakukan tindakan perbaikan.

Uang
Untuk travellers’ cheques dan masalah keuangan lainnya, dapat datang ke bank yang umumnya beroperasi mulai pukul 09.30 pagi sampai pukul 15.30 siang, dari hari Senin sampai Jumat, dan mulai pukul 09.30 pagi sampai pukul 11.30 siang pada hari Sabtu. Agar lebih nyaman, banyak tersedia Automated Teller Machines (ATM) di bank-bank dan sebagian besar pusat perbelanjaan, dan buka siang-malam. Carilah mesin yang menunjukkan tanda Plus dan Cirrus.

Anda dapat menukarkan mata uang di semua bank, hotel, dan tempat-tempat yang menunjukkan tanda “Licensed Money Changer”.

Kebijakan Tanda Terima dan Pengembalian
Semua toko serba ada dan toko eceran yang lebih kecil memberikan slip pembayaran atau tanda terima saat pembelian. Mintalah apabila tindakan ini diabaikan dan pastikan bahwa perincian yang ditulis di tanda terima akurat.

Toko yang lebih besar dan toko serba ada akan mengganti barang apabila mereka dikembalikan dalam kondisi yang masih bagus dan asli. Namun, pengembalian biasanya diterima hanya dalam jumlah hari yang ditentukan (biasanya tiga hari) dari tanggal pembelian, dan setelah menunjukkan tanda terima tersebut. Toko yang lebih kecil mungkin tidak begitu mudah, jadi selalu periksa barang dan aturan pengembalian dengan hati-hati sebelum melakukan pembelian.

Apabila Anda masih ragu-ragu untuk membeli di toko serba ada dan ingin mempertimbangkannya sebentar, mintalah petugas/sales assistant untuk menyimpannya untuk Anda. Barang biasanya dapat disimpan maksimal selama tiga hari.

Goods and Services Tax (GST/Pajak Barang dan Jasa)
Terdapat pajak barang dan jasa (GST) sebesar 7% (mulai berlaku Juli 2007).

Berdasarkan Tourist Refund Scheme atau Skema Pengembalian Pajak khusus bagi Wisatawan, wisatawan yang membeli barang di Singapura dari toko-toko yang turut berpartisipasi dapat mengklaim pengembalian uang atas pajak GST yang telah dibayarkan jika barang-barang itu dibawa keluar dari Singapura melalui Bandara Internasional Changi atau Bandara Seletar Airport dalam waktu 2 bulan sejak tanggal pembelian. Pengembalian pajak GST ini tidak berlaku jika menggunakan transportasi darat atau laut saat keluar dari Singapura.

Wisatawan yang memenuhi ketentuan skema ini berhak mendapatkan pengembalian uang pajak GST ini dari toko atau dari badan pengembalian dana pusat. Saat ini, terdapat 2 badan pengembalian dana pusat, yaitu Global Refund Singapura Pte Ltd dan Premier Tax Free (Singapura) Pte Ltd.

Program Global Refund GST
Dalam Global Refund GST Scheme, kunjungi setiap toko yang menunjukkan logo “TAX FREE SHOPPING” dan ikuti beberapa langkah mudah ini:

Belanja minimal SGD 100 di setiap toko yang bergabung dengan Global Refund.
Tunjukkan paspor Anda pada toko tersebut untuk mendapatkan cek Global Refund yang telah diisi.
Sahkan cek itu di kasir Singapura Customs (Bea Cukai Singapura) di bandara Changi Terminal 1 atau 2 sebagai bukti ekspor. Barang yang dibeli, bersama dengan tanda terima dan cek Global Refund harus ditunjukkan untuk pembuktian.
Mintalah pengembalian GST Anda dalam bentuk uang tunai, kartu kredit, cek bank atau Voucher Belanja di Bandara pada konter Global Refund di bandara. Akan ditarik sedikit biaya penanganan dari jumlah GST milik Anda.

Jaringan Pengembalian Tunai dari Global Refund

Premier Tax Free GST Scheme
Sejak bulan November 2003 Premier Tax Free telah disahkan oleh Singapura Tourism Board untuk memberikan layanan pengembalian GST di Singapura.

Dalam Premier Tax Free GST Scheme, jika Anda mengunjungi toko yang menunjukkan logo “PREMIER TAX FREE”, ikutilah beberapa langkah mudah berikut:-

Mintalah pengembalian (refund) Premier Anda meski Anda hanya membelanjakan SGD 100 dalam satu toko yang berpartisipasi. Tidak perlu lagi mengumpulkan voucher sampai bernilai lebih dari SGD 300 seperti sebelumnya.

Toko ini memberikan para wisatawan sebuah formulir pernyataan ekspor Premier Tax Free yang menyatakan: keterangan barang, harga yang dibayarkan termasuk pajak dan jumlah yang dikembalikan.

Sahkan Voucher Premier Anda di Customs (Bea Cukai) di Bandara Changi Terminal 1 atau 2 atau Seletar Airport sebagai bukti ekspor. Barang yang dibeli, bersama dengan tanda terima Anda, harus ditunjukkan untuk pembuktian.

Mintalah pengembalian Premier GST Anda dalam bentuk uang tunai, kartu kredit, cek bank di konter Premier Tax Free di bandara, terletak di sebeah Customs (Bea Cukai). Akan ada sedikit biaya penanganan yang diambil dari jumlah GST milik Anda. Tidak dikenakan biaya tambahan untuk pengembalian uang melalui kartu kredit.

Toko ritel yang tidak tergabung dalam program Premier Tax Free menjalankan program pengembalian GST mereka sendiri. Anda dianjurkan untuk bertanya kepada toko ini mengenai jumlah pembelian minimal agar memenuhi syarat untuk pengembalian GST, karena hal ini berbeda dari satu toko ke toko yang lain.
(sumber: http://www.visitsingapore.com)

About these ads

Responses

  1. Oke pak budisulis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: